Home / HEADLINE

Rabu, 24 Februari 2021 - 18:47 WIB

Ini Info Jadwal, Syarat dan Cara Mendaftar CPNS 2021

ILUSTRASI

ILUSTRASI

KUMANIKA.com– Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Teguh Widjinarko membocorkan jadwal perekrutan CPNS 2021.

Menurut Teguh Widjinarko, proses pelaksanaan perekrutan CPNS 2021 rencananya akan dimulai sekitar bulan Maret mendatang dengan penetapan formasi.

Hanya saja, ditahun 2021 tidak semua instansi akan membuka lowongan CPNS dikarenakan adanya penyesuaian kebutuhan. Setelah itu, April hingga Mei dijadwalkan akan memulai pelaksanaan tes CPNS 2021.

“Bulan Maret akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran. Juni mulai dilakukan seleksi,” kata Teguh dikutip dari Tribun Jakarta pada Rabu (10/2/2021).

Teguh juga menyebutkan untuk formasi CPNS pada tahun ini, akan dibuka lowongan sebanyak 1,3 juta formasi.

Adapun batasan umur bagi calon pendaftar yang harus diperhatikan mereka yang mendadtar CPNS tidak boleh lebih dari 35 tahun. Belum lagi jika ada institusi yang memiliki syarat maksimal usia kurang dari 35 tahun.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Covid-19 Asal Bantaeng Menanjak Drastis, Hari Ini Ada 31 Kesembuhan

Adapun alur dan tahapan pendaftaran yang harus Anda perhatikan secara baik-baik. Pertama melakukan akses ke portal SSCASN (http://sscasn.bkn.go.id).

Biasanya menjelang pembukaan pendaftran, pemerintah sudah mulai mengaktifkan situs SSCASN dengan hitungan waktu mundur. Sehingga SSCASN harus sering dipantau.

Jika melakukan pengecekan laman SSCASN BKN, akan ada tampilan pilihan/link SSCN BKN, Dikdin dan SSCN P3K. Tampilan tersebut cukup penting untuk diperhatikan agar tidak keliru.

SSCASN BKN merupakan link untuk seleksi CPNS, sedangkan Dikdin untuk seleksi sekolah ikatan dinas, dan SSCN P3K diperuntukkan rekrutmen PPPK/P3K tahun ini.

Setelah itu, buatlah akun SSCN menggunakan nomor KTP atau Kartu Keluarga/ NIK kepala keluarga. Untuk menjadi peserta, terlebih dulu perlu membuat akun SSCN CPNS 2021 dengan menyiapkan KTP dan No KK yang valid atau sinkron ke data kependudukan di Dukcapil.

Baca Juga:  Kantor SMS Finance di Bulukumba Disegel Sopir Truk

Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko mengatakan formasi CPNS 2021 yang dibutuhkan tidak jauh dari bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis lainnya.

Sebab, ini sesuai dengan pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah dan panjang. Profesi guru menjadi formasi yang mungkin akan paling banyak dibuka.

Setidaknya, sebanyak 1 juta tenaga akan diseleksi melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Kemudian, tenaga kesehatan juga menjadi prioritas.

Hal ini mengingat Indonesia juga mulai kekurangan tenaga kesehatan untuk menyelamatkan pandemi.

Terakhir, ada formasi tenaga teknis lainnya, seperti teknologi informasi dan komunikasi, infrastruktur permukiman dan sanitasi, transportasi, energi, dan air bersih.

(INT)

Share :

Baca Juga

DAERAH

[VIDEO] Banjir Bandang Terjang Bantaeng, Warga Minta Pertolongan

HEADLINE

Polisi Bakal Bubarkan Massa Paslon Pilkada Bulukumba yang ke KPU Saat Penetapan Nomer Urut

DAERAH

Upaya Satu Keluarga Gugat Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, Tuntut Makam Dipindahkan

DAERAH

Kasus Kematian Ibu dan Anak: Manajemen RSUD Bulukumba Tak Penuhi Panggilan Polisi

DAERAH

[VIDEO] Kadis Pariwisata Bulukumba: Objek Wisata Titik Nol Tetap Buka

DAERAH

Kembali Kepung DPRD Bulukumba, Massa Desak Dewan Kompak Tolak UU Cipta Kerja

HEADLINE

Pertemuan Kader PP Dengan Paslon Cakada Bulukumba Tak Diketahui Pengurus

HEADLINE

Bawaslu Bulukumba Dalami Keterlibatan Oknum ASN Pada Paslon Nomor 4
error: Content is protected !!