Home / NEWS

Selasa, 9 Juni 2020 - 00:36 WIB

Dispar Sinjai Siapkan Protokol Kesehatan Covid-19 Bagi Wisatawan Tongke-Tongke

Wisata Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai (ist)

Wisata Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai (ist)

SINJAI, KUMANIKA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pariwata dan Kebudayaan sementara ini telah mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP) bagi wisatawan Tongke-Tongke di tengah pandemi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kami sementara mempersiapakan SOP terkait wisata Tongke-Tongke,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Sinjai, Haerani Dahlan, Senin (8/6/2020).

Protokol kesehatan yang dirancang oleh Dispar dan Kebudayaan Sinjai merupakan persipan pembukaan wisata Tongke-Tongke. Dengan menyediakan sejumlah alat kesehatan, seperti penyediaan portabel westafel atau tempat cuci tangan, jaga jarak, pembatasan pengunjung dan menjaga tempat wisata tetap steril.

Baca Juga:  Ilham Azikin Ajak Pemuda Bantaeng Berfikir Kreatif

“Ini tidak jauh beda dari protokol Covid-19, pengunjung yang datang kita wajibkan cuci tangan dulu pakai sabun sebelum masuk ke obyek wisata. Jaga jarak dan membatasi pengunjung akhir pekan,” jelasnya.

Selain penerapan protokol kesehatan, Dispar dan Kebudayaan Sinjai juga bakal menggandeng pihak Bank Sulselbar terkait sistem pembayaran non tunai tarif retribusi bagi setiap pengunjung yang akan memasuki obyek wisata.

“Demi menghindari petugas dan pengunjung kontak secara langsung, sehingga nantinya pengunjung hanya melakukan scan barcode pembayaran,” jelasnya.

Haerani menjelaskan, jika setiap pengunjung wisata Tongke-Tongke belum mengetahui kabar adanya pembayaran non tunai, pihaknya juga telah menyiapkan pembayaran langsung tunai.

Baca Juga:  Pemkab Bantaeng Gelar High Level Meeting TPID Untuk Pengendalian Inflasi

“Jika ada yang belum paham cara ini, tentu kita siapkan pembayaran tunai yang aman,” bebernya.

Meski telah menyiapkan segalanya, Haerani mengaku belum memastikan rencana pembukaan wisata Tongke-Tongke tersebut. Sebab Kabupaten Sinjai sementara ini memberlakukan new normal secara bertahap.

“Menghadapi new normal secara bertahap, tentunya kami patuh dengan kebijakan pemerintah daerah dengan masa tanggap darurat kami tutup sampai tanggal 14 Juni 2020 mendatang,” terangnya. (**)

Share :

Baca Juga

NEWS

Penularan Corona Makin Mengkhawatirkan, 2 Pasien Positif Bulukumba Dikabarkan Meninggal

NEWS

Antisipasi Penyebaran Covid-19, KNPI Bulukumba Imbau Warga Tak Mudik

NEWS

Pemkab Bantaeng Gelar High Level Meeting TPID Untuk Pengendalian Inflasi

NEWS

GP Ansor Bulukumba Melaksanakan Safari Ramadhan Hingga 7 Malam ke Depan

NEWS

Santri Ponpes Darul Ikhsan Salohe Doakan Kesembuhan Bupati ASA

NEWS

Tambah 4 Kasus Baru Covid-19 di Bulukumba, Masih Rangkaian Transmisi Lokal

NEWS

Dua “Nyawa” Melayang Saat Polisi Gerebek Lokasi Judi Sabung Ayam di Bulukumba

NEWS

Bawahanya Lakukan Pungli, Kadis Perindag: Saya tidak Pernah Perintahkan