Home / KABAR PARLEMEN

Rabu, 2 Desember 2020 - 19:40 WIB

DPRD Bulukumba Giat Sosialisasi Perlindungan dan Pelayanan Disabilitas, Kini di Dapil IV

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Bontotiro-Herlang-Kajang kembali melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2018 tentang perlindungan dan pelayanan penyandang disabilitas.

Sosialisasi Perda tersebut dilaksanakan di gedung masyarakat Kecamatan Bontotiro yang dihadiri oleh seluruh kepala desa dengan membawa 5 tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama.

Bertindak sebagai narasumber Andi rantina Amin menyampaikan bahwa Perda tersebut merupakan Perda inisiatif DPRD Kabupaten Bulukumba yang dibahas dan ditetapkan pada tahun 2017 dan disahkan atau diundangkan pada tahun 2018.

Baca Juga:  Unsur Pimpinan DPRD Bulukumba Beri Contoh Pilkada Damai

“Perda tersebut bertujuan memberikan perlindungan hukum kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan perlakuan yang layak dalam segala aspek pelayanan dan tujuannya untuk mencegah terjadinya perlakuan diskriminatif bagi penyandang disabilitas,” katanya.

Secara teknis kasubag dokumentasi hukum menjelaskan bahwa Perda inisiatif DPRD tetap berdasar pada Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 serta undang-undang nomor 12 tentang teknik pembentukan produk hukum daerah.

Adapun untuk pelaksanaan sosialisasi Perda ini berdasar pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dimana pemerintah diwajibkan menyebarluaskan produk hukum daerah yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Terkuak, Pedagang Buka-bukaan Soal Pungli Kepala Pasar Sentral

Selain itu yang menjadi dasar dari penyusunan Perda ini adalah undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang penyandang disabilitas yang melalui beberapa tahapan diantaranya perencanaan penyusunan pembahasan penetapan perundangan, dan penyebarluasan.

Dalam sosialisasi tersebut salah seorang kepala lingkungan, Zaenal dari Kelurahan Ekatiro merespon positif kegiatan sosialisasi peraturan daerah yang melindungi hak-hak penyandang disabilitas.

Melalui forum tersebut, Zaenal menyampaikan akan memberikan hibah kepada pemerintah daerah satu unit rumah untuk penyandang disabilitas dengan Beberapa syarat yang akan diberlakukan.

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Komisi A Ingatkan Kades tidak Asal Berhentikan Perangkat Desa

HEADLINE

Pengakuan Legislator Bulukumba Ini: Sebut Diserang Oknum ASN Usai Tanyakan Selisih Anggaran Pendapatan

KABAR PARLEMEN

Ranperda Baru Diharapkan Mampu Perbaiki Sistem Pendidikan di Bulukumba

KABAR PARLEMEN

DPRD Berharap Musrenbang Jadi Ruang Aspirasi yang Diprioritaskan Pemerintah

KABAR PARLEMEN

Tok! Pemerintah dan DPRD Bulukumba Tetapkan Target APBD 2021 Rp 1,5 Triliun Lebih

KABAR PARLEMEN

Legislator Ahmad Akbar Berbelasungkawa dan Doakan Masyarakat di Sulbar

KABAR PARLEMEN

Bertamu ke Bulukumba, Sekrtariat DPRD Provinsi Sulsel Konsul Pengelolaan Program

KABAR PARLEMEN

Hari Santri Nasional, Ketua DPRD Bulukumba: Selain Agamis, Mereka Juga Intelek