Home / INSPIRASI

Minggu, 4 April 2021 - 16:29 WIB

Camat Gantarang Pemilik Senyum Bersahaja yang Hobi Bersepeda

Camat Gantarang, Andi Uke Indah Permatasari

Camat Gantarang, Andi Uke Indah Permatasari

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Dewasa ini, perempuan yang mengemban amanat menjadi seorang pemimpin tidak lagi menjadi hal tabu. Banyak perempuan yang dengan karakternya mampu menghadirkan perubahan dalam proses kepemimpinannya.

Salah satunya Andi Uke Indah Permatasari. Perempuan pemilik senyum bersahaja itu, mengemban amanat sebagai Camat di Kecamatan Gantarang di Kabupaten Bulukumba.

Menjadi pemimpin dalam struktur organisasi pemerintahan bukan hal mudah menurutnya. Tubuh harus selalu sehat dan bugar dalam setiap keadaan.

Menjaga stamina tubuh menjadi hal penting baginya. Selain  pola istirahat, mengontrol emosi juga penting dilakukan, agar mood selalu good .

Andi Uke, bekennya kini punya hobi baru yakni bersepeda. Ia selalu meluangkan waktu berkeliling Bulukumba mengayuh roda duanya yang berwarna kuning itu.

Ditambah lagi, dengan karakternya yang loyal dan hoby blusukan, membuat Andi Uke lebih protektif terhadap kesehatan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga:  Gelar Mubes, Aryono Jadi Nahkoda Baru Genpi Bulukumba

“Saya lebih senang untuk terjun langsung ke masyarakat. Agar tidak ada sekat antara pemerintah dan masyarakat,” katanya sambil tersenyum.

Menjadi camat di Kabupaten Bulukumba bukanlah jabatan pertamanya di roda pemerintahan. Alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jawa Barat tahun 2008 itu, pernah mengemban jabatan penting sebagai Lurah Loka, Kecamatan Ujung Bulu.

Tidak sampai disitu saja, tahun 2014 ia diamanahkan menjadi Kasubid Administrasi pemerintahan desa di  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan membawahi 109 desa.

Tentu bukan pekerjaan yang mudah. Banyak tantangan yang harus dilalui. Apalagi semenjak menjabat sebagai camat yang mengurusi 18 desa dan tiga kelurahan.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini mengaku banyak menemui  permasalahan di masyarakat. Sehingga membuatnya iba. Ia ingin lebih dekat dengan masyarakat.

Baca Juga:  Guru di Bulukumba Ini Terapkan Sejumlah Metode Pembelajaran di Tengah Pandemi

Menurutnya, ada kepuasan tersendiri ketika langsung mendengar keluh dan keresahan masyarakat. Dia selalu membuka ruang-ruag diskusi, agar masyarakat tidak canggung dan selalu terbuka padanya.

“Saya ingin lebih fokus untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat. Ingin selalu membantu. Intinya saya ingin memberi manfaat bagi banyak orang. Itu yang penting,” Kata Uke Indah.

Ke depan jika diberi umur panjang dan masih diberi amanah kepada masyarakat. Ibu dua anak ini mengaku berniat ingin naik ke tingkat pemerintahan yang lebih tingi. Dia mengaku ingin bekerja bersama masyarakat.

“Kalau ada peluang, ya saya akan manfaatkan. Sepanjang saya bisa bermanfaat dan membantu untuk semua orang,” tuturnya sambil tertawa riang.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

INSPIRASI

Kumanika Sambangi Nenek Sattima yang Hidup Sebatang Kara

INSPIRASI

“Skripsi Tertunda. Jadikan Peluang Rintis Usaha”

INSPIRASI

Mengadopsi Semangat Kartini, Untuk Ekonomi Kreatif

INSPIRASI

Iswan Si Jago Berkebun Ini Butuh Smartphone untuk Belajar Daring

INSPIRASI

Guru di Bulukumba Ini Terapkan Sejumlah Metode Pembelajaran di Tengah Pandemi

INSPIRASI

Berkenalan Dengan Nadya Oktaviani, Jubir Cantik Kacamatayya di Pilkada Bulukumba

INSPIRASI

Yoesrifandi Sukses Rintis Usaha Sendiri, Buah dari Kerjakeras

INSPIRASI

Om Ucu, Wujud Pengabdian Sejati di Bulukumba