Home / KABAR PARLEMEN

Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Disebut Kurang Matang, Dewan Soroti Realisasi Belanja Pemkab Bulukumba

BULUKUMBA, KUMANIKA.com–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba menyoroti realisasi belanja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba yang dianggap tak mampu merealisasikan belanja 100 persen setiap tahunnya.

Hal itu tentu berbuntut pada Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selalu tinggi.

Anggota DPRD Bulukumba Fraksi Bintang Keadilan, Andi Rantinah Amin mengingatkan, Pemkab perlu memperbaiki setiap perencanaan pembangunan yang dilakukan guna menekan Silpa yang setiap tahunnya mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga:  Bertamu ke Bulukumba, Sekrtariat DPRD Provinsi Sulsel Konsul Pengelolaan Program

Realisasi belanja kata dia, pada umumnya masih dibawah 50 persen. Itu dianggap akibat dari kurang matangnya perencanaan dan lambatnya dilaksanakan.

“Pada umumnya realisasi belanja hanya dibawah 50 persen. Salah satu penyebabnya adalah perencanaan yang kurang matang dan terlambat dilaksanakan. Harusnya ini menjadi perhatian,” katanya, Kamis (15/10/2020).

Atas dasar itu, Andi Rantinah menyarankan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) semestinya lebih awal melaksanakan kegiatan fisik dengan diiringi persiapan anggaran perencanaan untuk tahun berikutnya dalam APBD Perubahan.

Baca Juga:  Bulukumba Miliki 7 Prioritas Pembangunan di Rancangan KUA-PPAS 2021

“Untuk mengatasi masalah itu, setiap harusnya OPD bisa melaksanakan kegiatan fisik lebih awal. Maka, seharusnya menyiapkan anggaran perencanaan untuk tahun berikutnya dalam APBD Perubahan,” imbuhnya.

Meski demikian, legislator PKS ini mengakui jika sejumlah OPD telah menganggarkan perencanaan sehingga kedepannya diharapkan seluruh serapan dan belanja bisa terealisasikan sesuai target dan perencanaan.

“Beberapa OPD telah menganggarkan perencanaan sekaligus diharapkan ini akan menjadi perhatian sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berjalan sesuai yang direncanakan,” kunci Andi Rantinah.

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Ketua DPRD Bulukumba Target Rampungkan Pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban 2019 Minggu Malam

KABAR PARLEMEN

Fraksi PAN Merupakan Mitra Kritis dan Kontruktif Buat Pemerintah

KABAR PARLEMEN

Pemkab Disarankan Rampingkan OPD Untuk Menghemat Anggaran

KABAR PARLEMEN

Legislator PPP Ini Maknai Hari Lahir Pancasila Sebagai Momentum Merefleksi Idiologi Bangsa

KABAR PARLEMEN

Zonasi Wilayah Pesisir, AZP: Pembangunan Lancar Mengabaikan Bencana

KABAR PARLEMEN

DPRD Bulukumba Rumuskan Pilkades Sistem e-Voting

KABAR PARLEMEN

Komisi A DPRD Bulukumba Minta Sisa Anggaran OPD Dikembalikan ke Kas Daerah

KABAR PARLEMEN

Ketua DPRD Sambut Kunker Kapolda di Bulukumba