Home / NEWS

Minggu, 18 April 2021 - 15:52 WIB

Ketentuan Minum Air Putih Saat Bulan Puasa

KUMANIKA.com— Secara Umum, tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya dua liter sehari atau setara dengan delapan gelas air putih. Sebab 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, kurang asupan cairan bisa berdampak pada kondisi tubuh, salah satunya memicu dehidrasi atau kekurangan cairan.

Minum air putih yang cukup selama bulan puasa bisa menjaga kesehatan tubuh. Dengan kewajiban untuk menahan haus selama siang hari berpuasa, perlu mengatur pasokan cairan yang ada dalam tubuh. Berikut cara memenuhi kebutuhan air harian di bulan puasa:

Dua Gelas Air Putih Saat Sahur
Saat sahur dianjurkan untuk minum setidaknya dua gelas air putih. Cara membaginya, yakni satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur.

Baca Juga:  Dirakor PGRI, Para Guru Diharapkan Terus Berinovasi

Mengingat pentingnya makanan dan minuman untuk memberi energi tubuh selama puasa, sebaiknya jangan melewatkan makan sahur. Selain itu, jangan lupa minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi.

Dua Gelas Air Putih Saat Berbuka
Setelah 12 jam berpuasa, wajib meminum dua gelas air putih saat berbuka puasa. Dengan dua gelas air putih ini pada waktu berbuka, sudah mencukupi untuk tubuh yang seharian tidak mendapat asupan cairan.

Membagi waktu minum air putih selama berbuka puasa menjadi satu gelas sebelum salat maghrib, dan satu gelas setelah salat maghrib. Dengan begitu sudah cukup untuk mencegah dehidrasi pada tubuh.

Baca Juga:  Tersangka Kasus BOK Dilimpahkan ke Kejaksaan, 1 Unit Rumah di Sita

Empat Gelas Air Putih Saat Makan Malam
Disarankan untuk minum air putih secara berkala saat malam hari hingga menjelang tidur. Minum empat gelas air putuh pada malam hari dengan pembagian satu gelas air putih sebelum makan, satu gelas air putih setelah makan malam, satu gelas air putih setelah tarawih, dan satu gelas air putih menjelang tidur.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi air putih terlalu berdekatan atau hanya dalam sekali waktu. Dengan begitu tubuh bisa lebih mudah dalam memproses makanan dan membuat perncernaan lebih lancar.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

NEWS

Harapan Pembuat Kapal Pinisi Peringati HUT Bulukumba ke-61

NEWS

Kasus Kematian Ibu dan Anak: Manajemen RSUD Bulukumba Tak Penuhi Panggilan Polisi

NEWS

Bawaslu Bulukumba Bidik 7 ASN yang Terlibat Politik Praktis di Pilkada

NEWS

Layanan Disdukcapil Bulukumba Kembali Normal, Adminduk Sistem Online Jadi alternatif

NEWS

Imbas Pengambilan Jenazah, Direktur RS Daya Makassar Dicopot

NEWS

Ilham Azikin Sebut MUI Lembaga yang Bijak dan Mencerdaskan

NEWS

Cek Kendaraan Dinas, Andi Utta Temukan Kendaraan Tidak Layak dan Menunggak Pajak

NEWS

Polemik Pembongkaran Pagar Pasar Tanete, DPRD Bulukumba Terima Aspirasi Warga