Polres Bulukumba Amankan 1 Kilogram Narkoba Jenis Sabu

Polres Bulukumba Amankan 1 Kilogram Narkoba Jenis Sabu

Bulukumba, Kumanika.com-- Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Bulukumba diduga berhasil mengamankan Narkoba jenis sabu seberat 1 kilogram. Penangkapan yang dilakukan Rabu,...
Read More
Tergiur Uang, Dua Remaja Habisi Nyawa Seorang Anak Untuk Jual Organ

Tergiur Uang, Dua Remaja Habisi Nyawa Seorang Anak Untuk Jual Organ

Makassar, Kumanika.com-- Tergiur dengan uang banyak. Dua anak dibawa umur gelap mata dengan melakukan aksi pembunuhan demi mendapatkan uang yang...
Read More
Kalah 2-0 dari Vietnam, Indonesia Gagal Melaju ke Final Piala AFF 2022

Kalah 2-0 dari Vietnam, Indonesia Gagal Melaju ke Final Piala AFF 2022

Jakarta, Kumanika.com-- Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia harus mengubur mimpi untuk melaju ke babak Finas Piala AFF 2022 setelah menelan...
Read More
Sambut Putaran Kedua Liga 1, Tujuh Pemain Masuk Radar PSM

Sambut Putaran Kedua Liga 1, Tujuh Pemain Masuk Radar PSM

Makassar, Kumanika.com-- Klub Liga 1 sudah mulai memanaskan bursa transfer, salah satunya yang paling ditunggu gebrakan PSM Makassar. PSM Makassar...
Read More
Wajah Bulukumba 2022: Bertabur Penghargaan, Genjot Pembangunan Fisik

Wajah Bulukumba 2022: Bertabur Penghargaan, Genjot Pembangunan Fisik

Bulukumba, Kumanika.com-- Defisit bicara surplus kinerja, itulah wajah pemerintahan bertagline Harapan Baru Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy...
Read More
Sepanjang 2022, Disperindag-Dinkes OPD Dengan Kinerja Rendah

Sepanjang 2022, Disperindag-Dinkes OPD Dengan Kinerja Rendah

Bulukumba, Kumanika.com-- Apel Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di halaman Kantor Bupati menjadi kegiatan pertama lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba...
Read More
Pasar Sentral Makassar Terbakar, Ratusan Kios Dilahap Api

Pasar Sentral Makassar Terbakar, Ratusan Kios Dilahap Api

Makassar, Kumanika.com-- Kebakaran melanda Pasar Sentral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebakaran tepatnya terjadi di sisi depan pasar di barisan...
Read More
Jelang Pergantian Tahun, Kawasan Tanjung Bira Berbenah

Jelang Pergantian Tahun, Kawasan Tanjung Bira Berbenah

Bulukumba, Kumanika.com-- Menyambut pergantian tahun 2022-2023 Kawasan Wisata Tanjung Bira makin dibenahi oleh pihak terkait. Upaya untuk memberi rasa aman...
Read More
Tahun 2023, Jalan Lingkar Tanah Lemo – Bara Mulai Dikerja

Tahun 2023, Jalan Lingkar Tanah Lemo – Bara Mulai Dikerja

Bulukumba, Kumanika.com - Salah satu misi dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang tercantum dalam RPJMD adalah pengembangan destinasi wisata. Tahun 2023...
Read More
Ditodong Senjata, Walikota Blitar Dipaksa Serahkan Uang dan Perhiasan

Ditodong Senjata, Walikota Blitar Dipaksa Serahkan Uang dan Perhiasan

Blitar, Kumanika.com-- Aksi perampokan terjadi di rumah dinas Wali Kota Blitar di Jalan Sodanco Supriyadi, Kota Blitar, Jawa Timur, Senin...
Read More
WISATA  

Campaga Masuk Lima Besar Desa Wisata Kategori CHSE Terbaik Nasional

Jakarta, Kumanika.com– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpraf) memberikan apresiasi terhadap Desa Wisata Campaga, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Minggu, 30 Oktober 2022. Desa wisata ini masuk dalam deretan lima besar desa wisata terbaik nasional kategori CHSE oleh Kemenparekraf.

