Home / LAINNYA

Kamis, 5 November 2020 - 16:02 WIB

DPRD Bulukumba Tegaskan Tak Ada ‘Nepotisme’ Dalam Penentuan Komisioner KID

Ketua Komisi C DPRD Bulukumba, Udin Hamzah

Ketua Komisi C DPRD Bulukumba, Udin Hamzah

BULUKUMBA– Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba telah menggelar fit and proper test terhadap 10 calon komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) Bulukumba.

Kesepuluh calon komisioner tersebut yakni Ahmad, Amar Ma’ruf, Andi Abdul Karim, Andi Syafrul Patunru, Hasanuddin Salasa, Idil Akbar, Ikhwan Bahar, Quraisy, Rachmawati dan Supriadi.

Ketua Komisi C DPRD Bulukumba, Udin Hamzah menjelaskan jika pelaksanaan uji kelayakan di lakukan pihaknya lantaran Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) adalah mitra Komisi C.

“Kita laksanakan uji kelayakan di Komisi C karena Diskominfo mitra kita. Jadi kita yang lakukan. Dan alhamdulillah telah kita laksanakan,” katanya, Kamis, 5 November 2020.

Hasil uji kelayakan nanitnya, menurut Udin. bakal melahirkan rekomendasi lima komisioner KID Bulukumba yang diusulkan ke Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali untuk ditindaklajuti.

Baca Juga:  DPRD Bulukumba Satu-satunya Daerah di Sulsel Terintegrasi JDIH

“Ada scoring yang kita lakukan dari fit and proper test ini. Dari 10 itu, DPRD akan mengirim ke bupati. Ada lima nilai tertinggi yang akan kita kirim,” teranya.

Ada beberapa indikator penilaian yang dilakukan, seperti misalnya keterwakilan perempuan dan juga pekerjaan atau profesi yang digeluti masing-masing calon komisioner tersebut. Agar pekerjaan utamanya mengganggu tugas dan tanggung jawabnya sebagai komisioner KID Bulukumba.

“Kita juga nilai disitu jangan sampai mengganggu aktivitasnya di KID. Banyak hal-hal yang dinilai, karena tahapannya banyak sekali, mulai dari Kominfo sampai 10 besar dikirim ke kami,” jelas Udin Hamzah.

Udin Hamzah menegaskan, bahwa pihaknya mencari komisioner yang berintegritas. Ia menjamin tidak ada calon komisioner ‘titipan’.

“Kita wanti-wanti ini. Ini dipertanggung jawabkan dunia akhirat, saya sudah sampaikan, pak Pasakai juga ada tadi. Tidak ada titipan-titipan,” tegas Legislator PPP itu.

Baca Juga:  Kerap Timbulkan Kecelakaan, DPRD Bulukumba Minta Tanda Zona Selamat Sekolah Dihapus

Sementara itu, salah satu calon komisioner, Aidil Akbar menyakini jika semua calon komisioner yang lolso 10 besar adalah fogur yang layak dan memiliki kemampuan dalam menjalankan peran KID.

“Dari 10 calon komisioner yang lolos merupakan figur yang sangat layak untuk menjalankan Undang-undang (UU) KID yang ada,” ucap mantan Ketua KNPI Bulukumba ini.

Secara pribadi, Aidil mengaku optimistis dengan hasil yang akan dikeluarkan Komisi C untuk diteruskan ke pemerintah. Dirinya bahkan telah siap untuk menjalankan peran penting KID di Kabupaten Bulukumba jika nantinya dianggap layak.

“Saya telah berusaha dengan maksimal dan apapun keputusan yang diambil oleh DPR ¬†saya pastikan itu yang terbaik untuk kepentingan Bulukumba,” pungkasnya.

Editor: Ayezzah

Share :

Baca Juga

LAINNYA

BPK RI Minta Pemkab Bantaeng Tingkatkan Pengelolaan dan Pemberian Data Dokumen

DAERAH

Kabar Baik Lagi, Dua Pasien Positif 005 dan 006 Asal Bulukumba Dinyatakan Sembuh

LAINNYA

Dipindahkan ke Lapas Bulukumba, Napi Teroris Berkelakuan Baik

LAINNYA

Nenek Sattima, Sebatang Kara yang Dambakan Rumah Layak Huni di Sisa Hidupnya

LAINNYA

Pertanian, Perikanan dan Pariwisata, Jadi Sektor Fokus Pemerintahan Andi Utta-Edy Manaf 

LAINNYA

Antisipasi Penyebaran Covid-19, KNPI Bulukumba Imbau Warga Tak Mudik

DAERAH

Kabar Baik! Pasien Positif 003 Bulukumba Sembuh, Hari Ini Dijemput oleh Keluarganya

LAINNYA

Konser Genjer-Genjer
error: Content is protected !!