Home / PARIWISATA

Kamis, 18 Maret 2021 - 15:32 WIB

Expose Pariwisata, Dispar Bulukumba Tekankan Konsep Terpadu

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Kabupaten Bulukumba memiliki potensi wisata alam dan budaya yang sangat mengagumkam. Sebagai salah satu daerah penyangga provinsi Sulawesi Selatan, Kab. Bulukumba siap menunjang perkembangan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba Muh Ali Saleng mengatakan saat ini pihaknya sedang mengusung konsep Pentahelix, hal itu untuk pengembangan sektor pariwisata.

“Jika nantinya memang pariwisata yang dijadikan sebagai salah satu visi pembangunan di Bulukumba, maka seluruh konsep rencana pembangunan ini harus terpadu,” bebernya saat melakukan ekspose program kerja di hadapan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba di Ruang Rapat Bupati, Selasa (16/3/2021) lalu.

Baca Juga:  Desa Kahayya Masuk dalam Deretan Desa Wisata Kemenparekraf Kategori Berkembang

Menurut Ali Saleng, keterpaduan itu diartikan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yang selama ini pariwisata bergerak tanpa ada sebuah tim dari OPD lain.

Memang, kata Ali, pada tahun 2020 mulai terlihat keterlibatan OPD walaupun masih terbatas. Padahal dalam pengembangan pariwisata dibutuhkan peran dari masing-masing OPD.

“Sementara yang mau kita lakukan di dalam pengembangan destinasi peran dari masing-masing OPD terhadap tugas yang melekat di masing-masing OPD ada di setiap destinasi itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Kilas Balik Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Bulukumba

“Baik itu kesehatan, Perindustrian dan perdagangan, koperasi, perikanan dan kelautan, bahkan penyiapan fasilitas tempat beribadah,” sambung Ali.

Pada kegiatan ekspose kali itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf banyak memberikan inspirasi dan pengalaman kepada Dispar Bulukumba yang nantinya bisa menjadi acuan dalam proses pembangunan pariwisata.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

ADWI 2021, Kadis Pariwisata Ajak Desa Untuk Ikut Berkompetisi

PARIWISATA

Aktivitas Wisata Ini Alami Lonjakan Selama Pandemi

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Ekspose Rencana Kerja Pariwisata

PARIWISATA

Komisi II DPRD Pangkep Kunker ke Kantor Dispar Bulukumba

PARIWISATA

PHRI Bulukumba Inisiasi Pembentukan Komunitas Pemerhati Pariwisata Tanjung Bira

PARIWISATA

Dinas Pariwisata Bulukumba Mulai Kembangkan Desa Wisata

PARIWISATA

Promosi Pariwisata, Dispar Bulukumba Agendakan Event Seni Budaya

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Kukuhkan Pokdarwis Desa Darubiah