Carut Marut Penyaluran BPNT, Dinsos Dituding Lakukan Konspirasi

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Realisasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Bulukumba pada awal tahun 2021 diwarnai berbagai persoalan.

Hal itu sontak mengundang berbagai protes termasuk dari Pemuda dan Mahasiswa Bulukumba yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba, Senin (31/5/2021).

Yurdinawan selaku Jendral Lapangan dalam orasinya menuding adanya  dua oknum wartawan media massa lokal di Bulukumba yang menerima fee pada program BPNT Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Bulukumba.

Ia juga menyebut adanya konspirasi antara pihak Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba dalam program tersebut.

Baca Juga:  Pimpinan Pompes Investasi Sapi Potong, Omsetnya Tembus Rp1 Miliar per Tahun

“Saya perjelas jika ada dua oknum wartawan media lokal ini yang menjadi suplier komuditas pangan untuk bantuan BPNT,” ucap Yurdinawan dalam orasinya.

Nawan akrabnya juga menuding jika perekrutan TKSK pun dianggap bermasalah dan terjadi sejak Koordinator BPNT Kabupaten Bulukumba sebelumnya.

“Kami minta pak kadis Sosial untuk segera melakukan pengecekan langsung dan segera melakukan evaluasi terhadap koordinator TKSK”, terangnya.

Ia juga mengatakan jika beberapa agen juga mendapat ancaman dari TKSK dimana jika ada agen yang berteriak maka mereka akan digantikan.

Baca Juga:  Gelar Vaksinasi Massal, DPC Gerindra Target Vaksin 500 Kader di Bulukumba

Lebih lanjut Nawan juga menuding Dinas Sosial Bulukumba tidak memahami petunjuk teknis (juknis) tentang TKSK, seperti yang tercantum dalam Permensos 28 tahun 2018 BAB III bagian kesatu pasal 9.

“Itu sudah jelas, batas usianya pendaftar TKSK hanya 25 tahun sampai dengan usia 35 tahun. Sementara batas usia di Kecamatan Herlang itu sudah tidak bersyarat menjadi TKSK, lalu mengapa Dinsos Bulukumba meloloskan itu ke kementrian Sosial,” tuturnya.

Reporter: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template