Home / DAERAH

Kamis, 17 Desember 2020 - 17:21 WIB

Kabupaten Bulukumba Jadi Daerah Pertama Hadirkan Komisi Informasi

Lima anggota Komisi Informasi (KI) Bulukumba

Lima anggota Komisi Informasi (KI) Bulukumba

BULUKUMBA,KUMANIKA.com– Diakhir masa jabatan AM Sukri Sappewali selaku Bupati Bulukumba. Ia secara resmi melantik 5 anggota Komisi Informasi (KI) yang telah dinyatakan lolos dengan melalui beberapa tahapan seleksi.

Pengambilan sumpah dan pelantikan anggota KI Kabupaten Bulukumba masa jabatan tahun 2020-2024 berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Senin 14 Desember 2020. Dimana KI memiliki tiga fungsi.

Pertama Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya.

Kedua adalah menetapkan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik,  dan yang ketiga menyelesaikan Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi nonlitigasi.

AM Sukri menyampaikan bahwa Bulukumba kembali menunjukkan kiprah dan konsistensinya dalam melaksanakan amanat reformasi melalui kehadiran KI Kabupaten sebagai implementasi dari Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Komitmen tersebut telah lahir sejak terbentuknya Komisi Transparansi dan Partisipasi atau KTP yang kemudian berubah nama dan bentuk kelembagaanya menjadi Komisi Informasi.

Baca Juga:  10 Calon Komisioner KID Bulukumba Jalani Fit and Proper Tes

“Di periode pertama saya sebagai Bupati, Komisi Transparansi dan Partisipasi pertama kali dibentuk. Ini merupakan bentuk komitmen kita dalam mendukung pengelolaan tata pemerintahan yang baik,” ungkap AM Sukri Sappewali.

AM Sukri menyampaikan bahwa semua hal-hal yang berkaitan dengan tupoksi Komisi Informasi dibiayai oleh anggaran pemerintah. Olehnya itu ia berharap para komisioner dapat fokus bekerja sesuai tugas dan kemampuan masing-masing.

Selain itu AM Sukri menambahkan bahwa keterbukaan informasi adalah keharusan bukan sebuah pilihan untuk membangun Bulukumba yang kita cintai ini. “Selamat bertugas dan ingat sumpahmu untuk kepentingan bersama,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut lima komisioner yang dilantik menandatangani Kontrak Kerja selama mengemban amanah selama 4 tahun. Kelima komisioner yang dilantik tersebut adalah : A. Syafrul Patunru, Andi Abdul Karim, Rachmawati, Hasanuddin Salasa, dan Ahmad. Kelima komisioner itu sepakat menunjuk A. Syafrul Patunru selaku Ketua Komisi Informasi Kabupaten Bulukumba.

Sementara, Andi Abdul Karim yang dikonfirmasi, Selasa, 15 Desember 2020. Mengaku jika pasca dilakukan pelantikan. Dirinya bersama sejumlah komisioner akan melakukan konsilidasi internal untuk memulai merumuskan sejumlah program.

Baca Juga:  Kapolres Bulukumba Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2020

“Kami ingin mendorong masyarakat yang partisipatif atau badan publik yang transparan dalam membuat kebijakan dan setiap rencana kerja yang mengarah pada kepentingan masyarakat,” terangnya.

Ia berharap dengan kehadiran KI, seluruh informasi yang diharapkan masyarakat dan tidak melanggar aturan yang ada kini dapat di akses. Sehingga tidak ada lagi badan publik yang menyembunyikan rencana dan kebijakan yang bersentuhan masyarakat.

“Kita juga hadir sebagai mediator bagi piara pihak yang sedang bersengketa informasi. Jika ada yang bermohon, tentu kita akan melakukan mediasiasi sepanjang tidak dihalangi undang-undang,” bebernya.

Andi Karim yang akrab disapa Andika Mappasomba ini menjelaskan jika selama KI tidak dalam situasi vakum. Melainkan, KTP bertransformasi menjadi KI yang semangat kerjanya hampir sama.

“Kabupaten Bulukumba mejadi daerah pertama yang mengadakan KI. Ini juga membawa Bulukumba menerima penghargaan atas partisipasitif KI,” pungkasnya.

Editor: Ayezzah

Share :

Baca Juga

DAERAH

Pemkab Bantaeng Gelar High Level Meeting TPID Untuk Pengendalian Inflasi

DAERAH

RS Rujukan COVID-19 Kebanjiran di Sinjai

DAERAH

Panen Kacang Tanah, Wabup Bulukumba Apresiasi Varietas Lokal BBC Asal Bontotiro

DAERAH

Lewat SASKIA, Pemkab Bantaeng Kembali Raih Penghargaan

DAERAH

Dengan Email Warga Bulukumba Bisa Cetak Sendiri Dokumen Kependudukan, Begini Caranya

DAERAH

Pemkab Bantaeng Terima Bantuan Alsitan Dari Aspirasi Anggota DPR-RI Azikin Solthan

DAERAH

Kejari Bantaeng Dekatkan Diri Lewat ‘Jaksa Menyapa’

DAERAH

Pekerja Konstruksi Buka-Bukaan Dalam Proyek Rehabilitasi Bagunan Sekolah Beranggaran Setengah Miliar
error: Content is protected !!