Home / NEWS

Jumat, 29 Januari 2021 - 16:12 WIB

Forum Anak Bulukumba Harap Musrenbang Anak Jadi Wadah Penyaluran Aspirasi Anak

IST

IST

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Forum Anak Bulukumba berharap agar partisipasi anak dalam pembangunan di Kabupaten Bulukumba dapat menjadi rumusan penting pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Anak.

Shafa Syahrani yang menjadi perwakilan Forum Anak Kabupaten Bulukumba, mengungkapkan bahwa Musrenbang Anak dapat menjadi ajang untuk menyalurkan aspirasi baik dari bidang sosial, sarana dan prasarana, serta bidang ekonomi.

Tak hanya itu, ada banyak harapan yang ia titipkan melalui kegiatan tersebut, salah satunya kegiatan Musrenbang anak menjadi wadah bagi anak-anak Bulukumba untuk mencurahkan keresahan terkait permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Musrenbang ini menjadi wadah bagi anak untuk menyampaikan keresahan mereka, banyak problem dilingkungan mereka yang tentu harus mereka sampaikan di forum resmi ini,” katanya, Jumat, 29 Januari 2021.

Baca Juga:  Sempat Menolak Pembentukan Pansus, F-PKB Bulukumba Akhirnya Melunak

Menurut Shafa, contoh keresahan yang dapat disampaikan para anak dalam Musrenbang yakni balap liar, minuman keras, pernikahan usia anak, kekerasan, dan permasalahan lain yang marak terjadi.

“Kegiatan Musrenbang Anak menjadi wadah untuk saling membantu antar masyarakat (khususnya anak) dan pemerintah mendapatkan solusi dari permasalahan yang terjadi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Shafa juga berharap agar melalui Musrenbang ini. Anak-anak semakin didengarkan dan tidak hanya berdasarkan dari sudut pandang orang dewasa saja. Harapan dan usulan yang ia suarakan dapat terealisasi demi kemajuan dan pemenuhan kebutuhan anak.

“Kami juga berharap, usulan yang kami suarakan dapat terealisasi demi kemajuan dan pemenuhan kebutuhan anak,” ujar Shafa Syahrani.

Baca Juga:  Sembuh Lagi 2, Tersisa 3 Positif Covid-19 dari Bulukumba yang Dirawat

Sekadar diketahui, secara harfiah anak merupakan cikal bakal serta asset berupa sumber daya manusia yang kelak dapat meneruskan generasi keluarga dan juga memiliki peran besar dalam membantu pemerintah membangun bangsa dan negara.

Keterlibatan anak sendiri dalam perencanaan pembangunan menjadi indikator pemenuhan hak sipil dan kebebasan, khususnya hak partisipasi anak. Kesempatan ini tentu dijadikan peluang bagi anak untuk turut serta memberikan ide/gagasan yang bermanfaat dalam pembangunan.

Setiap anak memiliki hak dalam mengemukakan pendapat demi kesejahteraan masyarakat khususnya kesejahteraan anak itu sendiri, ketersediaan ruang partisipasi anak merupakan salah satu indikator terukur dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

NEWS

Didesak Tuntaskan Kasus Korupsi, Kejari Bulukumba Akui Semuanya Sedang Diproses Hukum

DAERAH

Kapolres Bulukumba Terkonfirmasi Positif Covid-19, Tertular dari Orang Tanpa Gejala

NEWS

Setelah Mendapat Vaksinasi, Seorang Guru di Larikan ke IGD

DAERAH

Andi Buyung Ditunjuk jadi Plt Sekwan Bulukumba

DAERAH

Bupati Bulukumba Puji Lomba Semarak HUT RI 75 yang Dilaksanakan Pemuda Bontonyeleng

NEWS

BPUM Tahun 2020 Menyisahkan “Keluh” Bagi Penerima

DAERAH

Tembus 100 Kasus Covid-19, Pemkab Bulukumba Berlakukan Pembatasan Bersyarat

NEWS

Kejaksaan Diminta Tuntaskan Kasus Korupsi di Bulukumba