Home / KABAR PARLEMEN

Jumat, 13 November 2020 - 15:15 WIB

Ketua DPRD Bulukumba Beberkan Alasan Ruangan Kades Balibo Disegel

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba, H Rijal angkat bicara terkait penyegelan ruangan Kepala Desa (Kades) Balibo, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Darmawati.

Ruangan Kades tersebut diduga disegel oleh Anggota DPRD Bulukumba dari Fraksi Nasdem, Abdul Kaab pada Kamis (12/11/2020) kemarin.

Sebenarnya, pihak DPRD Bulukumba telah melakukan upaya mediasi, yakni Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk menyelesaikan kasus ini.

Rijal yang dikonfirmasi menjelaskan, hal ini terkait masalah penjaringan aparat desa. Fit and Proper Test yang dilakukan di kantor kecamatan.

Penyegelan itu dilakukan karena Kades Darmawati hingga kini belum menerbitkan Surat Keputusan (SK) kepada salah satu aparat desa terpilih berdasarkan nilai tertinggi.

“Keluarlah nilai tertinggi, dua calon kepala dusun, satu staf kantor. Salah satunya staf kantor yang tertinggi nilainya itu keponakannya Pak Kaab, kemudian turunlah rekomendasi camat ke kades, kalau ini nilai tertinggi,” jelasnya.

Dua aparat tersebut kata dia sudah memilki SK, namun satu orang lainnya hingga kini belum menerima SK.

Baca Juga:  Tok! Pemerintah dan DPRD Bulukumba Tetapkan Target APBD 2021 Rp 1,5 Triliun Lebih

Alasannya, aparat terpilih tersebut diduga bukan merupakan pendukung Darmawati dalam kontestasi Pilkades beberapa waktu lalu.

Selain RDP, juga telah mendapatkan persetujuan dan kesepakatan bahwa Darmawati tak memiliki alasan kuat untuk tak menerima hasil pemilihan tersebut.

“Sampai saat ini tidak diindahkan. Waktu ada orientasi (Kades) di Makassar, ibu kades sempat ketemu dengan Pak Kaab. Dan disepakati mau dibuatkan SK kalau ke Bulukumba,” tutur Rijal.

Sayangnya setelah kembali dari Kota Makassar, pihak Pemerintah Desa Balibo belum menerbitkan SK yang dimaksud.

“Jadi Pak Kaab bilang, kalau ini bukan perusahaan kau pimpin tapi pemerintahan, tentunya ada aturan dan regulasi yang mengatur. Pak Kaab takut, kalau ini tak diindahkan, desa-desa lain nantinya juga akan begini,” paparnya.

Sebelumnya dikabarkan, perihal penyegelan tersebut, Abdul Kaab memilih hemat bicara. Ia hanya mengarahkan konfirmasi kepada Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal.

Baca Juga:  Rapat Paripurna, DPRD Bulukumba Gelar Tiga Agenda

“Kita tanya Ketua DPRD Bulukumba, karena ini sudah ada di DPRD. Jadi tanya ketua secara langsung, nanti saya jawab pertanyaan sebab ada rekomendasi keluar dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bulukumba,” singkatnya.

Keputusan itu sebenarnya sudah ditindak lanjuti oleh Camat Kindang, Awaluddin. Menurutnya, yang berhak menolak dan memberikan rekomendasi itu adalah camat, bukan sebaliknya malah menolak rekomendasi camat.

Awaluddin yang dikonfirmasi pasca rapat dengan Komisi A DPRD Bulukumba menjelaskan, bahwa Ketua Komisi A dan PMD, menyepakati bahwa prosedur penjaringan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan perintah undang-undang, khususnya Perda nomor 9 tahun 2016, tentang tata cara pemberhentian dan pengangkatan aparat desa.

“Terkait dengan ketidakpuasan Kades Balibo yang tidak menerima satu orang yang lulus dengan alasan tidak mendukung waktu pemilihan kepala desa, itu alasan yang tidak bisa diterima secara legal. Karena tidak sesuai dengan perintah Perda Nomor 9 itu,” kata Awaluddin.

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

DPRD Bulukumba Sosialisasi Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik di Kindang

DAERAH

Korupsi BOK Dinkes Bulukumba: Dewan Segera Terbitkan Laporan ke KPK

KABAR PARLEMEN

Bertamu ke Bulukumba, Sekrtariat DPRD Provinsi Sulsel Konsul Pengelolaan Program

KABAR PARLEMEN

Bulukumba Miliki 7 Prioritas Pembangunan di Rancangan KUA-PPAS 2021

KABAR PARLEMEN

Banyak Indikasi Korupsi di Dinkes Bulukumba, Dewan Beri Catatan Khusus ke Bupati

KABAR PARLEMEN

Fraksi PAN Merupakan Mitra Kritis dan Kontruktif Buat Pemerintah

KABAR PARLEMEN

Ranperda Baru Diharapkan Mampu Perbaiki Sistem Pendidikan di Bulukumba

KABAR PARLEMEN

Banyak Masalah di Dinkes, Dewan Desak Pemkab Bulukumba Evaluasi ASN-nya
error: Content is protected !!