Home / DAERAH

Kamis, 24 Desember 2020 - 16:25 WIB

Ilham Azikin Serahkan Bantuan Benih Bawang Berkualitas di Ulu Ere

BANTAENG, KUMANIKA.com– Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menyerahkan secara simbolis bantuan benih bawang berkualitas kepada sejumlah petani di Desa Bonto Daeng, Kecamatan Ulu Ere, Kamis, 24 Desember 2020. Bantuan ini berasal dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Bantaeng yang merupakan inisiasi dari Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng, Budi Taufiq mengatakan, benih ini adalah varietas Lokana yang merupakan varietas lokal unggul di Bantaeng. Meski benih lokal, varietas ini memiliki potensi panen yang cukup besar. Setiap hektarenya memiliki potensi panen antara 6 sampai 14 ton per hektare.

“Varietas ini adalah varietas yang unggul dan sudah memiliki izin edar. Potensinya sangat besar, wajar jika sudah beredar di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan dan Sulawesi Tengah,” jelas dia.

Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah mengatakan, bantuan ini berasal dari aspirasi petani di desa tersebut. Atas aspirasi dan kebutuhan itu, kemudian dia meneruskan ke eksekutif untuk mendapatkan bantuan benih.

Baca Juga:  Jalin Sinergitas, Pemkab Fokus Pemulihan Bantaeng

“Saya hanya jembatan ji, untuk memfasilitasi bantuan dari pemerintah ke petani,” jelas dia.

Dia berharap, bantuan benih ini bisa mendongkrak pertumbuhan hasil pertanian di desa itu. Oleh karena itu, dia meminta kepada semua petani untuk mengembangkan hasil pertanian sesuai denghan arahan penyuluh pertanian.

“Saya ingin tingkatkan produksi pertanian. Nanti, siapa yang hasil panennya terbaik, saya akan berikan bonus khusus dari saya,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, bantuan ini adalah bagian dari sinergitas antara eksekutif dan legislatif. Hal ini menandakan jika sinergitas antara ketua DPRD dan Bupati Bantaeng terus berjalan dengan baik.

“Tidak hanya di desa ini. Semua desa di Bantaeng juga mendapatkan sentuhan dan bentuk sinergirtas eksekutif dan legislatif ini,” katanya.

Dia mengatakan, selain bantuan benih, juga akan datang bantuan jalan tani sepanjang dua kilometer dan alat-alat pertanian. “Semua ini atas dukungan dan penyampaian dari DPRD,” jelas dia.

Baca Juga:  Andi Buyung Ditunjuk jadi Plt Sekwan Bulukumba

Dia menambahkan, bantuan ini juga untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat Bantaeng. Dia berharap, peningkatan hasil pertanian ini bisa membuat anak-anak di daerah ini terus bersekolah.

“Kalau bagus hasilnya pertaniannya, kasi sekolah ki anak ta, supaya besok-besok, ada anak dari desa ini yang jadi Ketua DPRD dan Bupati,” jelas dia.

Ilham Azikin juga tak lupa berterimakasih kepada para petani yang ada di Bantaeng. Dia mengaku, pemerintah Provinsi Sulsel telah memberikan penghargaan kepada Bantaeng sebagai satu-satunya daerah dengan peningkatan produksi pertanian di masa pandemi.

“Saya kemarin meraih penghargaan. Hanya ada 11 daerah yang menerima. Saya cuma mewakili hasil kerja para petani di Bantaeng. Ini membuktikan jika kita tetap produktif di masa pandemi ini. Sampaikan salah hormat saya kepada petani, penyuluh, serta semua pihak yang terlibat dalam peningkatan produksi pertanian ini,” jelas dia.(

Share :

Baca Juga

DAERAH

DPRD Bulukumba Satu-satunya Daerah di Sulsel Terintegrasi JDIH

DAERAH

Hari Ini Lima Pasien Corona Asal Bulukumba Sembuh, Tiga Diantaranya Nakes

DAERAH

Panen Kacang Tanah, Wabup Bulukumba Apresiasi Varietas Lokal BBC Asal Bontotiro

DAERAH

Hasil Swab Bupati Bulukumba Negatif Covid-19

DAERAH

Pembangunan Jembatan Kalamisu Bangkitkan Asa Masyarakat Sinjai

DAERAH

Bantaeng Jadi Daerah Terbaik Sektor Pembangunan di Masa Pandemi Covid-19

DAERAH

Dua Tahun ILHAMSAH Pimpin Bantaeng, Petani: Terimakasih Pak Bupati

DAERAH

Daftar Harta Kekayaan Empat Paslon di Pilkada Bulukumba
error: Content is protected !!