Home / LAINNYA

Rabu, 21 April 2021 - 04:40 WIB

Bulan Ramadhan Berkah, Hijrah Finansial

Trimulato

Trimulato

Oleh: Trimulato
Dosen Jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar

Segenap rasa bahagia dan penuh kesyukuran, kita masih dipertemuakan dengan bulan penuh keberkahan dan makna, bulan suci ramadhan tahun 1442 hijriah. Di bulan yang penuh keberkahan ini harus kita maksimalkan dengan banyak membenahi diri dan meningkatkan kualitas ibadah agar kita dapat merasakan ketaqwaan yang lebih meningkat dalam diri.

Meskipun ramadhan tahun ini masih dalam keadaan pandemi covid-19, keharusan untuk tetap memaksimalkan ibadah, dan menjadikan bulan puasa ini untuk menguatkan doa agar wabah ini segera berlalu, dan negara ini bisa bangkit kembali.

Ketika Ramadhan tiba sederetan rencana-rencana yang syarat ibadah telah disusun dengan apik dan teratur, dengan harapan dapat maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan suci, dengan penuh semangat dan penuh keikhlasan beribadah untuk menjadi insan yang lebih baik.

Ibadah sholat yang ditingkatkan, puasa, serta tilawah al-qur’an yang diperbanyak di bulan Ramadhan, agar tidak menyiakan hadirnya bulan suci ini.

Dapat dilihat disekeliling kita ketika ramdhan tiba banyak perubahan yang terjadi, yang biasanya ketika malam hari orang tertidur lelap, namun di bulan ramadhan orang rela menahan rasa ngantuk demi dapat menikmati ibadah sahur bersama keluarga dan orang terdekat, yang setelahnya dapat melaksanakan sholat berjamaah.

Siang harinya berpuasa seharian menahan lapar dan dahaga serta menahan hawa nafsu, dan rasa marah, hal yang dapat membatalkan puasa. Kemudian di malam hari berbuka puasa dan melaksanakan ibadah sholat tarawih, kesemuanya telah diatur secara baik.

Bukan hanya itu, pemandangan lain, banyak orang yang menjadikan moment Ramadhan sebagai upaya untuk membenahi diri, dapat dilihat semakin banyak kaum hawa tampil anggun dengan balutan hijabnya, majelis pengajian menjadi lebih ramai disaat bulan Ramadhan, baik itu menjelang buka puasa atau di jam lainnya.

Baca Juga:  Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

Moment ramadhan menjadi special sebagai upaya untuk memperbaiki pola kehidupan untuk banyak beribadah kepada Allah SWT. Selain itu lebih lanjut moment bulan suci Ramadhan dapat dijadikan sebagai upaya untuk memperbaiki urusan ibadah muamalah, hubungan antara sesama manusia.

Tanpa terkecuali menjadikannya sebagai moment untuk mengatur dan menata keuangan kita. Ditengah ibadah yang maksimal, maka tidak ada salahnya juga sekaligus membenahi pola keuangan yang dimiliki, agar lebih berkah dan bermanfaat.

Keuangan yang tadinya konvensional, sudah mulai untuk mengenal dan mencari tau tentang produk keuangan syariah. Akses keuangan syariah yang semakin mudah dijangkau dapat menjadi alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan keuangan sehari-hari agar dapat lebih berkah.

Kehadiran lembaga-lembaga keuangan syariah yang semakin banyak dan semakin berkembang, hadir untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat luas. Produk keuangan syariah yang semakin mudah dijangkau dan tidak kalah maju dari sisi teknologi dengan produk keuangan konvensional, akan menjadikan keuangan syariah meningkatkan minat syariah.

Sudah saatnya untuk mengenal produk keuangan syariah, dan menggunakannya sebagai upaya untuk memperbaiki pola keuangan agar sesuai dengan tuntunan syariah Islam.

Keuangan syariah memiliki keuanggulan, mengarahkan keuangan agar dapat digunakan sesuai prinsip syariah, dan menghindarkan dari transaksi yang dilarang seperti Riba, Maysir, Gharar, dan hal lain yang diharamkan.

Hadirnya lembaga keuangan syariah seperti bank syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, dan lainnya sebagai upaya agar transaksi keuangan dapat menguntungkan dan bebas dari hal yang dilarang.

Baca Juga:  Kantor Dinsos Bulukumba Diserang Geng Motor Bersenjata

Pilihan transaksi keuangan, tidak terfokus pada keuntungan duniawi semata melainkan, upaya agar setiap transaksi dapat memberi keberkahan, dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Terkait dengan keuangan syariah bukan sekedar menjadi nasabah atau bertransaksi menggunakan bank syariah, tetapi lebih luas dari itu, sebagai upaya untuk mengatur keuangan, dan dapat berbagi kepada sesama. Produk keuangan syariah yang semakin bervariasi dan menawarkan banyak pilihan bagi masyarakat, dapat dimaksimalkan secara baik.

Produk keuangan syariah bukan hanya menawarkan produk yang bersifat komersil, melainkan juga ada produk yang bersifat sosial, sehingga lebih bermanfaat lebih besar bagi masyarakat. Kehadiran keuangan syariah dapat dijadikan sebagai wadah mulai mengatur keuangan agar menjadi lebih baik dan berkah.

Ibadah yang baik perlu diimbangi dengan pola keuangan yang baik pula, yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Bulan suci Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mengenal dan mempelajari serta mendalami keuangan syariah.

Di tengah semangat ibadah yang sedang tingginya, tidak ada salahnya diteruskan dengan pengaturan keuangan sesuai syariah agar lebih maksimal. Bulan ramadhan dapat dijadikan sebagai upaya untuk menjadikan diri lebih baik, tanpa terkecuali pola keuangan yang lebih baik dengan keuangan syariah.

Ramadhan sebagai upaya memaksimalkan ibadah, agar kita menjadi insan yang bertaqwa sebagaimana dalam surah Al-Baqarah ayat 183. Bulan suci ramadhan sebagai waktu untuk memaksimalkan ibadah, dan waktu untuk memilih keuangan syariah.

Share :

Baca Juga

LAINNYA

“Tevana House Reef, Bungalow Ramah Lingkungan di Pantai Bara”

DAERAH

Alhamdulillah, 138 Warga Tambangan Kajang Terima BLT

LAINNYA

Nenek Sattima, Sebatang Kara yang Dambakan Rumah Layak Huni di Sisa Hidupnya

DAERAH

Pemerintah Umumkan Lagi 3 Kasus Baru, Positif Covid-19 di Bulukumba Tembus 10 Orang

LAINNYA

Dapat Hidayah, Komunitas Kucang-kucang Bertransformasi Jadi Kucang-kucang Berhijrah

LAINNYA

Juku’ Tasa’ Olahan Khas Warga Kajang Bulukumba

DAERAH

Banjir di Kota Bulukumba, Sekitar Lapas Taccorong Terparah

LAINNYA

Pekerjaan Baru! PLN Minta Pelanggan Komplain jika Tagihan Melonjak
error: Content is protected !!