Empat Desa Wisata di Bulukumba Raih Penghargaan ADWI 2021

Empat Desa Wisata di Bulukumba Raih Penghargaan ADWI 2021

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Empat Desa, di Kabupaten Bulukumba, berhasil masuk dalam 300 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Setelah melewati serangkaian tahap kurasi, dengan bangga saya umumkan 300 besar desa wisata ADWI 202,” ucap Sandiaga Uno dalam video.

Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sendiri menempati posisi ke dua, sebagai penyumbang desa wisata terbanyak, yakni 24. Kontes ini juga diikuti 1.831 Desa Wisata dari 34 Provinsi di Indonesia.

Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga:  Mempertahankan Tradisi Melalui Festival Budaya Kajang

Pada tahun 2021 ini, dari Sabang sampai Merauke, tercatat ada lebih dari 70.000 desa di Indonesia. ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi, dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Barekraf.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Ali Saleng, menyampaikan jika empat diantara desa yang berhasil masuk dalam 300 Besar Desa ADWI 2021, yakni Desa Wisata Tanah Toa di Kecamatan Kajang, Desa Wisata Kahayya di Kecamatan Kindang, Desa Wisata Bira, dan Desa Wisata Ara di Kecamatan Bontobahari.

Baca Juga:  Ranperda Bantuan Hukum Gratis di Bulukumba, DPRD Provinsi Andi Anwar Purnomo Konsul ke Masyarakat

“Jadi ada 15 desa yang ikut berkompetisi saat itu, namun hanya empat desa yang masuk 300 besar ADWI,” ucapnya melalui sambungan telepon, Kamis (19/8/2021).

Lebih lanjut, Ali Saleng mengatakan akan terus melakukan peningkatan kapasitas dan pembinaan, dengan melibatkan semua stakeholder menuju 100 Besar.

“Ini adalah bentuk kebanggaan kita sebagai masyarakat Bulukumba, karena mampu meloloskan empat desa di Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021, dan terbanyak untuk di Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

Penulis: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template