Dinas Pariwisata Bulukumba Kembali Gelar Pelatihan K3 Destinasi Wisata

Dinas Pariwisata Bulukumba Kembali Gelar Pelatihan K3 Destinasi Wisata

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Dalam rangka peningkatan Kapasitas Tata Kelola dan Kualitas Pelayanan Keselamatan, Keamanan, dan Kesehatan (K3) di destinasi wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba kembali menggelar pelatihan.

Kegiatan ini bertajuk “Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata”, yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Tanjung Bira, Bulukumba, Selasa (16/11/2021).

Kasi Hubungan Kelembagaan Kepariwisataan, Andi Aryono, mengatakan jika seiring dengan pembangunan sarana dan prasarana serta destinasi wisata, yang ada di Kabupaten Bulukumba, semua harus dibarengi dengan kualitas SDM yang memadai. Tujuannya agar potensi yang ada mampu dimanfaatkan dan dikelola semaksimal mungkin, dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya.

Baca Juga:  Atasi Stunting, Bulog Bulukumba Kenalkan Produk Beras Fortivit

Lebih lanjut, Aryono menyampaikan jika komposisi peserta ini terdiri dari petugas kebersihan yang ada di semua Kawasan wisata Kabupaten Bulukumba, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kelompok Penggerak Pariwisata, karyawan hotel, dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Bulukumba.

“Jadi materi yang disajikan itu adalah Pengelolaan Kebersihan, Kesehatan, dan Kelestarian Lingkungan di Destinasi Pariwisata pada masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Informasi lain juga ditambahkan oleh Kabid Pengembangan Sumber daya Pariwisata, Andi Ayu Cahyani. Menurutnya, kebersihan lingkungan di destinasi pariwisata harus sesuai standar dan ketentuan nasional juga internasional.

Baca Juga:  Pelatihan Digitalisasi Branding Pemasaran untuk Pengembangan Wisata di Bulukumba

Kegiatan ini, sambungnya, untuk pengembangan pengelolaan sanitasi ramah lingkungan serta pengelolaan sampah ramah lingkungan di destinasi pariwisata dan materi diskusi kelompok.

Selain itu, Andi Ayu juga mengatakan jika dalam kegiatan ini mereka juga melakukan evaluasi penyelenggaraan kebersihan lingkungan, sanitasi, dan pengelolaan sampah dengan pemateri dari Sekolah Yayasan Negeri Hijau, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba.

“Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari dengan pemberian materi, diskusi kelompok, dan praktek di lapangan,” pungkasnya.

Penulis: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template