Antisipasi Kontinjensi Bencana Alam, Bupati Bantaeng Pimpin Apel Kesiagaan

BULUKUMBA, KUMANIKA.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat merilis siaran pers terkait hasil Rapat Koordinasi Nasional Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, gempa bumi dan tsunami tahun 2020/2021.

Dalam siaran tersebut, BMKG Pusat merilis potensi terjadinya Peningkatan Curah Hujan akibat La Nina yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di hampir seluruh wilayah Indonesia yang mencapai 20 persen hingga 40 persen diatas normal.

Baca Juga:  Pemuda Bulukumba Ini Lulus Jadi Staf Desa Tapi Ditolak Ibu Kades Karena Bukan Pendukungnya

Guna mengantisipasi kontinjensi bencana alam tahun 2020/2021, maka seluruh aparat yang terkait dengan kebencanaan melakukan apel dan menyiagakan personil dalam rangka kesiapan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Khusus di Kabupaten Bantaeng sendiri, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memimpin langsug apel kesiapsiagaan yang digelar di Mapolres Bantaeng, Senin, 16 November 2020.

Ilham meminta kepada OPD yang terkait agar menyiapkan langkah, guna antisipasi dan memperhatikan kesiapan sarana prasarana kebencanaan.

Baca Juga:  Jalin Sinergitas, Pemkab Fokus Pemulihan Bantaeng

“Harapan saya pada masa pandemi Covid-19 ini, Agar dapat melindungi masyarakat dari ancaman bencana alam dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19”, ujarnya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki indeks resiko bencana pada kategori tinggi dan memiliki kerawanan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia.

Penulis: Faris
Editor: Ayezzah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Education Template