Home / NEWS

Rabu, 10 Maret 2021 - 14:20 WIB

BPUM Tahun 2020 Menyisahkan “Keluh” Bagi Penerima

ILUSTRASI

ILUSTRASI

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) bagi pelaku usaha mikro di tahun 2020 menyisahkan luka bagi para penerima.

Informasi yang didapatkan kumanika.com, penyaluran BPUM ditahun 2020 menerima bantuan tidak sesuai dengan besaran sesuai dengan ketentuan yang ada.

Salah satu penerima BPUM tahun 2020 berinisial FI mengaku hanya menerima sebesar Rp.1,2 juta dari Rp.2,4 juta sesuai dengan yang di sampaikan.

“Kami hanya menerima sekali sebesar  Rp1.2 juta, tidak sesuai dengan yang di janjikan sebelumnya,” terangnya.

Ia mengungkapkan jika informasi awal di dapatkan semua IK dan IKM yang terdaftar akan mendapat bantuan berupa uang tunai sejumlah Rp.600.000 per orang perbulan selama 4 bulan.

Baca Juga:  Sempat Bersengketa, Bupati Bulukumba Akhirnya Tunjuk Kepala Desa Caramming dan Balangtaroang

“Orang Disperindag hubungi saya agar di data untuk di usulkan ke dinas Koperasi dan UMKM,” ucapnya.

FI mengaku jika setelah memasukkan data empat orang. Dinas Koperasi hanya meloloskan tiga orang penerima yang masing-masing akan menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta.

“Seingat saya waktu itu ada batasan jumlah minimal dan maksimal 4-5 orang per IKM, berarti hitungannya adalah, Rp.600 dikali 3 orang dikali 4 bulan berarti Rp7,2 juta,” jelasnya.

“Tetapi realisai yang didapatkan dengan transfer rekening hanya sebesar Rp.1,2 juta dan hanya sekali tanpa hitungan apapun dan setelah itu tidak ada lagi,” sambungnya.

FI menambahkan jika dirinya konfirmasi yang didapatkan melalui pesan whatsapp ke pihak Disperindag terkait besaran penerimaan bantuan tersebut.

Baca Juga:  Azikin Solthan Bantu Pemulihan Pasca Banjir Bandang di Bantaeng

“Ini tidak sesuai dengan informasi awal, makanya saya tanya ibu yang di Disperindag, apakah masih ada tahap 2. Ibu itu mengarahkan agar hal itu ditanyakan langsung ke Dinas Koperasi dan memastikan jika penerimaan itu sebesar Rp2,4 juta bukan Rp1,2 juta,” bebernya.

Diketahui, untuk tahun 2021. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba akan kembali menyalurkan BPUM bagi pelaku usaha mikro.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Bulukumba, Taufik, menyampaikan bahwa bantuan produksi usaha mikro BPUM untuk tahun 2020 telah selesai.

“Untuk Tahun 2020 telah selesai, dan informasi dari kementrian, program BPUM ini akan berlanjut pada tahun 2021 dan sementara menunggu juknisnya,” ucap Taufik beberapa waktu lalu.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Pasar Bontonyeleng Difungsikan, Kades: Saya Tegaskan Los Jualan Tanpa Biaya

NEWS

Cek Kendaraan Dinas, Andi Utta Temukan Kendaraan Tidak Layak dan Menunggak Pajak

NEWS

Beri Semangat, Asri Jaya Kunjungi Korban Kebakaran Bontomasila

NEWS

KKB Mamuju Nilai Pemerintah Lamban Respon Warga Bulukumba Terdampak Gempa Sulbar

NEWS

Ilham Azikin Paparkan Penerapan SAKIP dan RB Bantaeng

NEWS

Wakil Ketua TP PKK Kunjungi Warga Bulukumba Korban Kekerasan Seksual

NEWS

Pemkab Bantaeng Gelar Sosialisasi dan Edukasi Vaksinasi Covid-19

NEWS

Kasus Bansos Covid-19 Bulukumba: Rekanan Dinsos Kembalikan Rp 344.311.900 Kerugian Negara