Home / NEWS

Senin, 31 Mei 2021 - 11:42 WIB

Enam Kali Berturut-turut Pemkab Bantaeng Raih Opini WTP

BANTAENG, KUMANIKA.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-6 kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penyerahan WTP diraih oleh Pemkab Bantaeng usai melakukan penandatanganan berita acara serah terima hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bantaeng, Jumat (28/5) lalu.

Opini yang diberikan oleh pemeriksa, termasuk Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai “kewajaran” laporan keuangan bukan merupakan “jaminan” tidak adanya fraud yang ditemukan, ataupun kemungkinan timbulnya fraud di kemudian hari.

Baca Juga:  Sekelompok Preman Kroyok Satu Anggota Dishub Bulukumba

Penandatanganan berita acara ini diikuti oleh 12 Kepala Daerah dan Ketua DPRD di Sulawesi Selatan, antara lain Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Pangkep, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Soppeng, Wajo, Sinjai dan Luwu Timur.

Kepala Perwakilan BPK Prov. Sulsel, Wahyu Priyono menghaturkan apresiasi kepada daerah yang meraih dan mempertahankan Opini WTP, mengingat adanya beberapa daerah mengalami penurunan.

“Penurunan terjadi jika ada hal-hal yang mempengaruhi keuangan. Untuk tahun 2020 ini cukup memprihatinkan karena ada beberapa yang mengalami penurunan termasuk Prov. Sulsel, dan Kota Makassar yang meraih WDP.

Baca Juga:  Kementan-IFAD Jadikan Bantaeng Implimentasi Wirausaha Muda Pertanian

Sementara itu, Bupati Sidrap, Dollah Mando, yang mewakili Kepala Daerah, mengatakan bahwa Opini WTP tersebut adalah prestasi yang dapat diraih berkat peran semua pihak, serta sinergitas antar pemerintah.

“Ini merupakan hasil atas peran dan sinergitas semua pihak dalam menjalankan roda pemerintahan yang baik dan sinergitas yang baik juga,” ujarnya.

Opini atas laporan keuangan tahun 2020 adalah sebagai Berikut, Pangkep, Luwu Timur, Wajo, Soppeng, Bantaeng, Toraja Utara, Sidrap, Sinjai, dan Enrekang meraih Opini WTP, sementara itu Gowa, Jeneponto dan Tana Toraja meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Reporter: Ayezzah

Share :

Baca Juga

NEWS

Bukan Urusan Dukungan Pilkada, Andi Utta-Edy Manaf Tekankan Profesionalitas Kerja

NEWS

Pengelolaan Keuangan, Kanwil DJPb Sulsel Apresiasi Pemkab Bantaeng
Bantaeng Mulai Canangkan Vaksinasi Ibu Hamil, Target Hingga Seribu Orang

NEWS

Bantaeng Mulai Canangkan Vaksinasi Ibu Hamil, Target Hingga Seribu Orang

NEWS

Belum Puas Hasil Kerja Kebersihan dan Pengendali Banjir, 5 Alat Berat Diturunkan

NEWS

Tekan Penyebaran Covid-19, Polres Bulukumba dan Tim Terpadu Gelar Operasi Yustisi

NEWS

Patuddangi Azis, Sosok Ketua Tim Dibalik Kemenangan Harapan Baru di Pilkada Bulukumba

NEWS

Info Covid-19 Bulukumba, Positif Bertambah 3 Orang

NEWS

Ilham Azikin Minta KONI Bantaeng Persiapkan Altet untuk Porda di Sinjai