Dinas Pariwisata Bersama Poltekpar Makassar Gelar Pelatihan Homestay di Desa Kahayya

DPRD Dorong Pemerintah Tingkatkan Sarana Pariwisata

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggelar Pelatihan Pengelolaan Homestay bagi masyarakat Desa Wisata Kahayya Kecamatan Kindang, Sabtu, (9/10/2021) di Aula Kantor Desa Kahayya

Kegiatan tersebut di laksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Manajemen Divisi Kamar Jurusan Hospitality bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur II Poltekpar Makassar Nur Salam, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba Muh. Ali Saleng, Ketua Prodi Manajemen Divisi Kamar Poltekpar Makassar Risman Jaya, Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Andi Ayu Cahyani.

Serta Abdul Rahman selaku Kepala Desa Kahayya, Kasi Hubungan Kelembagaan Kepariwisataan Andi Aryono, Dr. Ali Mohtasom, dan Halim Perdana Sulung sebagai narasumber serta puluhan masyarakat desa kahayya sebagai pelaku usaha homestay.

Baca Juga:  Tiga Dewan Pengawas RSUD Bulukumba Dikukuhkan

Kadispar Bulukumba, Muh Ali Saleng, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Poltekpar Makassar karena telah memilih Kabupaten Bulukumba khususnya Desa Wisata Kahayya sebagai tempat pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kapasitas SDM pariwisata.

Ali Saleng berharap masyarakat memanfaatkan moment ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya guna meningkatkan mutu pelayanan dalam dunia kepariwisataan.

“Pembangunan pariwisata tidak semata hanya pada pembangunan infrastuktur melainkan harus diiringi dengan peningkatan kualitas SDM pelaku pariwisata agar dapat memberikan pelayanan yang baik bagi para wisatawan”, ucapnya

Ditempat yang sama Wakil Direktur Poltekpar Makassar, Nur Salam, menyatakan rasa bangga akan antusias masyarakat Desa Wisata Kahayya dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini serta kreativitas mereka dalam menyajikan sajian kuliner bagi tamu homestay mereka.

Baca Juga:  Tudang Sipulung  Air Minum, Sanitasi dan Penyehatan Lingkungan Bappeda Bulukumba

“Semoga kegiatan seperti ini akan terus berlanjut baik dari prodi Manajemen Divisi Kamar maupun dari prodi lainnya yang ada di kampus Poltekpar Makassar”, harapnya

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi pelayanan prima serta bagaimana tehnik mengelola homestay agar wisatawan merasa nyaman dan betah berada di homestay.

Selain itu adapula pertunjukan Towel Art dari mahasiswa prodi Manajemen Divisi Kamar Jurusan Hospitality, mereka juga mengajari masyarakat bagaimana cara dan seni melipat handuk agar dapat menimbulkan kesan yang menarik bagi tamu.

Kegiatan ini diakhiri dan ditutup secara resmi oleh Kaprodi Manajemen Divisi Kamar bapak Risman Jaya.

Penulis: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template