Home / DAERAH

Senin, 4 Januari 2021 - 22:08 WIB

Capai 145 Persen, Pariwisata di Tahun 2020 Sukses Lampaui Target PAD

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng

BULUKUMBA, KUMANIKA.com— Dinas Pariwisata Bulukumba menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mampu merealisasikan capain Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2020. Bahkan realisasi tersebut melampaui target.

Peran PAD sebagai sumber pendapatan mampu di maksimalkan pemerintah dari sektor pariwisata. Hal itu mampunya Dinas Pariwisata Bulukumba meraih target PAD sebesar 145 persen dari target 100 persen yang dicanangkan Pemkab Bulukumba di sektor pariwisata.

“Capaian PAD untuk tahun 2020 kita over target, capaian kita berkisar 145 persen dari target PAD yang ditetapkan di APBD. Itupun kita tidak akumulasi dipertanggal 31 Desember,” terang Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng, Senin, 4 Januari 2021.

Baca Juga:  Dispar Bulukumba Pastikan Pantai Bira Tetap Buka di Tahun Baru dan Natal

November lalu kata dia, berdasarkan data yang diterima dari para pelaku usaha penginapan atau hotel di tempat destinasi banyak yang telah melakukan pemesanan.

“Sayangnya, satu minggu terakhir banyak yang cancel dan reschedule akibat meningkatnya angka penderita Covid-19. Pada momen kali ini pun kami tidak mengadakan event akhir tahun seperti di tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

Sementara terkait target PAD untuk tahun 2021 yang telah ditetapkan di APBD Kabupaten Bulukumba, yakni sebesar Rp 5,5 miliar.

Baca Juga:  Kabar Baik! Pasien Covid-19 008 dan 010 Bulukumba Sembuh, Tersisa 3 yang Dirawat

“Kami pun sudah melakukan perbaikan, Karcis elektrik atau non tunai dan dimulai pertanggal 1 Januari 2021 pengunjung diasuransikan tapi tarifnya tidak naik, biayanya tetap sama,” lanjutnya.

Meski begitu, Ali Saleng mengaku akan selalu terbuka kepada siapapun yang ingin memberikan masukan dalam pengelolaan pariwisata yang lebih maksimal.

Ditengah Pandemi, objek wisata terang dia, dibuka dengan berbagai persyaratan khusus. Penerapan 3 M dengan bantuan berbagai pihak, Satpol PP, Aparat Kepolisian, TNI, Dinkes dan pemerintah setempat agar senantiasa menghimbau penerapan protokol kesehatan selama berada dalam kawasan.

REPORTER: NDA

Share :

Baca Juga

DAERAH

Menaker Sebut Bantaeng Sudah Siap Masuk ke Industri 4.0

DAERAH

Hasil Swab Bupati Bulukumba Negatif Covid-19

DAERAH

Catut Nama Nasabahnya, Polisi Proses Bank Mandiri Bulukumba

DAERAH

Kembali Kepung DPRD Bulukumba, Massa Desak Dewan Kompak Tolak UU Cipta Kerja

DAERAH

Ilham Azikin Apresiasi Inovasi Dusun di Kassiloe Jaga Kampung

DAERAH

Temuan Pansus DPRD: Rp600 Juta Anggaran BOK Dinkes Bulukumba Belum Tersalurkan

DAERAH

Dua Dusun di Bantaeng Akhirnya Teraliri Listrik Dikepemimpinan Ilham Azikin

DAERAH

TSY Ancang-Ancang Tinggalkan NasDem: Komunikasi Kesana Memungkinkan