Home / NEWS

Rabu, 10 Maret 2021 - 14:20 WIB

BPUM Tahun 2020 Menyisahkan “Keluh” Bagi Penerima

ILUSTRASI

ILUSTRASI

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) bagi pelaku usaha mikro di tahun 2020 menyisahkan luka bagi para penerima.

Informasi yang didapatkan kumanika.com, penyaluran BPUM ditahun 2020 menerima bantuan tidak sesuai dengan besaran sesuai dengan ketentuan yang ada.

Salah satu penerima BPUM tahun 2020 berinisial FI mengaku hanya menerima sebesar Rp.1,2 juta dari Rp.2,4 juta sesuai dengan yang di sampaikan.

“Kami hanya menerima sekali sebesar  Rp1.2 juta, tidak sesuai dengan yang di janjikan sebelumnya,” terangnya.

Ia mengungkapkan jika informasi awal di dapatkan semua IK dan IKM yang terdaftar akan mendapat bantuan berupa uang tunai sejumlah Rp.600.000 per orang perbulan selama 4 bulan.

“Orang Disperindag hubungi saya agar di data untuk di usulkan ke dinas Koperasi dan UMKM,” ucapnya.

Baca Juga:  DPRD Bulukumba Sayangkan Aksi Kriminalitas di Jalan Terhadap Perempuan 

FI mengaku jika setelah memasukkan data empat orang. Dinas Koperasi hanya meloloskan tiga orang penerima yang masing-masing akan menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta.

“Seingat saya waktu itu ada batasan jumlah minimal dan maksimal 4-5 orang per IKM, berarti hitungannya adalah, Rp.600 dikali 3 orang dikali 4 bulan berarti Rp7,2 juta,” jelasnya.

“Tetapi realisai yang didapatkan dengan transfer rekening hanya sebesar Rp.1,2 juta dan hanya sekali tanpa hitungan apapun dan setelah itu tidak ada lagi,” sambungnya.

FI menambahkan jika dirinya konfirmasi yang didapatkan melalui pesan whatsapp ke pihak Disperindag terkait besaran penerimaan bantuan tersebut.

Baca Juga:  Kabar Baik, Pasien 021 Asal Bulukumba Kini Sembuh Dari Covid-19

“Ini tidak sesuai dengan informasi awal, makanya saya tanya ibu yang di Disperindag, apakah masih ada tahap 2. Ibu itu mengarahkan agar hal itu ditanyakan langsung ke Dinas Koperasi dan memastikan jika penerimaan itu sebesar Rp2,4 juta bukan Rp1,2 juta,” bebernya.

Diketahui, untuk tahun 2021. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba akan kembali menyalurkan BPUM bagi pelaku usaha mikro.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Bulukumba, Taufik, menyampaikan bahwa bantuan produksi usaha mikro BPUM untuk tahun 2020 telah selesai.

“Untuk Tahun 2020 telah selesai, dan informasi dari kementrian, program BPUM ini akan berlanjut pada tahun 2021 dan sementara menunggu juknisnya,” ucap Taufik beberapa waktu lalu.

Reporter: IKM

Share :

Baca Juga

NEWS

Beri Ucapan Selamat, Plt Direktur RSUD Bulukumba Minta Dewas Jaga Sinergitas

DAERAH

Kantor SMS Finance di Bulukumba Disegel Sopir Truk

DAERAH

Pernah Kontak Dengan Arif Budiman, Ketua KPU Bulukumba Sarankan Anggotanya Isolasi Mandiri

NEWS

Jadi Calon Penumpang Sriwijaya Air SJ182, Warga Bulukumba Ini Beberkan Alasan Batal Berangkat

HEADLINE

Update Corona Nasional 29 Mei: Kasus Positif tembus 25.216

DAERAH

Bupati Bulukumba Perintahkan Kadis PUPR Benahi Dampak Abrasi di Herlang

DAERAH

Bantaeng Kini Miliki Lonjakan Positif Covid-19 Sebanyak 39 Kasus

NEWS

Wujudkan Solidaritas, Serikat Pelaut Bulukumba Resmi Terbentuk
error: Content is protected !!