Home / HEADLINE / NEWS

Rabu, 3 Juni 2020 - 15:10 WIB

BLT Dana Desa: Diperpanjang Sampai September, Tapi Dipangkas Jadi Rp 300 Ribu

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, KUMANIKA.com — Pemerintah memperpanjang Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa hingga September 2020. Sebelumnya, pemberian Bantuan Sosial (Bansos) sembako dan uang tunai pada warga terdampak Corona juga diperpanjang sampai Desember.

“BLT dana desa yang sekarang, juga diperpanjang hingga September, antara Juli-September,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani usai mengikuti ratas bersama Presiden Jokowi terkait Penetapan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) & Perubahan Postur APBN Tahun 2020, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga:  Khairil Fatwa, Nahkoda Karang Taruna Lingkar Pemuda Bontomangiring

Dilansir kumparan, Besaran BLT dana desa yang dari Rp 600 ribu dikurangi menjadi Rp 300 ribu. Pada kesempatan itu, ia tak menjelaskan alasan pemangkasan anggaran bantuan.

Diketahui, besaran Bansos sembako dan Bansos tunai bagi warga terdampak Corona yang diperpanjang hingga Desember juga dikurangi dengan nominal serupa, yakni dari Rp 600 ribu berkurang menjadi Rp 300 ribu.

“Penerima Bansos yang diturunkan, maupun dari dana desa ini mayoritas adalah para petani, peternak dan pekerja kebun sebanyak 18,4 juta,” jelas Sri Mulyani.

Baca Juga:  Harapan Pembuat Kapal Pinisi Peringati HUT Bulukumba ke-61

“Selanjutnya kepada pedagang dan pekerja sektor swasta 4,2 juta, pekerja bangunan 3,4 juta. Pekerja pabrik 3,3 juta, sopir dan pekerja komunikasi 1,3 juta, nelayan hampir 900 ribu, dan sektor lainnya,” papar dia.

Salah satu alasan Bansos Corona diperpanjang kata dia, dikarenakan pemerintah ingin mempertahankan daya beli masyarakat dan memperbaiki pertumbuhan ekonomi selama adanya pandemi Covid-19.

Share :

Baca Juga

NEWS

Anggota Dewan di Bulukumba Akui Istrinya Positif Covid-19

DAERAH

Perseteruan Oknum ASN dan Legislator di Bulukumba Berakhir Damai

NEWS

Bantu Wujudkan Mimpi Bersekolah, KUN cabang Bulukumba Lakukan Donasi

NEWS

Ditangkap KPK, Penghargaan Anti-Korupsi Nurdin Abdullah Bisa Dicabut

DAERAH

Bupati Bulukumba Resmikan Kegiatan Kotaku di Ela-Ela

HEADLINE

Pusatkan Aktivitas Perdagangan, Solusi Capai Target PAD Disperindag

DAERAH

Pasca Banjir, Dinkes Bantaeng Siapkan Pos Layanan Kesehatan Diberbagai Titik

HEADLINE

OTT KPK, PT Agung Perdana Bulukumba Pernah Berperkara di KPPU
error: Content is protected !!