Dinas Pariwisata Bulukumba Mulai Kembangkan Desa Wisata

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Keberadaan desa wisata dalam perjalanan pembangunan pariwisata di tanah air sudah sedemikian penting. Ia sudah mampu mewarnai variasi destinasi yang lebih dinamis dalam suatu kawasan pariwisata.

Di era yang semakin maju, semakin pula banyak cara dan strategi untuk mengangkat potensi wisata di suatu daerah. Masing-masing daerah memiliki kekhasan atau penonjolan karakteristik alam maupun sosio kultural dan aspek lainnya.

Pengembangan Desa Wisata kian gencar dilakukan sejumlah daerah di Indonesia. Seperti halnya Kabupaten Bulukumba yang saat ini tengah mengembangkan desa wisata.

“Untuk pengembangan desa wisata, kami fokus dulu ke pengembangan sumber daya manusia (SDM) masyarakat, dengan harapan jika SDM sudah siap maka potensi wisata baik itu potensi alam maupun potensi budaya lokal dapat dikembangkan dengan baik,” kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Dinas Pariwisata, Andi Ayu Cahyani, kepada Kumanika.com, Jumat (19/2/2021).

Baca Juga:  Masa Pandemi, Pengusaha Pariwisata Upayakan Tetap Bertahan

Ia melanjutkan, Pengembangan SDM dilakukan dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan, misalnya pelatihan tata kelola destinasi wisata, pelatihan homestay, pelatihan pengelolaan desa wisata, pemandu wisata, dan sebagainya.

Sejalan dengan itu, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dalam dan Luar Negeri, Irmayanti Asnawi. Ia mengatakan pengembangan akan sejalan dengan promosi desa wisata.

Baca Juga:  Bau Amal Ajak Masyarakat Mengawal Pemerintahan Andi Utta-Andi Edy

Perkembangan ini tentunya harus disikapi dengan baik, penataannya, pengelolaannya, dan serta merta memperhatikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar desa wisata.

“Kemudian kami dari dinas pariwisata akan mempromosikan melalui event yang akan kita lakukan di desa wisata tersebut,” terangnya.

Kabupaten Bulukumba kaya akan potensi alam yang indah, terbagi atas 10 wilayah kecamatan dan terdiri atas 24 kelurahan serta 109 desa.

“Semua punya alam yang indah dan unik yang bagus dikembangkan dan dipromosikan, juga mempunyai nilai yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi setempat, tutup Yanti.

Reporter: Devi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template