Home / NEWS

Rabu, 14 April 2021 - 15:27 WIB

Es Kopyor, Menu Takjil Sehat dan Segar 

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Buka puasa memang menjadi momen paling dinantikan masyarakat yang telah menjalankan puasa seharian penuh. Saat berbuka puasa, tentunya kita ingin minuman menyegarkan untuk melepas dahaga. Minuman yang dingin-dingin seperti es buah, es cincau, atau salad buah misalnya.

Salah satu takjil sederhana yang rekomended untuk jadi minuman buka puasamu adalah Es Kopiyor. Meski tak sefamiliar es-es lainnya, namun rasa manis dan gurih dari Es Kopiyor bisa membuat ketagihan.

Sepintas minuman ini mirip es kelapa muda. Ada seratan-seratan berwarna putih disetiap sajiannya. Apalagi ditambah sirup DHT yang identik dengan warna merah mudanya. Semakin menambah kesegaran. Namun es kpiyor dan es kelapa muda ini berbeda rasanya. Meski tetap menggunakan bahan utama dari kelapa.

Baca Juga:  Kuliner Dominasi Subsektor Ekonomi Kreatif di Bulukumba

Konon, kopyor merupakan bentuk kelapa yang tak normal dari buah kelapa, yang memiliki daging buah lebih lunak dan rasa khas yang lebih manis dan gurih. Jika buah kelapa ini dibelah, maka akan terlihat daging buahnya yang terlepas dan mengumpul jadi satu dibagian tengah.

Berbeda dengan daging buah kelapa umumnya yang melekat kuat di tempurung atau di bathok kelapanya. Sebab keunggulan itu serta tidak semua buah kelapa adalah kelapa kopyor (sulit didapat), maka harganya pun lebih mahal karena sulit didapatkan.

Oleh sebab itu, es kopyor kini telah dimodifikasi menggunakan ‘kopyor sintetis’. Komponen utama es kopiyor yakni sari kelapa atau santan kelapa. Yang telah diparut lalu diperas. Kemudian dicampur dengan agar-agar dengan tambahan susu bubuk. Lalu dimasak hingga matang.

Baca Juga:  Tunggak Pajak Hingga Ratusan Juta, Mall Wisata Bulukumba Dipasangi Plang

Setelah itu, adonan ini dituang secara perlahan ke batu es. Lalu setelah semua terbentuk seperti serutan kelapa muda. Kemudian dicampur dengan sirup dan susu kental manis. Jika ingin lebih terlihat menarik, tambahkan biji selasi yang sebelumnya telah direndam dengan air panas.

“Rasanya memang bisa di adu dengan es lain, segar dan sangat Bisa menjadi pilihan untuk buka puasa,” Ucap Salah seorang penikmat es kopyior, Edy (25) kepada Kumanika.com Rabu (14/4/2021).

Sebelum dikonsumsi, ada baiknya minuman ini disimpan di dalam lemari pendingin agar rasanya lebih nikmat.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Berikan Bantuan Alsintan, Ilham Azikin: Kita Tetap Produktif di Masa Pandemi

NEWS

Peningkatan Pasar Tahun 2021, Disperindag Bulukumba Andalkan Anggaran TP

NEWS

Bupati Bantaeng Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Makodim

NEWS

Pembangunan Jembatan Bialo Dihentikan, Rekanan Keluhkan Sikap Pemkab

NEWS

Antisipasi Banjir, Tim Pengendali Banjir Lakukan Pembongkaran Bangunan

NEWS

Soal Gaji Petugas, Koordinator PSC dan Dinkes Bukukumba Saling Lempar Tanggung Jawab

NEWS

Pasca di Swab Massal, 39 Pegawai Capil Bulukumba Positif Covid-19

NEWS

Alwan dan Rekannya, Bahu Membahu Capai Sulbar Bangkit