Home / PENDIDIKAN

Jumat, 12 Maret 2021 - 15:54 WIB

Dewan Pendidikan Diharapkan Jadi Media Kontrol Pemerintah Tanpa Berharap Bantuan

Hasbi Aswar

Hasbi Aswar

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Dewan Pendidikan Bulukumba diketahui sebagai organisasi masyarakat yang berkomitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan di daerah.

Beberapa waktu lalu Dewan Pendidikan melakukan audence dengan Bupati Bulukumba dan berharap mendapatkan support legalitas dan sekretariat.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari salah satu putra Bulukumba, Hasbi Aswar. Ia mengatakan jika kemunculan komunitas atau organisasi masyarakat sangat di perlukan untuk mengontrol pemerintah dalam isu-isu tertentu agar pelayanan pemerintah terhadap masyarakat lebih maksimal.

“Tapi baiknya, organisasi masyarakat itu  independen secara finansial dari pemerintah, biar tidak ada konflik kepentingan didalamnya kemudian hari,” katanya.

Hasbi yang juga Dosen Universitas Islam Indonesia (UII)  Yogjakarta ini mengatakan jika boleh saja lembaga pendidikan yang berbasis organisasi kemasyrakatan ini mendapat support dari pemerintah tapi tetap independent.

Baca Juga:  Polisi Selidiki Pembuang Bayi, Pelaku Terancam Pidana Lima Tahun

“Tidak apa-apa yang penting bisa menjaga kemandirian sikap. Jangan seperti banyak ornop lain yang bikin orang untuk memeras pemerintah,” katanya melalui pesan whatsapp.

Dosen Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII ini menambahkan bahwa dimasa pandemi saat ini beban pendidikan menjadi lebih berat salah satunya terhadap para murid di sekolah.

“Belajar daring membuat beban pendidikan bagi para murid dan orang tuanya menjadi bertambah. mereka harus menyediakan smartphone atau laptop dan internet. ini berdampak khususnya bagi para keluarga miskin,” terangnya.

Baca Juga:  Kapolres Bulukumba Pimpin Gerakan Hening Cipta Indonesia untuk Pejuang Covid-19 di Bundaran Finisi

Hasbi juga menyampaikan jika berdirinya dewan pendidikan di Kabupaten Bulukumba ini bisa menyorot kebutuhan mendesak belajar di masa pandemi ini.

“Dewan pendidikan harus mengupayakan dan mendorong pemerintah untuk memastikan kebutuhan dasar peserta didik dan bantuan pemerintah terhadap mereka dalam hal infrastruktur belajar online bisa terpenuhi dengan maksimal,” ujarnya.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia sudah pernah menyampaikan bahwa salah satu problem pendidikan di masa pandemi ini membuat naiknya angka putus sekolah di kalangan masyarakat kurang mampu.

“Di Bulukumba, potensi ini juga sangat mungkin terjadi atau mungkin sudah terjadi,” tutupnya.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

Disdik Makassar Perpanjang Sistem Belajar di Rumah

PENDIDIKAN

Disdikbud Bulukumba Penuhi 80 Persen Syarat Belajar Tatap Muka

PENDIDIKAN

Seleksi PPPK Angin Segar Bagi Guru Honorer yang Bertahun-tahun Mengabdi?

PENDIDIKAN

Sekolah Tatap Muka di Bulukumba Ditunda Hingga Pertengahan Januari

PENDIDIKAN

Arti Penting Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini

PENDIDIKAN

Dilantik Bupati Bulukumba, Dewan Pendidikan Diharapkan Bisa Berkolaborasi dengan Pemerintah

PENDIDIKAN

Kekurangan Tenaga Pendidik, Pemerintah Bulukumba Akan Buka Seleksi PPPK

PENDIDIKAN

Ditengah Pandemi Covid-19, Dewan Pendidikan Minta Restu Legalitas Bupati