Home / NEWS

Senin, 12 April 2021 - 16:23 WIB

Korupsi Kapal 30GT Disidang, KOPEL Desak Pimpinan DPRD Berhentikan Sementara Muh Sabir

Direktur kopel Bulukumba, Muhammad Jafar

Direktur kopel Bulukumba, Muhammad Jafar

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Pengadilan Negeri Tipikor Makassar telah melaksanakan sidang atas Kasus dugaan Korupsi Pengadaan Kapal 30 GT mulai disidangkan sejak Kamis (1/04/2021) lalu dengan pembacaan dakwaan.

Terdakwa yang disidang dalam perkara ini adalah Anggota DPRD Bulukumba Pengganti Antar Waktu (PAW), Muh. Sabir dari Partai Demokrat yang dilantik 17 Februari 2021 lalu.

Direktur Kopel Bulukumba, Muhammad Jafar mengatakan jika Muh. Sabir yang merupakan anggota DPRD Bulukumba seharusnya diberhentikan sementara sebagai anggota DPRD untuk mempermudah proses persidangan dan penegakan hukum.

Baca Juga:  Pekerja Konstruksi Buka-Bukaan Dalam Proyek Rehabilitasi Bagunan Sekolah Beranggaran Setengah Miliar

Menurut Muhammad Jafar, dari awal proses PAW Muh Sabir ini banyak menuai kontroversi dari masyarakat terutama para penggiat anti korupsi.

“Dari awal kita ingatkan Pimpinan DPRD dan Partai Demokrat untuk tidak menciderai lembaga terhormat di Bulukumba. Dari awal kita ingatkan untuk mempertimbangakn pelantikan Muh. Sabir sebagai anggota DPRD PAW yang saat itu sudah berstatus tersangka Korupsi. Tapi sepertinya Pimpinan DPRD dan Partai Demokrat tak Peduli soal itu,” kata Muhammad Jafar.

Lebih lanjut dikatakan Bung MJ, akrabnya, karena kasusnya telah masuk dalam tahap persidangan, itu artinya berkas sudah lengkap dan status berubah dari tersangka menjadi terdakwa.

Baca Juga:  Merasa Ditipu, Pekerja Konstruksi Sekolah Anggaran Rp540 Juta Minta Dinas Pendidikan Bulukumba Turun Tangan

Maka berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) 12/2018 pasal 115, Muh. Sabir sudah harus diberhentikan sementara sebagai anggota DPRD Bulukumba karena menjadi terdakwa dalam perkara tindak pidana khusus, kasus Korupsi.

“Pemberhentian sementara ini diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Gubernur paling lambat 7 hari sejak Muh. Sabir berstatus terdakwa,” tambah Bung MJ.

Menurut Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana Pasal 1 terdakwa adalah seorang tersangka yang dituntut, diperiksa dan diadili di persidangan.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

DAERAH

Ikutan Yuk! Alfarabi Project Peduli Masamba: Berlibur untuk Beramal

NEWS

Hari Ibu di Mata Kanit Tipidter Polres Bulukumba: Perempuan Paripurna

DAERAH

Abdul Wahab Kembali Jabat Sekda Bantaeng

NEWS

Forum Bikers Bulukumba dan Komunitas Panrita Lopi Galang Bantuan Bencana Sulbar

DAERAH

Pemberhentian Sepihak Petugas Posyandu di Bulukumba Diduga Karena Imbas Pilkades

NEWS

Realistis, Kabupaten Bulukumba Target Lima Besar di Proprov XVII

NEWS

25 Warga Bulukumba Dideportasi, Pemkab Bulukumba Diminta Menjemput

DAERAH

Bulukumba Masih Miliki 9 Kasus Positif Covid-19: 3 Dirawat, 6 Isolasi Mandiri
error: Content is protected !!