DPRD Dorong Pemerintah Tingkatkan Sarana Pariwisata

DPRD Dorong Pemerintah Tingkatkan Sarana Pariwisata

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan destinasi pariwisata di Sulsel. Wilayahnya dianggap memiliki potensi dan keindahan alam yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Selain itu juga sangat memungkinkan untuk dikembangkan.

Bupati Bulukumba, HA Muchtar Ali Yusuf, bahkan menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan saat ini. Namun, upaya yang juga bertujuan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) tersebut, dinilai masih belum memberikan dampak yang besar. Sehingga, hasilnya pun belum optimal.

Menurut Bupati, salah satu faktor penghambatnya yakni sarana dan prasarana pariwisata yang masih belum memadai.

Baca Juga:  Peduli UMKM, APINDO Bulukumba Berupaya Kembangkan Perekonomian Desa

Terkait dengan pengembangan sektor pariwisata ini, Andi Zulkarnain Pangki selaku anggota DPRD Bulukumba, mengusulkannya dalam Perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bulukumba tahun 2022.

“APBD Bulukumba 2022 mendatang harus lebih memprioritaskan akses infrastruktur jalan, pada daerah-daerah wisata, yang potensial dapat menyumbang PAD,” kata legislator asal daerah pemilihan kecamatan Bulukumpa-Rilauale tersebut.

Andi Zulkarnain Pangki pun memastikan, Fraksi PAN di DPRD Bulukumba juga akan merekomendasikan agar pada APBD Pokok tahun 2022 nanti, dianggarkan pengadaan dan pemasangan lampu jalan pada jalur Bulukumba-Tanete, sampai batas Kabupaten Sinjai.

“Termasuk jalur kecamatan Ujung Bulu menuju Bontobahari, sampai ke kawasan wisata Pantai Bira,” tandasnya.

Baca Juga:  Ulu Ere dan Sinoa Berpotensi Panen Hingga 63 Ribu Ton Jagung

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Muh Ali Saleng yang dikonfirmasi terkait hal tersebut, mengatakan jika sarana pariwisata masih terus dikembangkan untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung.

“Kita harus akui itu, tapi pengembangan dan pembangunan masih terus kita lakukan. Dan itu selalu jadi prioritas,” ujarnya.

Ali menyambung, jika pembangunan pariwisata Bulukumba terus berkelanjutan dilakukan pemerintah, dengan menyiapkan anggaran untuk pembangunan yang lebih baik. “Tahun 2022, beberapa item pengembangan kita prioritaskan. Termasuk memberikan perhatian kepada pelaku UMKM untuk mendukung peningkatan pariwisata,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template