Home / LAINNYA

Rabu, 24 Februari 2021 - 13:48 WIB

Cuti Bersama Tahun 2021 Dipangkas, Dari 7 Hari Jadi 2 Hari

ILUSTRASI

ILUSTRASI

KUMANIKA.com– Pemerintah Indonesia resmi melakukan pemotongan masa cuti bersama tahun 2021 dari tujuh hari menjadi dua hari.

Pemangkasan itu diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan Surat keputusan Bersama (SKB) Cuti Bersama tahun 2021.

Rapat koordinasi terkait pemotongan masa cuti bersama itu dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Senin (22/2/2021) lalu.

“Setelah dilakukan peninjauan SKB kembali, maka cuti bersama dikurangi dari tujuh hari menjadi dua hari saja,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Pemangkasan cuti tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021.

Baca Juga:  Pantau Posko Covid-19, Dandim 1411 Bulukumba Minta Personilnya Jaga Masyarakat Dari Penularan

Adapun, SKB tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021.

“Agar memudahkan Polri dalam mengelola pergerakan masyarakat. Jangan sampai terjadi penumpukan pada satu hari, dan justru akan berbahaya,” sambung Menko PMK Muhadjir Effendy.

Terkait pengurangan libur cuti, Muhadjir menuturkan bahwa hal tersebut di karenakan kurva peningkatan Covid-19 belum landai, meski berbagai upaya telah dilakukan untuk menurunkannya.

“Sehabis libur panjang, ada kecenderungan kasus Covid-19 mengalami peningkatan. Mobilitas masyarakat cenderung naik. Sementara itu program vaksinasi sedang berjalan,” ujarnya.

Menurut dia, hal tersebut membuat pemerintah meninjau ulang cuti bersama yang dapat mendorong terjadinya arus pergerakan orang. Mobilitas masyarakat yang padat sangat memengaruhi peningkatan kasus Covid-19.

Baca Juga:  DPRD Umumkan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Lewat Paripurna

Untuk diketahui, penandatanganan SKB dilakukan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri Agama yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali. Penandatanganan turut disaksikan oleh Menko PMK, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Berikut rincian pemangkasan cuti bersama 2021 berdasarkan paparan Muhadjir:

Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada 12 Maret
Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 17-19 Mei
Hari Raya Natal 27 Desember

Sementara itu, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 12 Mei dan Hari Raya Natal pada 24 Desember tetap ada.

(Int)

Share :

Baca Juga

LAINNYA

OPINI: Konspirasi Rp26 Miliar ???

LAINNYA

Noken, Tas Tradisional Papua yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

LAINNYA

87 Warga Polewali Bulukumba Terima BLT Senilai Rp52,2 Juta

LAINNYA

Jadi Incaran Klub Liga 1, Pluim Absen di Piala Menpora 2021

KABAR PARLEMEN

DPRD Umumkan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Lewat Paripurna

LAINNYA

OPINI: Inkonsistensi dan Keteledoran Bupati Bulukumba pada Pandemi Covid-19

LAINNYA

Aplikasi Gojek Resmi Hadir di Bulukumba

LAINNYA

Konser Genjer-Genjer
error: Content is protected !!