Home / POLITIK

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 19:23 WIB

Disaat Rumpun Sarajae Saling Bantah ke TSY-AM, Tokoh Rilau Ale & Bulukumpa Bersatu ke Andi Utta-Edy Manaf

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Dua pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bulukumba pada Pilkada 2020 ini, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau (TSY-AM) dan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf saat ini sedang ramai-ramainya jadi pembahasan publik.

Dua pasangan kandidat ini, sepekan terakhir menjadi pusat perhatian di Pilkada karena aktifnya melakukan sosialisasi dengan ratusan bahkan ada yang sampai ribuan warga setiap harinya.

Selain dukungan warga, dukungan para pamong serta tokoh masyarakat juga diraih kedua kandidat ini. Yang menarik dan masih menjadi perdebatan hangat, soal saling bantahnya keluarga besar Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali di Sarajae yang merupakan rumpun pahlawan Nasional Bulukumba, Andi Sulthan Dg Radja soal dukungan di Pilkada yang dialamatkan ke TSY-AM.

Dari rentetan, Putra Bupati Bulukumba, Andi Anwar Purnomo alias Andi Aan menegaskan Sarajae yang selama ini menjadi ‘kiblat’ kepemimpinan Bulukumba, akan menjadi garda terdepan dalam mengawal kemenangan pasangan TSY-AM di Pilkada Bulukumba.

“Saya ingin menegaskan, kelurga besar Saorajae Ponre menjadi garda terdepan untuk mengawal Kacamatayya dan menjadi alarm pengingat bagi beliau berdua kelak dalam menjalankan pemerintahan melanjutkan pemerintahan Andi Sukri Andi Sappewali,” Kata Andi Aan saat menyampaikan orasi dihadapan warga Gantarang beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Tak Usung Kader di Pilkada Bulukumba, Golkar Cenderung ke Dua Kandidat Ini

Namun, tak berselang lama pernyataan sikap Andi Aan yang juga legislator DPRD Fraksi PKB Provinsi itu dibantah, Andi Sofyan kerabatnya sendiri.

Urusan keluarga besar Sarajae, kata dia harus dipisahkan dengan kepentingan partai. Jangan dikaitkan dengan politik soal dukungan ke kandidat di Pilkada. Terlebih PKB sendiri merupakan partai pengusung pasangan bertagline Kacamatayya itu.

Andi Sofyan (kiri) bersama Bupati Bulukumba, A.M. Sukri Sappewali (tengah) dan Kades Bontonyeleng, Andi Mauragawali (kanan).

“Saya tegaskan sekali lagi tidak benar kalau rumpun Sarajae di Ponre mendukung Kacamatayya (TSY-AM). Jujur pak Bupati saja risih dengan pemberitaan dukungan ini,” Tegas Andi Pian sapaan akrab Andi Sofyan, Jumat (21/8/2020).

Disisi lain, pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf justru mendapat sokongan dukungan dari para tokoh masyarakat di kecamatan Bulukumpa dan Rilau Ale.

Seperti rumpun keluarga almahrum Andi Baso Paduppa yang mendeklarasikan dukungan pada pasangan dengan tagline Harapan Baru tersebut, di Harue Kelurahan Tanete kecamatan Bulukumpa, dihadiri ratusan orang, pada Jumat (21/8/2020) malam.

Baca Juga:  Ketua PSI Bulukumba Sebut Dukungannya Bukan Ke Andi Utta-Edy Manaf di Pilkada

Selain itu, dalam deklarasi tersebut juga dihadiri pamong Andi Syafruddin Amjar atau akrab disapa Andi Caccing.

Dalam sambuntanya, tokoh yang juga sempat terdaftar sebagai kandidat mewarnai Pilkada Bulukumba pada periode sebelumnya itu mengajak semua keluarga besarnya di Kecamatan Rilau Ale dan kecamatan Bulukumpa bersatu mendukung dan memenangkan pasangan Harapan Baru pada Pilkada Bulukumba tahun ini.

” Saya mengajak semua keluarga baik yang ada di kecamatan Rilau Ale dan Bulukumpa untuk bersama-sama mendukung penuh pasangan Hatapan Baru agar bisa memenangkan pilkada di Bulukumba,” Ujarnya.

Tak sampai disitu, Karaeng Dadung yang merupakan ketua asosiasi petani cengkeh seluruh indonesia yang turut hadir dalam deklarasi dukungan keluarga mengatakan akan memberikan dukungan penuh kepada pasangan pasangan Andi Utta-Edy Manaf untuk memenangkan pemilukada Bulukumba.

CEO Agrodyke ini berjanji akan membantu di sektor pertanian dan perkebunan apabila nantinya masyarakat Bulukumba memberikan amanah kepada pasangan Harapan Baru.

“Saya siap memberikan bantuan disektor pertanian dan perkebunan untuk Andi Utta dan Andi Edy Manaf nantinya kalau terpilih jadi Bupati dan wakil Bupati,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

POLITIK

Musda Golkar Bulukumba Terancam Batal, Hingga Jabatan Hamza Pangki Dipertanyakan

POLITIK

Dewan Segera Panggil Dinas PMD dan Sejumlah Camat di Bulukumba

POLITIK

Aktivis 98 Ogah Minta Maaf ke Adik Nurdin Halid Soal Golkar

POLITIK

Pilkada Bulukumba, JMS Kembali Buka Peluang Rebut Golkar

POLITIK

Demokrat Serahkan Rekomedasi Pilkada di Barru dan Pangkep, Bulukumba Juga Klaim Dapat

POLITIK

Partai Demokrat Tegaskan Rekomendasi Untuk Pilkada Bulukumba Belum Keluar

POLITIK

Baliho Harapan Baru Dirusak di Gantarang, Jubir: Lawan Mulai Panik

POLITIK

Begini Cara Asik Anak Muda Bulukumba Dukung Askar-Pipink di Pilkada