Home / INSPIRASI

Kamis, 7 Januari 2021 - 19:24 WIB

Guru di Bulukumba Ini Terapkan Sejumlah Metode Pembelajaran di Tengah Pandemi

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Salah seorang tenaga pendidik di Bulukumba dalam satuan pendidikan Sekolah Dasar di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, Muh Idrus menanggapi Pembelajaran jarak jauh (PJJ) Belajar dari Rumah (BDR) per tanggal 4 Januari sampai 1 April 2021 mendatang.

Keputusan tersebut berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan, Nomor: 420/0014/Disdik tentang Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Pendidikan Sulawesi Selatan.

Menurutnya PJJ sangat tidak efektif, sebab jelas berbeda dengan pembelajaran tatap muka yang melibatkan guru dan siswa berperan aktif secara langsung.

“Dan yang terpenting suasana belajar di lingkungan sekolah tidak tergantikan dengan metode apapun. Tapi kembali lagi, aturan pemerintah harus kita tanggapi serius juga,” ujar Idrus, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga:  Om Ucu, Wujud Pengabdian Sejati di Bulukumba

Olehnya itu, Ia pun melakukan banyak metode pembelajaran demi efektifitas pembelajaran. Adapun inovasi pembelajaran yang ia lakukan salah satunya yakni dengan classroom virtual.

Sayangnya, lagi-lagi dirinya menemukan titik kendala. Pasalnya tidak semua peserta didik memiliki gadget android.

Tak mati akal, Idrus menggunakan metode lain dengan melakukan kunjungan ke rumah peserta didik melalui pendekatan tugas dan memberikan proses pembelajaran mandiri di rumah.

“Tidak semua peserta didik punya android, makanya itu salah satu titik lemah yang dikondisikan. Jadi, kesimpulannya adalah tetap mengajar dengan kunjungan ke rumah dengan sistem kelompok kecil,” lanjutnya.

Baca Juga:  Yoesrifandi Sukses Rintis Usaha Sendiri, Buah dari Kerjakeras

Idrus berharap, Pandemi Covic-19 segera berlalu dan pembelajaran tatap muka bisa digelar kembali seperti sedia kala. Paling tidak kata dia, ada metode lain yang lebih efektif dalam memberikan pelajaran.

“Harapan kami, semoga kita cepat keluar dari kondisi sulit ini. Minimal melalui sistem pembelajaran ini kita menemukan sisi positif sehingga tercipta satu metode yang paling efektif dalam sistem pembelajaran Luring,” tutup Muh Idrus.

REPORTER: Nda

Share :

Baca Juga

INSPIRASI

Berjiwa Pemimpin Sejak Kecil, Kini Menjadi Ketua Bawaslu Tanbu Hingga Pimpin 3 Perusahaan

INSPIRASI

Iswan Si Jago Berkebun Ini Butuh Smartphone untuk Belajar Daring

INSPIRASI

Om Ucu, Wujud Pengabdian Sejati di Bulukumba

INSPIRASI

Kumanika Sambangi Nenek Sattima yang Hidup Sebatang Kara

INSPIRASI

Sepak Terjang Misbawati, Sabet Penghargaan Bergengsi Hingga Perempuan Pertama Jadi Sekda Bulukumba

INSPIRASI

Yoesrifandi Sukses Rintis Usaha Sendiri, Buah dari Kerjakeras

INSPIRASI

Mengadopsi Semangat Kartini, Untuk Ekonomi Kreatif

INSPIRASI

23 Tahun Malang Melintang di Pemerintahan, Daud Kahal Pernah Cicipi Dunia Cleaning Service