Home / LAINNYA

Rabu, 12 Mei 2021 - 00:03 WIB

Idul Fitri Jatuh 13 Mei. Bupati Bulukumba Minta Buka Mesjid dan Lapangan

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf mengeluarkan kebijakan untuk membuka seluruh tempat ibadah Masjid dan Musholla serta Lapangan untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bulukumba, Daud Kahal menerangkan jika Bupati meminta dan menyerukan hal tersebut dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan jamaah pada pelaksanaan sholat Idul Fitri nantinya.

“Itu menjadi seruan dengan catatan panitia harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni melakukan penyemprotan desinfektan, menyiapkan sarana cuci tangan dan handsanitezer, jaga jarak serta menggunkan masker,” ungkapnya.

Baca Juga:  Es Serut Melon, Minuman Segar Ala Kedai Pas Untuk Menu Buka Puasa

Selain itu, para ASN juga diminta untuk melakukan sholat Ied disekitar tempat tinggalnya. Sedangkan para pejabat Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD lingkup Pemkab juga ditugaskan untuk membacakan sambutan Bupati ditempat mereka melakukan sholat Idul Fitri.

“Ini penugasan dan penekanan Bapak Bupati. Kalau Lapangan Pemuda Bulukumba tidak dibuka untuk pelaksanaan sholat Ied, ada pertimbangan khusus untuk mengantisipasi kemungkinan masyarakat dari luar akan banyak yang masuk kota, sehingga menimbulkan penumpukan jama’ah,” ujar Daud.

Selama ini Lapangan Pemuda menjadi ikon yang selalu dijadikan kebiasaan untuk sholat Ied, namun kondisi saat ini menjadi pertimbangan khusus untuk tidak dibuka, kata Kadis Kominfo menjelaskan.

Baca Juga:  Guru Cabuli Muridnya Saat Sedang Belajar Mengaji

Sementara itu, terkait penggunaan masjid dan lapangan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Bulukumba, diminta kepada panitia untuk berkoordinasi dengan Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan, Desa dan Kelurahan terkait rekomendasi tempat pelaksanaan sholat idul Fitri, uji dimaksudkan agar tetap memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan.

“Secara khusus, kepada panitia Masjid Islamic Center Dato’ Tiro juga diminta agar melakukan pembatasan, dan menekankan agar jama’ah melaksanakan sholat Ied adalah warga yang bermukim disekitar Masjid ICDT,” pungkasnya.

Reporter: Alim

Share :

Baca Juga

LAINNYA

Dimasa Pandemi Shalat Tarwih dirumah Merupakan Solusi Yang Tepat, Begini Tata Caranya

LAINNYA

Alumni SMA 2 Bulukumba Angkatan 36 Kunjungi Panti Asuhan

LAINNYA

‘Tarajjo’ Makanan Khas yang Cocok Jadi Menu Buka Puasa

LAINNYA

Mesjid Tua Nurul Hilal Dato Tiro Bulukumba, Sejarah Penyebaran Islam Dimasa Kerajaan

LAINNYA

Ketentuan Minum Air Putih Saat Bulan Puasa

LAINNYA

Jelang Lebaran, Roemah Djoeang AIA Bagi Sembako ke Panti Asuhan

LAINNYA

HIPMI Akan Hadirkan Kades LOLISANG di Kampung Ramadhan

LAINNYA

Jalangkote Takjil Buka Puasa Pilihan Utama Masyarakat
error: Content is protected !!