Home / KABAR PARLEMEN

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 11:03 WIB

Dewan Sebut Sistem Perencanaan Dinas Perumahan dan Pemukiman Bulukumba Tidak Beres

Andi Zulkarnain Pangki

Andi Zulkarnain Pangki

BULUKUMBA, KUMANIKA.com — Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba menilai sistem perencanaan Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan tidak beres. Sejauh ini, didapati masih banyaknya utang yang belum terbayarkan, bahkan ada juga di tahun 2018.

Hal itu disampaikan oleh salah seorang anggota Komisi C, Andi Zulkarnain Pangki pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama mitra komisi beberapa waktu lalu.

“Waktu monitoring kami mendapati banyak kegiatan-kegiatan yang tidak selesai 100 persen. Ada yang selesai tapi tidak tepat sasaran ke masyarakat,” terang Zulkarnain Pangki ke Kumanika.com Sabtu, (22/8/2020).

Baca Juga:  Kampaye Terakhir, HM21 "Boom" Masyarakat Ujung Bulu Dengan Lagu Bulukumba Bangkit

Lanjut legislator yang akrab disapa Andi Nain tersebut, realisasi anggaran saat ini di Dinas tersebut baru rampung sekitar 70 persen, namun sisa anggaran tentunya harus tertuang di Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA).

“Nah sisa anggaran itu seharusnya dibayarkan utang-utang yang belum tuntas kemarin, bahkan utang yang ada di tahun 2018 itu,” tuturnya.

Menurutnya berapapun anggaran yang tersisa dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah (Pemda) Bulukumba harus tertuang ke SiLPA.

“Paling banyak menyangkut masalah pengeboran, OPD terkait mesti memprogramkan geolistrik. Intinya program pengeboran harus ada solusi, adanya geolistrik dan juga pelatihan-pelatihan geolistriknya,” pinta Andi Nain.

Baca Juga:  Dapat Nomor Urut 2, Askar-Pipink: Angka Keseimbangan, Angka Kedamaian

Geolistrik sendiri merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan dibawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah.

“Terkait sistem perencanaan, harus benar-benar terencana dengan baik sehingga penganggarannya bisa terukur. Jauh sebelumn OPD menjemput penyusunan Rencana Kerja (Renja),” jelasnya.

Sekadar diketahui Komisi C bermitra dengan Dinas Perhubungan, Kominfo, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPBD, Pengelolaan Sumber Daya Air, PUTR, dan Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan.

REPORTER: Sahi Alkhudri
EDITOR: Arnas Amdas

Share :

Baca Juga

KABAR PARLEMEN

Dinilai Serang Pribadi TSY, Yusman Wahab Buka-bukaan Soal Bang Joe di NasDem

KABAR PARLEMEN

Kahar Muslim: Pilkada Bulukumba Hanya Pertarungan Harapan Baru dan Asik

KABAR PARLEMEN

Penundaan Pembelajaran Tatap Muka di Bulukumba Dinilai Langkah Tepat

KABAR PARLEMEN

Partai Demokrat Tegaskan Rekomendasi Untuk Pilkada Bulukumba Belum Keluar

KABAR PARLEMEN

Dilaporkan Tak Netral di Pilkada, Bupati Bulukumba Bilang Begini

KABAR PARLEMEN

Mengaku Komitmen, Kader PAN Ini Ogah Dukung Usungan Partainya di Pilkada Bulukumba

KABAR PARLEMEN

Penjelasan KPU Bulukumba Soal Pengunduran Diri Sejumlah Legislator yang Maju di Pilkada

KABAR PARLEMEN

Kaji UU Omnibus Law, DPRD Bulukumba Akan Tempuh Yudisial Review