Home / PARIWISATA

Rabu, 23 Juni 2021 - 17:02 WIB

GM Ibis Style Makassar Dorong Desa Wisata di Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— General Manajer Hotel Ibis Style Makassar, Wahidin mengapresiasi kegiatan sarasehan pariwisata Nasional yang di selenggarakan oleh Poltekpar Makassar, Kamis-Jumat,  (17-18/6/2021) lalu.

Wahidin menyampaikan jika Gagasan dari Sandiaga Uno untuk mendorong Pemerintah Daerah dalam mengembangkan desa-desa wisata yang dapat menghadirkan produk unggulan yang otentik sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing sangat bisa di lakukan di Bulukumba.

Wahidin, pria kelahiran Kabupaten Bulukumba itu mengatakan jika di Kabupaten Bulukumba memiliki banyak potensi alam, budaya, dan buatan atau karya kreatif yang otentik.

“Ini terobosan luar biasa dari pak menteri untuk mengembangkan desa wisata dan semoga kita bisa terapkan di kabupaten Bulukumba”, ucapnya Melalui pesan Whatsapp, Selasa, (22/6/2021).

Baca Juga:  Kabar Duka, Kakak Bupati Bulukumba Meninggal Dunia

“Selain kawasan Pantai Bira dengan pasir putihnya, Ada Kahayya di Kindang dengan keindahan alamnya, Kajang dengan budayanya serta pinisi yang telah di akui oleh unesco”, terangnya.

Selain itu, dalam pengelolaan desa wisata penting untuk melakukan  pemetaan potensi desa. Misalnya, potensi kompetensi SDM di bidang pariwisata bisa dalam mengelola homestay atau menjadi pemandu wisata. Sedangkan pada bidang ekraf, kompetensi SDM dapat dipetakan dalam mengelola kuliner atau menjadi pengrajin kriya.

Baca Juga:  Resah Dengan Konsep Wisata Yang Ada, Hingga Membuat Wisata Alternatif

“Jika seluruh komponen terpenuhi, urbanisasi masyarakat dari desa ke kota diharapkan dapat berkurang, karena banyak aktivitas ekonomi yang diciptakan. Selain itu, desa wisata dapat menjadi upaya dalam melestarikan dan memberdayakan potensi budaya lokal dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Wahidin juga mengatakan jika pentingnya melakukan kolaborasi terhadap semua elemen, terkhusus untuk Dinas Kominfo dalam hal memperkuat signal internet di desa-desa.

“Kedepannya semua berbasis online, jadi pariwisata ditempat terpencil pun akan tergaung di public kalau semua desa wisata itu di perkuat signal internet”, pungkasnya.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

Study Banding ke Desa Wisata Kabba, Kepala Desa Tamatto Target Ekowisata

PARIWISATA

Kiriman Sampah Laut Flores Menumpuk, Dispar Siapkan Solusi Penanganan

PARIWISATA

Terapkan Prokes, Kunjungan Pantai Bira Capai 6000 Jiwa

PARIWISATA

Hutan Cafe, Tempat Nongrong di Tengah Hutan Bulukumba

PARIWISATA

Sidak Dinas Pariwisata, Bupati Bulukumba Tekankan Pentingnya Kenyamanan Berwisata

PARIWISATA

Duta Wisata Bulukumba Dituntut Paham Soal Kearifan Lokal Daerah

PARIWISATA

ADWI 2021, Kadis Pariwisata Ajak Desa Untuk Ikut Berkompetisi

PARIWISATA

Wisatawan Mancanegara Turun Drastis Dimasa Pandemi Covid-19