Cegah Penyebaran Covid-19, Wisata Bulukumba Ditutup Selama Tiga Hari

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Sebagai upaya pengendalian penularan Covid-19 yang semakin merebak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba mengeluarkan surat edaran terkait penutupan sementara objek wisata diseluruh wilayah di Kabupaten Bulukumba.

Surat Edaran penutupan dengan nomor 198-6/1223/Dispar tersebut ditujukan kepada para pelaku usaha pariwisata. Beberapa point penekanan dalam surat edaran adalah menutup seluruh objek wisata dalam wilayah Kabupaten Bulukumba.

Baik yang dikelola oleh Pemerintah maupun pihak lainnya selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 9 sampai dengan 11Juli 2021. Sementara untuk kawasan objek wisata Titik Nol Tanjung Bira ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, mengemukakan bahwa penutupan sementara obyek wisata di Bulukumba adalah pilihan berat. Akan tetapi demi melindungi masyarakat Bulukumba dari paparan wabah Covid-19 yang terus meningkat terpaksa pemerintah daerah mengambil sikap seperti itu.

“Kita tidak ingin melihat kesulitan yang dihadapi warga karena terpapar Covid seperti yang dialami oleh saudara kita di Pulau Jawa dan Bali,” ungkapnya.

Baca Juga:  Insentif Imam Masjid Jabal Nur Belum di Bayarkan, Pengurus: Pemdes Jangan Tebang Pilih¬†

Muchtar Ali Yusuf berharap agar dengan kebijakan tersebut semakin menyadarkan seluruh pihak sadar akan pentingnya melindungi diri sendiri, keluarga, dan seluruh yang ada.

“Semoga kebijakan ini, tambahnya semakin menyadarkan kita untuk aktif melindungi diri, keluarga dan saudara kita yang lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi Utta mengutarakan, jika masyarakat disiplin menerapkan prokes diyakini mampu mengatasi masalah Covid-19 secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh pihak.

“Kembali saya tegaskan, apapun langkah yang dilakukan oleh pemerintah saat ini dalam menangani Covid tidak akan berarti jika tidak ada dukungan penuh dari masyarakat,” pintanya.

Untuk itu, Andi Utta yang baru menjabat beberapa bulan ini mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Untuk diketahui update terakhir jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bulukumba sebanyak 1191, kasus aktif 102 orang, sembuh 1054 dan meninggal 35 orang.

Baca Juga:  Kekurangan Stok Darah, Plt Direktur RSSDR Bulukumba Ajak Masyarakat Saling Membantu

Berikut point lengkap Surat Edaran Bupati Penutupan Sementara Obyek Wisata:

1. Menutup seluruh objek wisata dalam wilayah Kabupaten Bulukumba, baik yang dikelola oleh Pemerintah maupun pihak lainnya selama 3 (tiga) hari
terhitung mulai tanggal 9 s/d 11Juli 2021, sedangkan kawasan objek wisata Titik Nol Tanjung Bira ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
2. Selama masa penutupan berlangsung, maka setiap pelaku usaha pariwisata wajib melakukan pembenahan dan melengkapi kembali fasilitas/sarana
pendukung pelaksanaan protokol kesehatan pada tempat usaha masing- masing.
3. Melakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan pada fasilitas usaha yang dikelola yang sering disentuh oleh pengunjung/publik.
4. Menyiapkan/memasang informasi terkait penerapan protokol Covid-19 dalam
bentuk papan bicara atau spanduk dan sejenisnya di tempat usaha
masing-masing

Reporter: Ayezzah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template