Home / PARIWISATA

Jumat, 13 November 2020 - 14:38 WIB

Ingin Beriwisata Diakhir Pekan, Berikut Tips yang Harus Dipersiapkan

Pantai Pasir Putih Tanjung Bira. (Doc:Kumanika)

Pantai Pasir Putih Tanjung Bira. (Doc:Kumanika)

KUMANIKA.com– Berwisata merupakan salah satu aktivitas yang hampir disukai oleh semua orang, baik kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang tua.

Liburan di akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk berwisata. Tentu berwisata akan mengusir semua penatmu setelah bekerja sehingga akan lebih fresh saat menyambut awal pekan.

Tujuan orang berwisatapun beragam, ada yang berwisata untuk mencari kesenangan, berwisata sekedar mengambil video atau gambar, berwisata dalam rangka berlomba, berwisata untuk belajar, berwisata untuk mengisi acara, atau bahkan berwisata untuk berbisnis.

Dibalik itu semua, memang tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan yang dipersiapkan sebelum melakukan wisata merupakan faktor penting yang harus diperhatikan.

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang harus dipersiapkan sebelum berwisata.

1. Menentukan Tujuan Wisata
Sebelum melakukan perjalanan wisata sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu tujuan wisata yang akan anda kunjungi. Dalam menentukan tujuan wisata, tidak hanya menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi saja, melainkan menentukan juga rute menuju tempat wisata, tempat penginapan (jika ada rencana menginap), dan akomodasi untuk menuju ke tempat wisata.

Baca Juga:  Promosikan Hutan Karet Bulukumba melalui Wisata Adventure

2. Mencari Informasi
Langkah selanjutnya mencari informasi terkait tujuan wisata yang telah ditentukan, meliputi tempat wisata, rute menuju ke tempat wisata, tempat penginapan, info kerajinan untuk oleh-oleh dan akomodasi menuju ke tempat wisata. Langkah ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan agar berwisata anda sesuai yang direncanakan sebelumnya.

3. Daftar Kebutuhan
Langkah selanjutnya membuat daftar kebutuhan yang akan dibawa selama berwisata, memang langkah ini tidak terlalu penting bagi wisatawan saat berwisata. Tetapi setidaknya langkah ini juga harus anda persiapkan agar menghindari terjadinya kelupaan membawa kebutuhan yang seharusnya itu dibutuhkan saat berwisata, terutama kebutuhan khusus anda.

4. Kelengkapan Identitas
Langah selanjutnya mempersiapkan kelengkapan identitas, kelengkapan identitas memang harus diperhatikan bagi setiap wisatawan jika ingin melakukan perjalanan, baik dalam maupun luar kota. Kelengkapan identitas sangat penting karena sebagai pengaman bagi setiap individu atau kelompok saat membeli tiket transportasi, melakukan sewa penginapan, melakukan sewa mobil atau motor, atau untuk keperluan lainnya.

Baca Juga:  Dispar Bulukumba Peringkat Tiga Peduli Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

5. Menentukan Budget
Langkah terakhir ini memang tidak kalah pentingnya bagi anda yang akan berwisata yaitu menentukan budget, dengan menentukan budget untuk berwisata akan membantu anda dalam mempersiapkan jumlah budget yang dibutuhkan. Dalam menentukan jumlah budget harus diperhatikan budget yang dikeluarkan untuk keperluan yang direncanakan dan keperluan yang tidak direncanakan, dengan memperhatikan dua keperluan budget tersebut maka anda tidak khawatir untuk kekurangan budget selama berwisata.

Semoga tips diatas dapat membantu anda untuk mempersiapkan segala sesutu yang berkaitan tentang kebutuhan berwisata anda, dengan tips tersebut diharapkan berwisata anda menjadi aman, nyaman, dan dapat berjalan sesuai yang direncanakan.

Editor: Ayezzah

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

“Mattoanging, Wisata Tebing Eksotis di Bulukumba”

PARIWISATA

Wisatawan Mancanegara Turun Drastis Dimasa Pandemi Covid-19

PARIWISATA

Promosi Pariwisata, Dispar Bulukumba Jalin Kerjasama Dengan Lembaga Penyiaran Publik

PARIWISATA

Desa Kahayya Masuk dalam Deretan Desa Wisata Kemenparekraf Kategori Berkembang

PARIWISATA

Penunjang Sektor Pariwisata, Bus Wisata Bulukumba Resmi Beroperasi

PARIWISATA

Kuliner Dominasi Subsektor Ekonomi Kreatif di Bulukumba

PARIWISATA

Promosi Pariwisata Bulukumba Ditengah Pandemi Dilakukan dengan Sistem Digital

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Dorong Desa Ikuti Lomba Desa Wisata Award 2021
error: Content is protected !!