Home / KABAR PARLEMEN

Jumat, 6 November 2020 - 15:12 WIB

Ketua DPRD Bulukumba Tegaskan Seleksi Komisioner KI Transparan

Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal

Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Fit Proper Test Calon Komisioner Komisi Informasi (KI) Bulukumba, telah dilaksanakan oleh Komisi C DPRD Bulukumba. Proses uji kelayakan dilaksanakan selama sehari, dan diikuiti oleh 10 calon komisioner KI Bulukumba.

Nantinya, setelah melewati uji kelayakan, akan terpilih lima calon dengan jumlah nilai tertinggi berdasarkan scoring hasil penilaian Komisi C.

Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal, menjelaskan, pelaksanaan fit and proper test dijamin transparan.

“Tidak bisa diatur hasilnya. Ini transparan prosesnya, tidak ada istilah perwakilan ini atau itu, tidak ada juga yang namanya titipan,” tegas H Rijal, Jumat (6/11/2020).

Selama ini, kata Rijal, banyak isu yang berhembus, bahwa ada penilaian khusus bagi calon perempuan atau perwakilan dari pemerintah daerah.

Baca Juga:  Belum Perna Difungsikan, Proyek Kolam Senilai Rp140 Juta Sudah Rusak

Ada juga yang menyebutkan bahwa ada calon komisioner ‘titipan’. Olehnya itu ia menegaskan, bahwa proses yang dilakukan sangat bersih.

Bahkan setiap anggota Komisi C yang memberikan penilaian, tak saling tahu berapa nilai yang mereka berikan ke calon komisioner KI tersebut.

“Mereka semua tidak ada saling tahu berapa nilai yang diberikan. Karena setelah dilakukan penilaian, langsung dimasukkan ke dalam map dan langsung di klip. Jadi memang tidak ada jalan untuk mengubah-ubah hasil penilaian,” jelas legislator PPP itu.

Sebelumnya, sebanyak 10 orang calon Komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) periode 2020-2024, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, menjalani Fit And Proper Test di ruang Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, Rabu 4 November 2020.

Baca Juga:  Memasuki Anggaran Perubahan, DPRD Bulukumba Rutin Evaluasi OPD

“Saat ini kita laksanakan fit and proper test calon komisioner yang dikirim oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bulukumba. Ada 10 nama-nama yang dikirim dari sana, tapi ada tahapan sebelumnya yang dilakukan,” kata Pimpinan Rapat, Udin Hamzah.

Fit and proper test merupakan salah satu tahapan pemaparan visi dan misi terhadap 10 calon komisioner Komisi Informasi Daerah Kabupaten Bulukumba.

Dari 10 nama itu, kata Udin Hamzah nantinya DPRD Bulukumba akan mengirim skor atau nilai ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba.

“Nanti kami akan kirim nilai hasil dari fit and proper test ke Bupati Bulukumba, nanti ada lima orang yang gugur. Bupati menentukan dari nilai tertinggi tersebut,” sebut anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Begini Klarifikasi Dewan Menjawab Tuntutan HMI Bulukumba Soal Anggaran Dinkes yang Hilang

KABAR PARLEMEN

Dirgahayu TNI ke-75, Ketua DPRD Bulukumba: Jaya Selalu untuk NKRI Berdaulat

KABAR PARLEMEN

Lagi, Pengerjaan Jembatan Bialo Tahap Keempat Rusak, DPRD Desak Lakukan Audit

KABAR PARLEMEN

DPRD Umumkan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Lewat Paripurna

KABAR PARLEMEN

Keluhan Masyarakat Terjawab, Stok Pupuk Bersubsidi di Bulukumba Rupanya Tak Langka

KABAR PARLEMEN

DPRD Bulukumba Soroti Banyaknya Pembangunan Tanpa Perencanaan yang Matang

KABAR PARLEMEN

Dewan Sebut Rp 5 Miliar Dana BOK 2020 Dinkes Bulukumba Berpotensi Kerugian

KABAR PARLEMEN

Fraksi PKB Minta Pemkab Bulukumba Kembali Analisa Struktur APBD
error: Content is protected !!