Home / NEWS

Senin, 15 Februari 2021 - 17:41 WIB

Berjiwa Pemimpin Sejak Kecil, Kini Menjadi Ketua Bawaslu Tanbu Hingga Pimpin 3 Perusahaan

Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamiluddin Malewa

Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamiluddin Malewa

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Semua kemungkinan dapat terjadi di dunia, termasuk membalik hidup dari berdagang menjadi pimpinan perusahaan. Begitulah secuil kisah Kamiluddin Malewa, pria yang awalnya berprofesi sebagai pedagang kini menjelma sebagai Pemimpin tiga perusahaan dan ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kamil, begitu sapaannya. Mengawali hidup sebagai anak desa di Ara, Bulukumba, ia bercita-cita menjadi polisi. Pria kelahiran tahun 1972 ini pernah merantau ke Manokwari untuk berdagang, tapi keberuntungan belum berpihak padanya. Selama satu tahun merantau tak membuahkan hasil, akhirnya Kamil memutuskan kembali ke kampung halaman.

“Setiap usaha yang kita lakukan, apapun hasilnya itulah yang terbaik,” katanya saat diwawancarai reporter kumanika. Senin (15/2/2021).

Dengan jiwa optimis itulah, tahun 1996 Kamil muda nekat merantau mengadu nasib ke Kalimantan. Berbekal hasil menuntut ilmu di Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang menjadi pondasi utama pemuda asal Bulukumba ini bertahan hidup di tanah rantau. Ia kemudian melanjutkan pendidikan sarjananya di Sekolah Tinggi Ekonomi.

Baca Juga:  Peringati Hari Ibu, Ketua TP PKK Sinjai Lakukan Pencanangan Kampung Kelor di Desa Pasimarannu

Setelah menyelesaikan strata satu, Kamil bekerja dan mendirikan perusahan dengan bermodal ilmu ekonomi yang ia dapati semasa kuliah, mencoba berbagai pekerjaan agar dapat menafkahi keluarga.

Dengan kondisi tersebut, ia sempat bekerja menjadi karyawan kontrak sambil manfaatkan waktu untuk belajar.

“Saya kerja jadi karyawan kontrak, mengerjakan bagian mesin crusher semen. Selama kerja, saya gunakan waktu istirahat makan siang untuk belajar menentukan elevasi mesin, gambar mesin, welder. Berkat belajar itulah, pabrik tersebut rampung dan saya bisa lulus jadi karyawan sebagai mechanic,” paparnya.

Bekerja selama kurang lebih enam tahun dengan segala pengalaman yang ia dapat. Hingga pada tahun 2005, pria yang hobi berpetualang dan bermain bulu tangkis ini memutuskan untuk berhenti dan memulai berjuang sendiri.

“Selama satu tahun saya hidup terlunta-lunta tidak jelas, bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tapi setelah satu tahun itulah saya mendapat peluang usaha menambang,” kenangnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Gizi Anak, TP PKK Bantaeng Salurkan Bantuan B2SA

Empat tahun berjalan, Kamil yang juga sebagai seniman kembali memulai bisnis kecil-kecilan sekadar untuk bertahan hidup.

Kini Kamil menjadi Direktur CV. Idola Geosindo Corporation, Komisaris CV. ALMERA, dan Direktur Cabang PT. Argo On Star.

Menyukai hal baru dan berjiwa pemimpin, Kamil memulai karir politik sejak tahun 2009. Pernah menjadi Calon Legislatif (Caleg), namun kalah dalam pertarungan. Kegagalan tak membuat tekadnya surut, ia mendaftar Panwaslu.

“Membawa aspirasi rakyat, melakukan kontrol pembangunan dan kebijakan pemerintah, itulah alasan saya terjun ke dunia politik dan pemerintahan,” pungkasnya.

Kamiluddin Malewa kemudian dipercayakan sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu periode 2019-2023.

Segala asam manis kehidupan telah ia jalani, dari menjadi mahasiwa, pedagang, buruh pabrik, karyawan kontrak, mendirikan perusahaan, politikus hingga menjadi ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu membuat bapak empat anak ini selalu mensyukuri yang telah ia jalani.

Reporter: Devi

Share :

Baca Juga

Pasca Diguyur Hujan, Andi Utta Kembali Pantau Saluran air

NEWS

Selain Monitoring, Tim Pengendali Banjir Siap Terima Aduan Warga Selama 24 Jam

NEWS

Update Corona di Indonesia 7 Juni: Pasien Sembuh Tembus 10.498 Orang

NEWS

Pasien Sembuh Covid-19 di Bulukumba Terus Bertambah, 011 Sudah Pulang

NEWS

Anggota DPRD Sulsel Ini Ngefans Sama Nikita Mirzani dan Baim

NEWS

Tumpukan Bekas Material Pekerjaan Pipa PDAM di Sinjai Timur di Keluhkan Warga

NEWS

Bupati Bulukumba Ajak Demonstran Kolaborasi dan Berjanji Sejahterakan Petani

NEWS

Tragedi Kos Berdarah di Bulukumba, Diduga Karena ‘Bisikan Gaib’

NEWS

Polisi Masih Buru Tiga Pelaku Pengeroyokan Petugas Dishub Bulukumba