Home / DAERAH

Selasa, 9 Juni 2020 - 00:36 WIB

Dispar Sinjai Siapkan Protokol Kesehatan Covid-19 Bagi Wisatawan Tongke-Tongke

Wisata Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai (ist)

Wisata Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai (ist)

SINJAI, KUMANIKA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pariwata dan Kebudayaan sementara ini telah mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP) bagi wisatawan Tongke-Tongke di tengah pandemi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kami sementara mempersiapakan SOP terkait wisata Tongke-Tongke,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Sinjai, Haerani Dahlan, Senin (8/6/2020).

Protokol kesehatan yang dirancang oleh Dispar dan Kebudayaan Sinjai merupakan persipan pembukaan wisata Tongke-Tongke. Dengan menyediakan sejumlah alat kesehatan, seperti penyediaan portabel westafel atau tempat cuci tangan, jaga jarak, pembatasan pengunjung dan menjaga tempat wisata tetap steril.

Baca Juga:  Ilham Azikin: Pahlawan Adalah Mereka yang Berbuat Baik untuk Orang Lain

“Ini tidak jauh beda dari protokol Covid-19, pengunjung yang datang kita wajibkan cuci tangan dulu pakai sabun sebelum masuk ke obyek wisata. Jaga jarak dan membatasi pengunjung akhir pekan,” jelasnya.

Selain penerapan protokol kesehatan, Dispar dan Kebudayaan Sinjai juga bakal menggandeng pihak Bank Sulselbar terkait sistem pembayaran non tunai tarif retribusi bagi setiap pengunjung yang akan memasuki obyek wisata.

“Demi menghindari petugas dan pengunjung kontak secara langsung, sehingga nantinya pengunjung hanya melakukan scan barcode pembayaran,” jelasnya.

Haerani menjelaskan, jika setiap pengunjung wisata Tongke-Tongke belum mengetahui kabar adanya pembayaran non tunai, pihaknya juga telah menyiapkan pembayaran langsung tunai.

Baca Juga:  Resmikan Kampung KB Mandiri, Ilham Azikin: Komitmen untuk Kebaikan Bantaeng

“Jika ada yang belum paham cara ini, tentu kita siapkan pembayaran tunai yang aman,” bebernya.

Meski telah menyiapkan segalanya, Haerani mengaku belum memastikan rencana pembukaan wisata Tongke-Tongke tersebut. Sebab Kabupaten Sinjai sementara ini memberlakukan new normal secara bertahap.

“Menghadapi new normal secara bertahap, tentunya kami patuh dengan kebijakan pemerintah daerah dengan masa tanggap darurat kami tutup sampai tanggal 14 Juni 2020 mendatang,” terangnya. (**)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Ilham Azikin Paparkan Kriteria Pemimpin Masa Depan di Intermediate Training HMI

DAERAH

Data Penaggulangan Kemiskinan Bulukumba Tidak Sinkron, Bappeda Susun Rencana Aksi

DAERAH

Pemprov Sulsel Sebut Bantaeng Jadi Nominator Pembangunan Terbaik Nasional

DAERAH

BLK Bantaeng Apresiasi Perhatian Ilham Azikin untuk Peningkatan SDM

DAERAH

Usai Pelesiran di Zona Merah, Kadis Kominfo Bantaeng Positif Corona

DAERAH

Begini Gaya Bupati Bantaeng Berakhir Pekan dengan Anak Bungsu

DAERAH

Musim Corona, Masih Sempat-Sempatnya Pemuda di Bulukumba Ini Kantongi Sabu

DAERAH

40 Kasus Dugaan Pelanggaran Warnai Pilkada Selayar
error: Content is protected !!