Kahar Muslim: Pilkada Bulukumba Hanya Pertarungan Harapan Baru dan Asik

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Tokoh Masyarakat pentolan Kajang, Kahar Muslim mengasumsikan, Pikada Bulukumba yang rencananya dihelat pada 9 Desember 2020 mendatang hanya dua pasangan calon yang punya kekuatan menggaet mayoritas simpati masyarakat Bulukumba.

Kontestan Pilkada Bulukumba 2015 lalu ini memprediksikan, peraih simpati masyarakat hanya pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf yang mengusung tagline Harapan Baru dan calon rivalnya, Askar HL-Arum Spink dengan tagline Bulukumba Asik.

Hal tersebut dikatakan Kahar Muslim sebelum mengantarkan bakal calon Bupati Andi Edy Manaf Mappatabe atau meminta restu ke Ammatoa Kajang, Kamis (13/8/2020).

“Pada Pilkada 2020 ini hanya pertarungan Harapan Baru dan Asik. Kalau bukan Harapan Baru ya Asik, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya didepan Edy Manaf.

Bukan tanpa alasan Kahar Muslim mengatakan hal tersebut, menurutnya meski Pilkada Bulukumba akan diikuti 4 pasang calon, termasuk diantaranya petahana wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto (TSY) berpasangan Andi Makkasau dengan modal survei, bukanlah menjadi jaminan.

Baca Juga:  Ranperda Baru Diharapkan Mampu Perbaiki Sistem Pendidikan di Bulukumba

“TSY memang punya survei tinggi tapi itu bukan jaminan untuk menang. Penentuannya adalah hak pilih rakyat dan kerja-kerja pasti calon dan timnya,” jelas Kahar Muslim.

Pengalaman menjadi kontestan Pilkada Bulukumba dari waktu ke waktu membuat Kahar Muslim sedikit banyaknya mengetahui peta kekuatan dari masing-masing bakal calon yang akan berkompetisi memperebutkan tahta kekuasaan di kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi ini.

Apalagi baik Edy Manaf sendiri, Askar HL, dan Tomy Satria Yulianto merupakan rival Kahar Muslim di Pikada 2015 lalu. Mengusung tagline Konjo-Bugis, ia finish di posisi ketiga pada perolehan suara.

“Mereka-mereka ini periode 2015 lalu adalah rival saya, sedikit banyaknya saya tahu peta kekuatannya. Saya bisa saja maju juga di Pilkada ini, tapi karena sesuatu hal, saya urungkan niat,” tukas Kahar Muslim.

Meski pendaftaran di KPU masih terhitung kurang lebih sebulan lagi, namun sejauh ini sudah 4 pasangan calon yang sedikit lagi dipastikan lolos mendaftar di KPU dengan mengantongi tiket masing-masing rekomendasi partai politik.

Baca Juga:  Harapan Baru Ungguli Kacamatayya di TPS Tomy Satria

Ke empat bakal pasangan calon tersebut, adalah petahana Wakil Bupati, Tomy Satria Yulianto berpasangan Andi Makkasau dengan partai pengusung PDIP (3 kursi), PKB (4 Kursi) dan PBB (1 Kursi) cukup mengantarkan pasangan bertagline Kacamatayya itu ke KPU.

Pasangan kedua, Askar HL-Arum Spink, dengan bakal partai pengusung, PPP (6 kursi) dan NasDem (5 kursi) sudah lebih menjadi tiket ke KPU.

Ketiga, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dengan sokongan tiga partai besar juga surplus kursi, diantaranya, Gerindra (5 kursi), PAN (4 kursi) serta PKS (3 kursi).

Sementara pasangan keempat, duo ketua partai yang juga anggota DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki (ketua Golkar) dan Andi Murniaty Makking (ketua Demokrat) dengan berbekal rekomendasi, Golkar (4 kursi), Demokrat (2 kursi) dan Hanura (2 kursi) cukup membawa pasangan bertagline Bulukumba Bangkit itu ke KPU.

REPORTER: Alfareza
EDITOR: Arnas Amdas

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template