Home / NEWS

Senin, 22 Februari 2021 - 13:41 WIB

Debit Air Berkurang, 5 Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

ILUSTRASI

ILUSTRASI

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Setelah kelangkaan pupuk menerjang petani di sejumlah wilayah Kabupaten Bulukumba. Kini petani kembali dihadapkan dengan masalah air.

Kurangnya debit air yang mengairi irigasi pertanian mengakibatkan sawah petani mengalami kekeringan dan menjadi ancaman panen para petani.

Petani Dusun Baji Areng, Desa Bukti Harapan, Kecamatan Gantarang misalnya. Kondisi irigasi yang tidak mendukung mengakibatkan air tidak mengalir normal menuju lahan pertanian.

Petani di Dusun Baji Areng, Deni, mengatakan bahwa sekira 5 hektare lahan persawahan warga di Dusun Baji Areng terancam gagal panen. Kondisi lahan persawahannya kini telah mengalami kekeringan sehingga membuat padi tidak tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Beri Ucapan Selamat, Plt Direktur RSUD Bulukumba Minta Dewas Jaga Sinergitas

“Air yang mengalir di irigasi tidak banyak, ditambah lagi kondisi irigasi yang belum ditembok. Akhirnya, air hanya meresap di irigasi dan tidak banyak yang sampai di sawah,” kata Deni, Senin, 22 Februari 2021.

Deni menerangkan jika warga di Dusun Baji Areng sudah bergiliran mengaliri sawahnya. Bahkan sebagian petani menginap di rumah sawah untuk mengawasi air tetap mengalir ke lahannya.

Baca Juga:  Kanit Regident Polres Bulukumba: Saya Siap di Kritik

“Kondisi ini sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Cuma dengan cara seperti ini jadi alternatif petani agar sawahnya mendapat air dari irigasi,” keluhnya.

Deni menambahkan, irigasi pertanian yang berhulu di Dusun Kaluku, Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang itu belum pernah sama sekali tersentuh bantuan pemerintah.

“Kami berharap agar ini bisa menjadi perhatian pemerintah agar petani di desa kami tidak harus diperhadapkan dengan situasi seperti ini setiap tahun. Petani di sini sangat membutuhkan perbaikan irigasi itu,” pungkasnya.

Reporter: NDA

Share :

Baca Juga

NEWS

Didesak Tuntaskan Kasus Korupsi, Kejari Bulukumba Akui Semuanya Sedang Diproses Hukum

DAERAH

Update Kasus Corona Bantaeng: 11 Nakes Terkonfirmasi Positif Covid-19

NEWS

Pasar Rakyat Bontonyeleng dan Salassae Segera Difungsikan

HEADLINE

Polisi Dalami Dugaan Penyalagunaan Anggaran Makan Minum RSUD Sulthan Dg Radja

NEWS

Akun Facebook Milik Dirfan Susanto Dirfan Memancing Reaksi Aktivis Bulukumba

NEWS

Menko Muhadjir Effendy ke Bulukumba, Minta Pemerintah Daerah Pemberdayaan Petani Rumput Laut

NEWS

Posko Balangpesoang Bulukumpa Catat 22 Pemudik Diminta Putar Balik

DAERAH

Catat! Ini Tahapan Pilkada Bulukumba 2020, Pendaftaran Paslon Dibuka 28 Agustus