Home / NEWS

Jumat, 30 Juli 2021 - 11:37 WIB

Bupati Bantaeng Minta Perempuan Jadi Motor Penggerak Sektor Pembangunan

Kegiatan Mekanisme Operasional Lini Lapangan Kampung KB, tahun anggaran 2021 di Kecamatan Bissappu, Jum’at (30/7/2021). Foto: Dokumentasi Istimewa

Kegiatan Mekanisme Operasional Lini Lapangan Kampung KB, tahun anggaran 2021 di Kecamatan Bissappu, Jum’at (30/7/2021). Foto: Dokumentasi Istimewa

BANTAENG, KUMANIKA.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng baru saja menggelar kegiatan Mekanisme Operasional Lini Lapangan Kampung KB, tahun anggaran 2021 di Cabodo, Kelurahan Bonto Sunggu, Kecamatan Bissappu, Jum’at (30/7/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan langsung oleh Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana. Dalam laporan Kepala Bidang KB, Penyuluhan dan Penggerakan DPPKB Bantaeng, Sahruddin Dg. Ridho, menjelaskan jika mereka telah aktif melakukan kegiatan di Kampung KB sejak beberapa hari lalu.

Hingga sekarang, sebanyak 2.777 peserta se-Kabupaten Bantaeng telah diundang untuk berpartisipasi. Selain itu, sebanyak 40 orang yang terdiri dari kader-kader, Ketua RT dan RW, juga perwakilan dari tokoh wanita hari ini dihadirkan guna memberi pemahaman terkait program Bangga Kencana, yaitu pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana.

“Melalui berbagai macam pertemuan yang kami lakukan di Kampung KB, diseminasi terkait program Bangga Kencana dapat diketahui dan dapat disebarluaskan di tengah-tengah masyarakat, utamanya di Kampung KB. Di beberapa Kampung KB telah dilakukan intervensi berbagai macam program, dengan melibatkan beberapa OPD terkait di Kabupaten Bantaeng, dan manfaat dari Kampung KB telah dirasakan oleh masyarakat,” papar Sahruddin.

Baca Juga:  Pelayanan Puskesmas Salassae Ditutup, 12 Orang Positif Covid-19

Banyak program OPD, lanjut Sahruddin, bisa tersosialisasikan di Kampung KB. Diikuti pula dengan program dinas terkait.

Hal tersebut, masih menurut Sahruddin, karena Dinas PPKB tidak hanya berurusan dengan alat kontrasepsi. Ada pula program pembangunan keluarga, yang di dalamnya ada pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, juga persoalan kependudukan yang bermuara pada peningkatan SDM. Targetnya kemudian dianggap sejalan dengan visi misi Bupati Bantaeng.

  1. Ilham Azikin, Bupati Bantaeng, mengatakan bahwa pertemuan yang dilakukan ini mengharapkan perempuan, utamanya para ibu, agar mampu menjadi motor penggerak di semua sektor pembangunan.

“Tidak ada pembangunan yang bisa sukses dan lancar kalau tidak ada peran perempuan di dalamnya,” kata Ilham Azikin yang saat itu juga didampingi oleh Kepala Dinas PPKB, Abdi Sam.

Baca Juga:  Salurkan Bantuan Modal Usaha, Bupati Bantaeng: Harus Bisa Serap Tenaga Kerja

Ia melanjutkan, semua sektor pembangunan berdasarkan hasil evaluasi, akan sangat efektif kalau digerakkan oleh Kampung KB. Melihat, anggota utamanya adalah para perempuan.

“Kampung KB, insya Allah, akan senantiasa menjadi motor seluruh sektor pembangunan. Baik itu kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur yang ada di kelurahan dan kecamatan,” lanjut Ilham Azikin.

Tak sampai di situ, Bupati juga meminta kepada Dinas PPKB untuk menjadi motor yang senantiasa memberikan ruang aktivitas, utamanya kepada para ibu dan perempuan, dan menjembatani mereka kepada seluruh OPD terkait.

“Jaga kebersamaan dan kekompakan. Ibu-ibu dan perempuan harus senantiasa peduli dengan semua persoalan-persoalan yang ada di sekitarnya, untuk disampaikan dan dirumuskan bersama,” tutup Ilham Azikin.

Share :

Baca Juga

NEWS

Moeldoko Akui Kebiasaan Wudhu Bisa Cegah Penularan Corona

NEWS

Bupati Bantaeng Bersama Forkopimda Ikut Peringati Puncak HUT Sulsel ke-351 Tahun

NEWS

Brimob Polda Sulsel Siap Bantu Korban Bencana di Jeneponto-Bantaeng

NEWS

Lepas BKO Tanggap Darurat, Bupati Bantaeng: Sinergitas Harus Terus Terjaga

NEWS

Usai Acara Bakar-Bakar Ikan, Pemuda di Bulukumba Ditemukan Tewas Gantung Diri

NEWS

Disorot soal Realisasi Pembangunan, Bappeda Sebut Dipengaruhi Faktor Eksternal

NEWS

Respon Kasus 011, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba Sebut Sudah diberi Pelayanan SOP

NEWS

Pemkab Akan Siapkan Sarana Penunjang Pemulihan Ekonomi Bulukumba