Home / PENDIDIKAN

Kamis, 23 September 2021 - 10:33 WIB

Dies Natalis ke-XIII, Akbid Tahira Optimis Lahirkan Bidan Berkualitas dan Berakhlak

Foto bersama nomine Duta Aktabe dalam Dies Natali ke-XIII. Foto: Dokumentasi Istimewa

Foto bersama nomine Duta Aktabe dalam Dies Natali ke-XIII. Foto: Dokumentasi Istimewa

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Akademi Kebidanan Tahira Albaeti Bulukumba menggelar Dies Natalis ke-XIII. Acara dimulai sejak tanggal 20 hingga 23 September 2021, dengan rangkaian berbagai lomba demi memeriahkan kegiatan tahunan tersebut.

Malam puncak ditutup dengan pemilihan duta Aktabe periode 2021-2022, pada Rabu (22/9/2021). Gelaran berlangsung sangat meriah. Lembaga seni dan olahraga, dari berbagai Perguruan Tinggi di Bulukumba, turut andil dalam semarak pertambahan usia kampus yang dikenal dengan nama Aktabe itu.

Dalam sambutannya, Erniwati selaku Direktur Akbid Tahira Albaeti Bulukumba, meceritakan perjalanan kampus ungu yang terletak di Jalan Abdul Azis, Kelurahan Kasuara, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba yang sejak awal terbentuk hingga saat ini, Aktabe telah melahirkan 600 orang alumni.

Selain itu, Erni menjelaskan bahwa selain terus meningkatkan kapasitas dan kualitas mahasiswanya, Akbid Tahira juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Mereka melakukan pengabdian secara sukarela, terutama dalam berbagai bencana alam yang terjadi beberapa tahun belakangan.

Menurutnya, aktif dalam kegiatan sosial merupakan aktivitas yang mampu memantik rasa empati seluruh civitas akademik, serta mahasiswa Akbid, yang ikut terjun langsung ke lapangan.

Baca Juga:  Bahas Soal Ibu dan Anak, FORMAP-KIA Bulukumba Perkuat Kapasitas OMS

“Kegiatan sosial sengaja kami hadirkan untuk memberikan mahasiswa pengalaman. Agar mereka lebih siap menghadapi dunia kerja yang penuh tanggung jawab,” tuturnya.

Lewat serangakaian lomba yang mampu mengasah daya berpikir dan kreativitas para mahasiswa ini juga, sebagai tokoh dalam lingkup Akbid Tahira, Erniwati termotivasi untuk melahirkan tenaga bidan yang multitalent. Seluruh mahasiswa diberikan ruang dan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dalam diri mereka masing-masing.

“Tujuannya pasti agar mereka bisa tetap mengembangkan bakat mereka, di tengah tumpukan tugas kuliah. Agar kelak mereka bisa lebih percaya diri dan siap saat telah berada di dunia kerja,” Jelasnya tersenyum.

Lulusan Akbid Tahira angkatan ke tiga itu juga berharap, melalui kegiatan-kegiatan internal kampus ini, hubungan antar civitas akademik, mahasiswa, dan masyarakat luas semakin erat dan mampu saling berkolaborasi dalam berbagai kegiatan. Khususnya yang menyangkut kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga:  Peduli Pendidikan, Amure Berikan Bantuan Tunai Rp2 Milyar untuk Perpustakaan Daerah Bulukumba

“Mari kita eratkan jemari kita, mari kita kokohkan pundak kita, mari kita kuatkan langkah kita untuk membuat Aktabe lebih sukses ke depannya,” pesan Erni untuk seluruh yang berperan dalam membesarkan Akbid Tahira.

Pada malam puncak Dies Natalis ke-XIII Akbid Tahira ini, Erni memberikan kesempatan kepada salah satu mahasiswa untuk menjadi ikon utama dalam membantu kerja-kerja pada bidang kemahasiswaan. Yakni dengan menentukan duta Aktabe.

Duta Aktabe akan turut mengambil peran dan ikut serta menjalankan program-program kampus, khsusnya pada kegiatan sosialisasi. Selain itu, Ia juga diharapkan mampu menjadi pionir dan tokoh yang bisa menjadi contoh baik, serta layak untuk mahasiswa lain.

Dalam hal ini, Duta Aktabe Periode 2021-2022 terpilih adalah Yuliana Yeni. Ia berpesan, kepada seluruh teman-teman dan tamu yang hadir, untuk menjadi teladan bagi banyak orang.

“Kita harus memiliki etika yang baik dan berbudi luhur terhadap sesama,” singkatnya saat diberi kesempatan menyampaikan sepatah kata, sesaat setelah dinobatkan menjadi Duta Aktabe.

Penulis: Nia

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

KKLP Stimik BA Gelar Seminar Proker di Desa Bontomanai
Ponpes As'adiyah Baburahman Kirim Santri Belajar Kitab Kuning ke Polman

PENDIDIKAN

Ponpes As’adiyah Baburahman Kirim Santri Belajar Kitab Kuning ke Polman
Anggota Dewan hingga Wakil Bupati Bulukumba Ikut Perjuangkan Hak-hak Tuli

PENDIDIKAN

Anggota Dewan hingga Wakil Bupati Bulukumba Ikut Perjuangkan Hak-hak Tuli

PENDIDIKAN

Akbid Tahira Albaeti Bulukumba Mulai Laksanakan Pengenalan Kampus
Pengabdian Mahasiswa Akbid Tahira kepada Masyarakat Lewat Penyuluhan Kesehatan

PENDIDIKAN

Pengabdian Mahasiswa Akbid Tahira kepada Masyarakat Lewat Penyuluhan Kesehatan
Belajar Tatap Muka telah Diberlakukan, Dandim 1411 dan Kapolres Bulukumba Lakukan Pemantauan

PENDIDIKAN

Belajar Tatap Muka telah Diberlakukan, Dandim 1411 dan Kapolres Bulukumba Lakukan Pemantauan
UMB Gelar Masa Ta'aruf dan Keakraban Mahasiswa Baru Secara Tatap Muka

PENDIDIKAN

UMB Gelar Masa Ta’aruf dan Keakraban Mahasiswa Baru Secara Tatap Muka

PENDIDIKAN

Ditengah Pandemi Covid-19, Dewan Pendidikan Minta Restu Legalitas Bupati