Home / NEWS

Kamis, 8 April 2021 - 15:33 WIB

Battasa Jera’, Salah Satu Tradisi Warga Kajang Jelang Ramadhan

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Beberapa tradisi unik yang biasa di lakukan umat Islam saat jelang bulan Ramadhan salah satunya Battasa jera’ atau membersihkan kuburan yang di lakukan oleh masyarakat Kajang Kabupaten Bulukumba setiap seminggu menjelang bulan yang penuh berkah itu.

Battasa Jera’ atau membersihkan kuburan merupakan prosesi yang wajib dan rutin di laksanakan warga kajang tiap tahunnya, kegiatan ini sudah dilaksanakan turun-temurun sejak ratusan tahun silam, sejak Ammatoa pertama di Kajang.

Adapun tujuan dilakukannya kegiatan Battasa Jera’ ini adalah untuk menghargai dan memberikan doa keselamatan akhirat bagi para arwah nenek moyang, maupun keluarganya yang telah meninggal dunia.

Baca Juga:  Mempertahankan Tradisi Melalui Festival Budaya Kajang

Nuraeda Aqiel (31) salah satu warga kajang yang rutin tiap tahunnya datang Battasa Jera’ di makam salah satu keluarganya mengatakan bahwa ini sudah merupakan kewajiban sebagai keluarga yang masih hidup untuk datang membersihkan kuburan dan sekaligus memberikan doa untuk keselamatan akhirat bagi para leluhur dan anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

“Ini sudah menjadi tradisi kami sebagai orang kajang yakni datang untuk battasa jera’ karena selain kami membersihkan kuburan kami juga selalu mengirimkan doa untuk keselamatan akhirat bagi para leluhur dan anggota keluarga kami yang lebih dulu berpulang ke Rahmatullah,” ujarnya, Rabu 7 April 2020.

Baca Juga:  Setoran Tertib, Pemkab Bulukumba Raih Penghargaan BPJS Kesehatan

Istri dari anggota DPRD Bulukumba, Abdul Hakim ini, menambahkan bahwasanya budaya ini harus dilestarikan oleh seluruh masyarakat Kajang. Karena sebagian masyarakat Kajang saat ini sudah modern sehingga sangat gampang melupakan budaya yang harus tetap dilestarikan.

“Seiring terkikisnya tatanan budaya, saya harapkan kepada para generasi muda Kajang harus bersatu memertahankan budaya yang sudah mulai terkontaminasi oleh budaya modern,” tutupnya.

Reporter: Alim

Share :

Baca Juga

NEWS

Terus Koordinasi BMKG, BPBD Bulukumba Beri Himbauan Soal Gempa

NEWS

Harapan Pembuat Kapal Pinisi Peringati HUT Bulukumba ke-61

NEWS

Sepak Terjang Misbawati, Sabet Penghargaan Bergengsi Hingga Perempuan Pertama Jadi Sekda Bulukumba

NEWS

Program TPB Belum Jelas, Pemerintah Diingatkan Soal Pentingnya DED Drainase dan Banjir

NEWS

Enam Kali Berturut-turut Pemkab Bantaeng Raih Opini WTP

NEWS

Pemuda Bulukumba Ini Lulus Jadi Staf Desa Tapi Ditolak Ibu Kades Karena Bukan Pendukungnya

NEWS

BKPSDM Dapat Ultimatum, Bupati Bulukumba Beri Waktu 10 Hari Tindaklanjuti Rekomendasi KASN

NEWS

Kelebihan Tenaga Honorer, RSUD Bulukumba Akan Lakukan Evaluasi Pemangkasan