Home / KABAR PARLEMEN

Senin, 12 April 2021 - 15:53 WIB

Fraksi PKB Minta Pemkab Bulukumba Kembali Analisa Struktur APBD

Ketua F-PKB Bulukumba, Fahidin HDK

Ketua F-PKB Bulukumba, Fahidin HDK

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dalam rangka Mendukung Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memberikan dampak.

Dimana peraturan tersebut berdampak pada rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba untuk melakukan refucosing anggaran. Namun hal itu mendapat tanggapan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB).

Ketua F-PKB Bulukumba, Fahidin HDK, menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021, sudah didesain untuk mendukung setiap program dan penanganan Covid-19 secara menyeluruh.

“Kalau kita lihat struktur APBD, menurut kami itu sudah mendukung penangangan Covid-19 secara menyeluruh,” kata Fahidin.

Menurut Fahidin, jika kebutuhan anggaran untuk penangan covid ini sudah dialokasikan melalui program dan kegiatan yang tersebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Belum lagi Biaya Tak Terduga (BTT), yang disiapkan mencapai kurang lebih Rp6 miliar.

Fahidin juga mengatakan jika hal ini dipetakan satu persatu maka presentase anggaran untuk penanganan covid pada APBD 2021, baik dari segi kesehatan hingga upaya pemulihan ekonomi sudah cukup besar.

Baca Juga:  Zona Selamat Sekolah di Matteko Akhirnya Dihapus Setelah Banyak Telan Korban

Termasuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Ini perlu menjadi pemikiran pemerintah agar kembali menganalisa struktur APBD kita secara baik,” tegas Fahidin.

Lanjut Fahidin menjelaskan jika seluruh program kegiatan yang sudah ditetapkan bersama, dianggarkan melalui APBD seharusnya sudah dapat dilakukan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

Termasuk kegiatan fisik maupun non fisik. “Jadi tidak perlu lagi bikin susah,” tambahnya.

Lanjut Fahidin Menyampaikan kalau refocusing DAU dan DBH ini diberi catatan minimal 8 persen untuk kebutuhan penanganan pandemi.

Seperti untuk biaya operasional, vaksinisasi, posko saat pembatasan berlangsung, insentif tenaga kesehatan dan lainnya.

Dan di Bulukumba sendiri, dari DID sudah ada pengalokasian anggaran paling sedikit 30 persen. Termasuk penangangan pandemi, sarana pra sarana dan perlindungan sosial.

“Misalnya kalau DAK fisik yang belum dikontraktakkan, kami meminta agar pelaksananya mengutamakan tenaga kerja dan bahan baku lokal. Kami sudah sampaikan itu dipembahasan,” jelas Fahidin.

Baca Juga:  Kunjungan Wisnus ke Bulukumba Meningkat Selama Pandemi

Dan jika dibaca secara mendalam, kata Ketua PKB Bulukumba itu, surat edaran Kemenkeu sama sekali tidak memberikan sanksi jika misalnya ada daerah yang tidak melakukan refocusing anggaran.

Maka dari itu, ia menyarankan Pemda untuk fokus saja melaksanakan APBD ini. Sehingga serapan anggaran, asas manfaat, output dari kebijakan anggaran program itu bisa tercapai di triwulan pertama.

Fahidin menerangkan bahwa struktur APBD Bulukumba sudah didesain responsif terhadap penanganan pandemi.

“Ini bukan soal kita mau atau tidak mau melakukan refocusing, tapi bagaimana struktur APBD mampu mendukung penanganan covid secara menyeluruh, dan itu sudah kita lakukan,” jelasnya.

Terkait soal rencana pemerintah bakal melakukan pembangunan monumental, menurut dia harus dipersiapkan perencanaannya dengan matang.

“Dan kita akan bicarakan dengan baik, supaya tidak terkensan tergesah-gesah, karena APBD ini kan adalah perda, dan itu harus dihormati,” pungkasnya.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Anggap Seleksi Ilegal, AM Sukri Pilih Batalkan Pencalonan Ketua Golkar

KABAR PARLEMEN

SK Penunjukan Nirwan Sebagai Plt Ketua Golkar Bulukumba Dianggap Cacat Prosedural

KABAR PARLEMEN

PKB Bulukumba Komitmen Menangkan TSY-AM di Pilkada Bulukumba

KABAR PARLEMEN

HM21 Dinilai Bangkitkan Gairah Politik Pemuda dan Pemilih Perempuan di Bulukumba

KABAR PARLEMEN

Murni Efek, Seruan Kaum Perempuan Bangkit Bersatu Menangkan HM21 di Pilkada Bulukumba

KABAR PARLEMEN

Usungan PAN Belum Kemanapun, Zulkarnain Pangki Sebut Masih Pegang Kendali

KABAR PARLEMEN

Askar-Pipink Minta Pendukung Patuhi Aturan saat Pengundian Nomor Urut

KABAR PARLEMEN

Survei SI: Tren Kenaikan Dukungan ke HM21 Kejar Askar-Pipink