Fraksi PAN Merupakan Mitra Kritis dan Kontruktif Buat Pemerintah

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) sejauh ini selalu memposisikan dirinya sebagai wakil rakyat pemberi solusi.

Ketua Fraksi PAN Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki (AZP) mengatakan, pihaknya bersama anggota dewan lain selalu menempatkan kepentingan masyarakat daripada sekadar melempar kritikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

“Fraksi PAN selalu hadir memberikan solusi dan masukan yang konstruktif. Tujuannya sederhana, demi membangun Bulukumba bersama-sama,” katanya, Selasa (19/1/2021).

Andi Naing sapaan akrab Zulkarnain menambahkan, hal itulah yang saat ini dilakukan Fraksinya dan akan menjadi budaya di Fraksi partai berlambang matahari terbit itu.

Baca Juga:  Perjuangkan Hak Disabilitas, DPRD Bulukumba Intens Sosialisasi

“Itu harus dijaga antara pemerintah karena PAN bukan mengkritik untuk menjatuhkan tapi untuk memberikan solusi membangun demi kepentingan masyarakat,” jelasnya lagi.

Beberapa kritikan yang disampaikan PAN kerap diiringi dengan solusi agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bagian dari pemerintah bisa mengerjakan setiap program lebih baik lagi.

Salah satu kritikan dan saran Fraksi PAN beberapa waktu yang lalu, yakni perampingan OPD dilingkup Pemkab.

Baca Juga:  DPRD Bulukumba Rasionalisasi Anggaran Sebanyak Rp 8 Miliar

Saat ini, jumlah OPD Pemkab Bulukumba mencapai 32. Andi Naing menganggap angka ini terlalu banyak dan bisa membebani keuangan Bulukumba.

“Jumlah mencapai 32 sehingga terlalu gemuk dan hanya membebani keuangan daerah Bulukumba,” tuturnya pada Rabu, 18 November 2020 lalu.

Ia menyarankan agar beberapa OPD bisa disatukan, salah satunya Dinas Pendidikan yang harusnya gabung dengan Dinas Pemuda dan olahraga.

“Termasuk juga Dinas Pertanian itu kan bisa digabungkan dengan Dinas Ketahanan pangan,” ujar Andi Naing memberi masukan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template