Home / LIFESTYLE

Kamis, 12 November 2020 - 20:29 WIB

Baik Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Madu Hutan

Ilustrasi

Ilustrasi

KUMANIKA.com– Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah madu hutan yang cukup banyak. Madu hutan memang diproyeksi memiliki kandungan yang kaya dan alami.

Madu hutan merupakan jenis madu yang dihasilkan dari lebah jenis Apis dorsata atau lebah liar yang banyak hidup di kawasan hutan.

Madu hutan memiliki manfaat yang hampir sama dengan madu biasa. Hanya saja, kandungan gizi yang lebih pekat membuat khasiatnya untuk kesehatan lebih bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat madu hutan yang bisa kita nikmati adalah:

1. Membantu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh Manfaat madu hutan ini disebabkan oleh sifatnya sebagai antibakteri dan antimikroba, terutama pada bakteri Gram positif.

2. Meningkatkan nafsu makan Hal ini disebabkan oleh kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi pada madu hutan sehingga dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan.

3. Menyehatkan kulit Madu hutan juga dipercaya dapat mengobati luka bakar, menyehatkan kulit, wajah, dan bibir.

Baca Juga:  Selain Ekonomi, Covid-19 Berdampak Pada Ketersediaan Darah di Rumah Sakit

4. Menurunkan tekanan darah Madu dikenal sebagai makanan yang memiliki kekuatan antioksidan. Menurut penelitian, antioksidan yang tinggi terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Kondisi ini juga akan menurunkan risiko seangan jantung, stroke, hingga beberapa jenis kanker.

5. Memperbaiki kolesterol Madu dikenal daapt memperbaiki kualitas kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian dalam National Institute of Health, madu diketahui mampu mengurangi total kadar kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL dalam tubuh. Penelitian yang ada juga menunjukan bahwa konsumsi madu dapat menyebabkan penurunan berat badan sederhana.

6. Menyembuhkan luka Sejak zaman Mesir kuno, madu topikal telah dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan luka dan luka bakar. Madu juga diketahui menjadi obat paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar parsial dan luka pasca operasi. Para peneliti pecaya bahwa kekuatan penyembuhan madu berasal dari efek antibakteri dan anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga:  Klinik Nurhintama Hadir Untuk Memudahkan Masyarakat Mendapatkan Layanan Kesehatan

7. Membantu meredakan batuk pilek Dikutip dari WebMD, sejumlah penelitian menunjukan bahwa madu dapat menenangkan selaput yang meradang dan meredakan batuk.

Dalam sebuah penelitian lainnya, madu khususnya madu soba diketahui mengalahkan dekstrometorfan (penekan batuk) dan meredakan batuk malam hari pada anak-anak serta meningkatkan kualitas tidur mereka.

Manfaat madu hutan lainnya yang diyakini banyak masyarakat adalah dapat mengobati rematik dan mengatasi anemia serta darah rendah.

Namun, klaim ini masih harus dibuktikan lebih lanjut. Madu hutan dapat dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Tetapi sebaiknya tidak memberikan madu kepada bayi di bawah usia 1 tahun karena dikhawatirkan dapat memicu botulisme.

Perbedaan madu hutan dengan madu biasa Para pecinta madu pasti menyadari bahwa harga madu hutan lebih mahal dibanding madu biasa. Hal ini disebabkan oleh manfaat madu hutan yang diklaim lebih baik dibanding madu biasa.

Editor: Resky

Share :

Baca Juga

LIFESTYLE

Google Doodle Ajak Buat Kartu Virtual Rayakan Hari Ibu 2020

LIFESTYLE

Hubungan Butuh Kesabaran dengan Kepala Dingin saat Hadapi Masalah

LIFESTYLE

Google Doodle Ajak Netizen Bikin Kartu Virtual di Hari Ayah 2020

LIFESTYLE

Nasi Kuning Inesia, Murah dan Mengenyangkan

LIFESTYLE

Ini Panduan Menjalani New Normal Ditengah Pandemi Corona

LIFESTYLE

Melon Punya Banyak Khaziat yang Perlu Anda Tahu

LIFESTYLE

Menghadapi New Normal Fokus Soal Fisik dan Mental

LIFESTYLE

Ini Pantangan Jika Punya Riwayat GERD Atau Asam Lambung