Penghargaan itu diserahkan di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta. Menteri Parekraf, Sandiaga S Uno menyaksikan langsung penyerahan penghargaan tersebut.

Sekedar diketahui, CHSE adalah salah satu kategori dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Bantaeng mendapat penghargaan sebagai juara harapan I dengan kategori desa terbaik pada bidang CHSE.

Kepanjangan CHSE adalah Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan). Protokol CHSE adalah satu dari sekian ikhtiar Kemenparekraf guna mewujudkan pariwisata Indonesia yang siap dan sesuai dengan 4 aspek tersebut.

Menparekraf, Sandiaga Uno menuturkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf. Fokusnya sebagai penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia. Tema tahun ini adalah Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia. Hadir sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

Tujuan program ini agar menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa. Juga sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia. Terutama kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Baca Juga:  KPPN Bantaeng Salurkan Rp 51,43 Miliar untuk Pendidikan

“Semua UMKM dari 34 provinsi hadir. Tak lepas peran dari kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat lalu pokdarwis yang sangat menentukan. Makanya kami undang, menarik produk ekonomi kreatif ditampilkan dan jadi sebuah festival,” kata Sandiaga yang mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar saat berpidato itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng, Harmony mengatakan, Campaga masuk dalam 50 besar desa wisata dalam kategori ADWI 2022. Dia mengatakan, ada banyak potensi wisata yang ada di Campaga. Mulai dari air terjun, permandian Erbol hingga sajian kuliner dan wisata budaya.

“Campaga ini bangkit berkat peran banyak pihak, mulai dari kelompok sadar wisata, hingga masyarakat sekitar yang senantiasa menajaga dan melindungi kelestarian alam di Campaga,” jelas dia.

Harmony juga mengucapkan banyak terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu pengembangan Campaga hingga Campaga bisa berada dalam urutan 50 ADWI 2022. “Untuk semua pihak yang terlibat, saya mengucapkan terimakasih banyak,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Bantaeng terkhusus untuk masyarakat Campaga yang senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan di Campaga. Dia berharap, penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk daerah lain agar bisa menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Baca Juga:  BLK Bantaeng Apresiasi Perhatian Ilham Azikin untuk Peningkatan SDM

“Ini tentu akan menjadi motivasi bagi kita semua yang ada di Bantaeng,” jelas dia.

Dia juga berharap, penghargaan untuk Campaga ini juga bisa mendorong bangkitnya kembali industri wisata yang ada di Kabupaten Bantaeng. Dengan begitu, perputaran ekonomi di Campaga akan bangkit dan memberikan efek yang baik untuk warga di Bantaeng.

Malam anugerah ADWI 2022 juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan. Pagi hari sebelumnya, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin ikut dalam rombongan jogging pagi bersama Menparekraf, Sandiaga S Uno.

Selain itu, Bantaeng juga ikut pameran 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di halaman Gedung Sapta Pesona kantor Kemenparekraf/Baparekraf. Pameran ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara menuju malam puncak/penghargaan ADWI 2022.

“Pemeran menghadirkan berbagai produk wisata dan ekonomi kreatif dari 50 desa yang terpilih dalam 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022,” jelas Sandiaga saat meninjau pameran, Minggu (30/10/2022).

Sandiaga menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Kemenparekraf/Baparekraf untuk terus memperkenalkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif desa-desa wisata terbaik di Indonesia.

“Produk-produk ekonomi kreatif dari desa wisata ini yang menjadi salah satu unggulan untuk menarik minat kunjungan wisatawan, tidak hanya wisatawan nusantara tapi juga wisatawan mancanegara,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.