Home / LAINNYA

Minggu, 18 April 2021 - 15:52 WIB

Ketentuan Minum Air Putih Saat Bulan Puasa

KUMANIKA.com— Secara Umum, tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya dua liter sehari atau setara dengan delapan gelas air putih. Sebab 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, kurang asupan cairan bisa berdampak pada kondisi tubuh, salah satunya memicu dehidrasi atau kekurangan cairan.

Minum air putih yang cukup selama bulan puasa bisa menjaga kesehatan tubuh. Dengan kewajiban untuk menahan haus selama siang hari berpuasa, perlu mengatur pasokan cairan yang ada dalam tubuh. Berikut cara memenuhi kebutuhan air harian di bulan puasa:

Dua Gelas Air Putih Saat Sahur
Saat sahur dianjurkan untuk minum setidaknya dua gelas air putih. Cara membaginya, yakni satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur.

Baca Juga:  Battasa Jera', Salah Satu Tradisi Warga Kajang Jelang Ramadhan

Mengingat pentingnya makanan dan minuman untuk memberi energi tubuh selama puasa, sebaiknya jangan melewatkan makan sahur. Selain itu, jangan lupa minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi.

Dua Gelas Air Putih Saat Berbuka
Setelah 12 jam berpuasa, wajib meminum dua gelas air putih saat berbuka puasa. Dengan dua gelas air putih ini pada waktu berbuka, sudah mencukupi untuk tubuh yang seharian tidak mendapat asupan cairan.

Membagi waktu minum air putih selama berbuka puasa menjadi satu gelas sebelum salat maghrib, dan satu gelas setelah salat maghrib. Dengan begitu sudah cukup untuk mencegah dehidrasi pada tubuh.

Baca Juga:  Kampung Ramadhan Resmi Dibuka, Ketua HIPMI: Dikerja Bukan Dicerita

Empat Gelas Air Putih Saat Makan Malam
Disarankan untuk minum air putih secara berkala saat malam hari hingga menjelang tidur. Minum empat gelas air putuh pada malam hari dengan pembagian satu gelas air putih sebelum makan, satu gelas air putih setelah makan malam, satu gelas air putih setelah tarawih, dan satu gelas air putih menjelang tidur.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi air putih terlalu berdekatan atau hanya dalam sekali waktu. Dengan begitu tubuh bisa lebih mudah dalam memproses makanan dan membuat perncernaan lebih lancar.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

LAINNYA

Dimasa Pandemi Shalat Tarwih dirumah Merupakan Solusi Yang Tepat, Begini Tata Caranya

LAINNYA

GP Ansor Bulukumba Melaksanakan Safari Ramadhan Hingga 7 Malam ke Depan

LAINNYA

Mahasiswa Prodi Peternakan UM Bulukumba Berbagi Takjil

LAINNYA

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

LAINNYA

Dikemas Menyerupai Hari Raya, Tradisi Unik 16 Ramadhan di Bulukumba

LAINNYA

Sejumlah Mesjid di Bulukumba Siapkan Penerapan Prokes Jelang Ramadhan

LAINNYA

Takjil Istimewa Dari Istri Asri Jaya Untuk Masyarakat Bulukumba

LAINNYA

Es Kopyor, Menu Takjil Sehat dan Segar 
error: Content is protected !!