Home / NEWS

Senin, 15 Februari 2021 - 12:52 WIB

DP3A Beri Pembekalan Pemilihan Duta Anak Kabupaten Bulukumba

IST

IST

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Bulukumba bersama Forum Anak Panrita Lopi (FANLOP) melaksanakan pemilihan duta anak tingkat kabupaten.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 40 peserta pemilihan duta anak
dari seluruh sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, Madrasah Aliyah, MTsN se-kabupaten Bulukumba.

Pembekalan yang dibuka langsung Kepala Dinas DP3A Bulukumba, Umrah Aswani, mengatakan pembekalan yang dilaksanakan menentukan kesuksesan anak-anak untuk mewujudkan cita-cita menjadi duta anak Bulukumba.

“Pada pembekalan yang dilaksanakan hari ini tentunya akan menjadi jalan kesuksesan bagi anak-anak untuk mewujudkan cita-cita menjadi duta anak Bulukumba,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan bersyukur dengan adanya pemilihan duta anak tingkat kabupaten ini. Pemerintah telah memberi ruang kepada anak-anak Bulukumba sebagai mitra dalam upaya mewujudkan hak-hak anak, membangun sinergitas terhadap anak-anak yang ada diluar agar dapat berdaya dan terlindungi.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah karena telah memberi ruang kepada anak-anak Bulukumba sebagai mitra dalam upaya mewujudkan hak anak, membangun sinergitas sehingga anak dapat berdaya dan terlindungi,” terang Hj Umrah.

Baca Juga:  Ditetapkan Tersangka, Begini Peran Kepala BKPSDM Bulukumba

Pemilihan Duta Anak merupakan wadah untuk menuangkan aspirasi, berkumpul, dan berdiskusi antar anak untuk diusulkan pada rencana pelaksanaan pembangunan daerah.

Hal ini sejalan dengan 10 hak anak menurut Konveksi Hak Anak Sedunia yang juga selaras dengan UU Perlindungan Anak nomor 23 tahun 2002 yaitu: hak bermain, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan perlindungan, hak mendapatkan nama (Identitas).

Hak mendapatkan status kebangsaan, hak mendapatkan makanan, hak mendapatkan akses kesehatan, hak mendapatkan rekreasi, hak mendapatkan keamanan, dan hak untuk berperan dalam pembangunan.

Duta Anak sendiri merupakan delegasi pemerintah sebagai pelopor dan pelapor dalam menyampaikan pendapat anak-anak serta memperjuangkan hak-hak anak khususnya di Kabupaten Bulukumba.

Diharapkan dengan adanya pembekalan pemilihan duta anak tingkat kabupaten ini, anak dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam sebagai agent of change dalam pembangunan daerah.

Baca Juga:  Resah Dengan Konsep Wisata Yang Ada, Hingga Membuat Wisata Alternatif

Sekedar informasi, ada lima materi yang akan diberikan kepada 40 peserta pemilihan duta anak dalam sesi pembekalan hari ini diantaranya Materi Forum Anak, Hak dan Perlindungan Anak.

Serta Pendidikan Karakter, Pernikahan Usia Anak, dan Konvensi Hak Anak. Setiap materi yang diberikan, peserta akan diminta mengerjakan post-test yang akan menjadi penilaian dalam penjaringan menuju grand final.

Setelah pembekalan, seleksi berlanjut ke penentuan 30 besar finalis, selanjutnya presentasi dan wawancara karya ilmiah.
Akan ada 8 finalis inti duta anak yang terpilih, acara grand final dilaksanakan tanggal 21 Februari di Ballroom Ammatoa Hotel Agri Bulukumba.

“Kami sayang Anak-Anak dan Anak menjaga serta menyayangi dirinya sendiri. Jadilah pelopor dan agen perubahan ke arah yang lebih baik.” Tutup Hj. Umrah Aswani.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

NEWS

HIPMI dan KNPI Gelar Kampung Ramadhan dengan Tetap Patuhi Protokoler Kesehatan

DAERAH

Soal Dana Non Kapitasi Dinkes Bulukumba, Kopel: Penegak Hukum Jangan Tinggal Diam

NEWS

Legislator Maros Study Banding di DPRD Bulukumba

NEWS

Sat Binmas Polres Bulukumba Sosialisasi Maklumat Kapolri di Warkop

DAERAH

Sambil Bakar Ban, Mahasiswa Bulukumba Teriakkan Tolak UU Cipta Kerja

INSPIRASI

Pengusaha ini Wakafkan Tanahnya ke Warga BTN Tiara 7 Bulukumba Untuk Pembangunan Masjid

NEWS

235 CPNS Bulukumba Diingatkan Tidak Ikuti Politik Praktis

NEWS

Mayat Perempuan Ditemukan di Sungai Bialo Gantarang, Keluarga Tolak Autopsi
error: Content is protected !!