Home / DAERAH

Selasa, 9 Maret 2021 - 17:14 WIB

Bantaeng Kokoh di Masa Pandemi Covid-19, Ilham Azikin Diundang di IVL

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin

JAKARTA, KUMANIKA.com– Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menjadi satu-satunya Kepala Daerah asal Sulawesi Selatan yang mengikuti program Indonesia Visionary Leader season VII yang diselenggarakan oleh MNC Media.

Ilham Azikin diundang menjadi tamu kehormatan untuk memaparkan program unggulan Pemkab Bantaeng di masa Pandemi Covid-19.

Program ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebagai ajang untuk menilai kualitas dan kepemimpinan daerah. Dilangsungkan di Gedung iNews Tower, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

IVL merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Media untuk mengukur dan menguji kekuatan visi para pemimpin daerah, sekaligus menggali upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan visi tersebut di wilayah kepemimpinannya.

Para kepala daerah yang mengikuti ajang ini mempresentasikan kebijakannya di hadapan dewan juri. Nantinya dewan juri akan menilai pemaparan yang disampaikan kepala daerah tersebut.

IVL season VII ini mengusung tema “Peran Visi di Tengah Pandemi” dengan menghadirkan dewan juri antara lain Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Prof Budi Frensidy, Ketua Pembina Indonesia Institute for Corporate Directorship, Andi Ilham Said, Direktur Eksekutif the Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri RI, Akmal Malik.

Baca Juga:  Workshop Governance Index 2021 Diharapkan Membawa Bantaeng Jadi Daerah Percontohan

Pada kesempatan itu, Ilham Azikin dengan lugas mempresentasikan kebijakannya di hadapan dewan juri yang kemudian akan menilai pemaparan tersebut.

Dia memaparkan tiga program unggulan yakni di bidang pendidikan dengan program untuk menyiapkan kebutuhan perlengkapan sekolah untuk mengurangi beban pengeluaran orang tua bagi peserta didik baru di setiap tahun ajaran baru.

Pada sektor lapangan pekerjaan, Pemkab Bantaeng membantu pelaku usaha mengembangkan usahanya berbasis dusun dan RW. Serta di sektor pertanian, dilakukan program asuransi pertanian untuk mengurangi beban resiko petani disaat gagal panen dan menjamin ketersediaan bibit dan pupuk.

Program ini sesuai dengan visi utama Bupati Bantaeng yakni terwujudnya masyarakat Bantaeng yang sejahtera lahir batin berorientasi pada kemajuan, keadilan, kelestarian dan keunggulan berbasis agama dan budaya lokal.

“Dengan upaya yang secara konsisten menerapkan program unggulan yang berbasis peningkatan sumber daya manusia dan pemanfaatan sumber daya lokal di masa pandemi, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bantaeng terap bisa dipertahankan positif (0,52) walaupun Provinsi Sulawesi Selatan mengalami pertumbuhan minus (-0,70),” ujar Bupati di tengah pemaparannya.

Baca Juga:  Banjir Doa untuk Bupati Bantaeng, Ketua NU: Bukti Pemimpin yang Dicintai Rakyat

Ilham Azikin juga menyebutkan bahwa di masa pandemi, kebijakan pemulihan ekonomi dan kebijakan dijalankan secara beriringan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bantaeng selain menjalankan tiga program unggulan juga melakukan inovasi bidang kesehatan, antara lain; program wisata Covid-19, Pembangunan UPTD Pusat Penganggulangan Gizi Terpadu, terminal darah, bendera SASKIA.

“Dan tentunya kami menghaturkan apresiasi kepada MNC media yang telah menciptakan ruang bagi kami untuk saling berbagi dan mendapatkan banyak hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk kami implementasikan dan aplikasikan di daerah kami,” katanya.

Melalui program ini, para pemimpin daerah diharapkan dapat semakin terpacu untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja mereka. Peningkatan tersebut kemudian diharapkan bisa berimplikasi untuk memupuk keyakinan kepada masyarakat bahwa pemimpin mereka memiliki kompetensi yang mumpuni dalam membangun daerahnya masing-masing.

Para kepala daerah yang turut serta dalam IVL season VII ini antara lain Walikota Pontianak, Gubernur Aceh, Bupati Manggarai, Bupati Banyuasin, Bupati Bantaeng, Bupati Puncak Papua, Bupati Sumedang, Bupati Tanah Laut, Wali Kota Banda Aceh, dan Bupati Majalengka.

Reporter: Ayezzah

Share :

Baca Juga

DAERAH

Hari Ini Lima Pasien Corona Asal Bulukumba Sembuh, Tiga Diantaranya Nakes

DAERAH

Petani di Kampung Kaili Bantaeng Tak Lagi Bergantung dengan Pupuk Subsidi

DAERAH

Pemkab Bulukumba Gelar Rapid Test Gratis Selama 3 Hari, Kouta Hanya 100 Orang Perhari

DAERAH

Bupati Bulukumba Puji Lomba Semarak HUT RI 75 yang Dilaksanakan Pemuda Bontonyeleng

DAERAH

HUT RI ke 75, Edy Manaf Ziarah ke Makam Andi Sulthan Dg Radja

DAERAH

Kadis PUPR Bulukumba Janji Mundur, Jika …

DAERAH

Terus Dulang Prestasi, Bantaeng Raih Penghargaan STBM tahun 2020

DAERAH

Bantu Korban Gempa Sulbar, Ilham Azikin : Kita Juga Pernah Merasakan Yang Sama
error: Content is protected !!