BKKBN Bantaeng Buka Pelatihan Konseling KB bagi Kader IMP

BKKBN Bantaeng Buka Pelatihan Konseling KB bagi Kader IMP

BANTAENG, KUMANIKA.com– Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin didampingi Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Faizal Fahmi, baru saja membuka secara resmi Pelatihan Konseling Keluarga Berencana (KB) bagi Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP).

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, di Gedung Balai Kartini Bantaeng, Kamis (18/11/2021) pagi.

IMP sendiri pada hakekatnya merupakan wadah pengelolaan dan pelaksanaan program KB Nasional, mulai dari tingkat desa/kelurahan, dusun/RW, hingga tingkat RT. Peran kader IMP dinilai sangat penting dan menjadi satu kekuatan, yang dapat diandalkan, untuk tetap dapat mempertahankan keberhasilan program KB di masyarakat, seiring dengan terus menurunnya jumlah penyuluh KB yang aktif karena pindah, pensiun, atau meninggal dunia.

Bupati Bantaeng, dalam sambutannya, mengatakan bahwa menjadi suatu kehormatan dapat menghadiri kegiatan bermanfaat, yang akan menentukan kualitas SDM yang lebih baik, di Kabupaten Bantaeng. Khususnya, untuk 20 tahun yang akan datang.

Baca Juga:  Gugus Tugas Covid-19 Bantaeng Sasar Area Publik

“Kualitas SDM Kabupaten Bantaeng di masa yang akan datang, sangat besar ditentukan oleh peran Bapak/Ibu sebagai PPKBD dan Sub PPKBD. Karena KB tidak hanya tentang kontrasepsi saja, namun cakupannya lebih luas daripada itu,” kata Bupati.

Bupati juga menyebutkan bahwa KB berperan dalam merencanakan proses perkawinan, pembuahan, dan menentukan kualitas SDM. Belum lagi dari aspek kesiapan sosial dan ekonomi. Para kader IMP juga berperan untuk memberi pemahaman informasi yang baik bagi pasangan usia subur.

Pelatihan Konseling Keluarga Berencana, bagi Kader IMP ini, juga dirangkaikan dengan Pembekalan Tim Aksi Perubahan GEMAR MENGAJAK (Gerakan Masyarakat Menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang), oleh Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VII PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar, Sahruddin Dg. Ridho, yang juga merupakan Kabid KB, Penyuluhan dan Penggerakan Dinas PPKB.

Baca Juga:  Tiga Kali Sukses Terapkan E-Voting, Pilkades Bantaeng dapat Perhatian dari Kemendagri

“Pembekalan tim Gemar Mengajak Masyarakat Menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, yang dalam waktu dekat ini kami akan melakukan penyuluhan secara massif di Kecamatan Eremerasa, melalui pelibatan berbagai unsur. Di dalamnya ada penyuluh agama, kader KB, penyuluh KB, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas dan beberapa unsur lainnya,” ujar Sahruddin.

Pelibatan mereka ini, lanjut Sahruddin, dalam rangka meningkatkan pencapaian peserta KB MKJP di Kecamatan Eremerasa. Karena dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bantaeng, Kecamatan tersebut paling rendah MKJP-nya.

Penulis: IKM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template