Home / NEWS

Senin, 22 Februari 2021 - 13:41 WIB

Debit Air Berkurang, 5 Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

ILUSTRASI

ILUSTRASI

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Setelah kelangkaan pupuk menerjang petani di sejumlah wilayah Kabupaten Bulukumba. Kini petani kembali dihadapkan dengan masalah air.

Kurangnya debit air yang mengairi irigasi pertanian mengakibatkan sawah petani mengalami kekeringan dan menjadi ancaman panen para petani.

Petani Dusun Baji Areng, Desa Bukti Harapan, Kecamatan Gantarang misalnya. Kondisi irigasi yang tidak mendukung mengakibatkan air tidak mengalir normal menuju lahan pertanian.

Petani di Dusun Baji Areng, Deni, mengatakan bahwa sekira 5 hektare lahan persawahan warga di Dusun Baji Areng terancam gagal panen. Kondisi lahan persawahannya kini telah mengalami kekeringan sehingga membuat padi tidak tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Kembangkan Kopi Liberika, Bantaeng Siap Jajaki Pasar Internasional

“Air yang mengalir di irigasi tidak banyak, ditambah lagi kondisi irigasi yang belum ditembok. Akhirnya, air hanya meresap di irigasi dan tidak banyak yang sampai di sawah,” kata Deni, Senin, 22 Februari 2021.

Deni menerangkan jika warga di Dusun Baji Areng sudah bergiliran mengaliri sawahnya. Bahkan sebagian petani menginap di rumah sawah untuk mengawasi air tetap mengalir ke lahannya.

Baca Juga:  OPD Sulit 'Move On', Tim Delegasi Penyusunan RKPD Ragu "Dikerja Bukan Dicerita" Terwujud

“Kondisi ini sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Cuma dengan cara seperti ini jadi alternatif petani agar sawahnya mendapat air dari irigasi,” keluhnya.

Deni menambahkan, irigasi pertanian yang berhulu di Dusun Kaluku, Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang itu belum pernah sama sekali tersentuh bantuan pemerintah.

“Kami berharap agar ini bisa menjadi perhatian pemerintah agar petani di desa kami tidak harus diperhadapkan dengan situasi seperti ini setiap tahun. Petani di sini sangat membutuhkan perbaikan irigasi itu,” pungkasnya.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

NEWS

Setelah Dinas PUTR Sulsel, Rumah Agung Sucipto Digeledah KPK

DAERAH

Bupati Ajak Pemuda Bantaeng Temu Kenali Persoalan di Masyarakat

DAERAH

Penularan Corona Makin Mengkhawatirkan, 2 Pasien Positif Bulukumba Dikabarkan Meninggal

DAERAH

Rp100 Juta Anggaran Broadwalk Titik Nol Tenggelam Disapu Ombak

NEWS

Legislator Maros Study Banding di DPRD Bulukumba

NEWS

Anggarkan Program Panrita Siaga Aktif, Pemdes Bonto Baji Kolaborasi Dinkes Bulukumba

NEWS

Serap Aspirasi, AAP: Prioritaskan Bulukumba Setelah Bone

DAERAH

Pernah Kontak Dengan Arif Budiman, Ketua KPU Bulukumba Sarankan Anggotanya Isolasi Mandiri
error: Content is protected !!