Home / PARIWISATA

Jumat, 25 Juni 2021 - 12:51 WIB

Dispar Bulukumba Bersama UGM Bahas Rencana Launching Ekowisata Desa Tanah Toa

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Dinas Pariwisata (Dispar) Bulukumba bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) mambahas persiapan rencana pengembangan ekowisata di kawasan Adat Ammatoa Kajang, Desa Tanah Toa, Kecamatan Kajang.

Dalam persiapan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh Ali Saleng, bersama dengan dosen UGM, Dr Samsul Maarif melakukan diskusi bersama ketua BPD, perwakilan Pemerintah Desa serta beberapa tokoh masyarakat dan pemuda Desa Tanah Toa.

Dr. Samsul Maarif menjelaskan rencana launching ekowisata Tanah Toa Kajang dalam bentuk festival budaya (daring dan luring) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di Kawasan Adat Ammatoa Kajang perlu persiapan yang cukup matang dan dukungan dari berbagai pihak.

“Kita berharap adanya sinergi dan kolaborasi antara pemuda, masyarakat dan pemerintah setempat guna mensuskseskan kegiatan ini. selain itu, perlu adanya peraturan desa atau perdes tentang ekowisata di Kawasan Adat Ammatoa Kajang yang mengatur tentang pelaksanaan kegiatan ekowisata di kawasan ini,”ujarnya.

Baca Juga:  Anak Yatim di Lolisang, 9 Tahun Jalani Hidup Dengan Perut Buncit dan Anus Buatan

Sementara, Muh Ali Saleng, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak kampus UGM yang selalu mendukung dan terus memberikan pendampingan pengembangan pengelolaan ekowisata di Kawasan Adat Ammatoa Kajang.

“Pengembangan Ekowisata ini diharapkan dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat Desa TanahToa dan sekitarnya. Disamping itu kami juga mengucapkan selamat kepada Desa Tanah Toa yang masuk kedalam salah satu daftar dari sepuluh nominasi kategori Kampung Adat pada ajang Anugerah Pesona Indonesia  2021, semoga hal ini dapat meningkatkan minat para wisatawan ntuk dapat berkunjung di Kabupaten Bulukumba khususnya di Kawasan Adat Ammatoa Kajang”, tuturnya.

Baca Juga:  AIA Minta Tim Roemah Djoeang Tetap Jalin Komunikasi

Selain masuk kedalam nominasi Kampung Adat, kabupaten Bulukumba juga masuk kedalam kedalam salah satu daftar dari sepuluh nominasi kategori Promosi Pariwisata Digital melalui mobile apps dengan nama aplikasi “Bulukumba Tourism” yang dapat didownload melalui play store. Tersedia beberapa informasi tentang peta wisata, destinasi wisata, event tahunan dan beberapa informasi lainnya.

Turut Hadir Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, Andi Ayu Cahyani dan Kepala Seksi Hubungan Kelembagaan Kepariwisataan, Andi Aryono, yang selalu memberikan dukungan dan pendampingan guna peningkatan kualitas SDM pariwisata.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

PARIWISATA

Duta Wisata Bulukumba Dituntut Paham Soal Kearifan Lokal Daerah

PARIWISATA

Sambut Hari Pariwisata Sedunia, WTD Sukses Letakkan Replika Pinisi ke Dasar Laut Bira

PARIWISATA

Desa Kahayya Masuk dalam Deretan Desa Wisata Kemenparekraf Kategori Berkembang

PARIWISATA

Kuliner Dominasi Subsektor Ekonomi Kreatif di Bulukumba

PARIWISATA

Komunitas Pemerhati Pariwisata Tanjung Bira Sosialisasi dan Pembersihan Jalan

PARIWISATA

Dinas Pariwisata Bulukumba Terima Study Tour Pokdarwis dari Provinsi Sulawesi Barat

PARIWISATA

Dispar Bulukumba Peringkat Tiga Peduli Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

PARIWISATA

Expose Pariwisata, Dispar Bulukumba Tekankan Konsep Terpadu