Home / NEWS

Senin, 31 Mei 2021 - 19:19 WIB

Carut Marut Penyaluran BPNT, Dinsos Dituding Lakukan Konspirasi

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Realisasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Bulukumba pada awal tahun 2021 diwarnai berbagai persoalan.

Hal itu sontak mengundang berbagai protes termasuk dari Pemuda dan Mahasiswa Bulukumba yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba, Senin (31/5/2021).

Yurdinawan selaku Jendral Lapangan dalam orasinya menuding adanya  dua oknum wartawan media massa lokal di Bulukumba yang menerima fee pada program BPNT Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Bulukumba.

Ia juga menyebut adanya konspirasi antara pihak Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba dalam program tersebut.

Baca Juga:  Nelayan yang Terombang-ambing di Perairan Bira Ditemukan Selamat

“Saya perjelas jika ada dua oknum wartawan media lokal ini yang menjadi suplier komuditas pangan untuk bantuan BPNT,” ucap Yurdinawan dalam orasinya.

Nawan akrabnya juga menuding jika perekrutan TKSK pun dianggap bermasalah dan terjadi sejak Koordinator BPNT Kabupaten Bulukumba sebelumnya.

“Kami minta pak kadis Sosial untuk segera melakukan pengecekan langsung dan segera melakukan evaluasi terhadap koordinator TKSK”, terangnya.

Ia juga mengatakan jika beberapa agen juga mendapat ancaman dari TKSK dimana jika ada agen yang berteriak maka mereka akan digantikan.

Baca Juga:  OPD Sulit 'Move On', Tim Delegasi Penyusunan RKPD Ragu "Dikerja Bukan Dicerita" Terwujud

Lebih lanjut Nawan juga menuding Dinas Sosial Bulukumba tidak memahami petunjuk teknis (juknis) tentang TKSK, seperti yang tercantum dalam Permensos 28 tahun 2018 BAB III bagian kesatu pasal 9.

“Itu sudah jelas, batas usianya pendaftar TKSK hanya 25 tahun sampai dengan usia 35 tahun. Sementara batas usia di Kecamatan Herlang itu sudah tidak bersyarat menjadi TKSK, lalu mengapa Dinsos Bulukumba meloloskan itu ke kementrian Sosial,” tuturnya.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Kabar Baik Lagi, Dua Pasien Positif 005 dan 006 Asal Bulukumba Dinyatakan Sembuh

NEWS

Bio Farma Segera Produksi 43 Juta Dosis Vaksin Covid-19

NEWS

Berikut Sebaran 700 Kasus Baru Positif Corona Indonesia, 31 Mei

NEWS

Sekda Bantaeng Lantik 8 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas

NEWS

Diskominfo Bulukumba Ditahun 2020 Mampu Raup Rp359 Juta dari Menara Telekomunikasi

NEWS

Ilham Azikin Instruksikan Daging Kurban Diantar ke Rumah Warga

NEWS

Peka Bencana Sulbar, Pemkab Bulukumba Turut Galang Dana Bantuan

NEWS

Basarnas Temukan Mayat Perempuan Tertimbun Longsor di Jeneponto